fbpx
BerandaMakanan Sehat10 Buah dan Sayuran yang Kaya Antioksidan 

Cara paling baik untuk memelihara kesehatan adalah mengonsumsi variasi makanan dan minuman sehat. Dengan begitu, asupan nutrisi yang akan Anda dapatkan akan bervariasi juga. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, mineral, sampai antioksidan. Mungkin Anda sudah sering mendengar betapa berkhasiatnya antioksidan bagi tubuh. Mampu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, antioksidan juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis. Misalnya saja, penyakit jantung, kanker, diabetes, bahkan Alzheimer. Lantas, apa saja buah dan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi?

10 Buah dan Sayuran yang Kaya Antioksidan

Makanan Super dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Banyak orang yang percaya bahwa suplemen mahal bisa memenuhi semua kebutuhan vitamin dan mineral harian. Sayangnya, pemahaman tersebut keliru. Agar dapat terserap dan bekerja dengan baik, suatu nutrisi sebaiknya didapatkan secara alami dari makanan bersama dengan nutrisi lainnya.

Konsumsi suplemen vitamin atau mineral tertentu dalam dosis tinggi dapat menghambat penyerapan dan penggunaan nutrisi lainnya. Sebagai contoh, konsumsi suplemen zat besi menyebabkan tubuh tidak bisa menyerap mineral zinc dengan maksimal. Jika kebutuhan zinc tidak terpenuhi, fungsi dan kerja sistem imun bisa terganggu. Sama halnya dengan suplemen zinc yang akan menghambat penyerapan tembaga.

Suplementasi pun bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu dan berdampak negatif bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya dan mengetahui dosis yang sesuai, konsultasi dulu dengan dokter atau nutrisionis sebelum mengonsumsi suplemen.

Makanan sehat dan bergizi seimbang mungkin jadi upaya pemeliharaan kesehatan terbaik. Konsumsilah makanan tersebut setiap hari guna memenuhi kebutuhanya. Inilah 10 buah dan sayur yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, antara lain:

1. Bluberi

Buah kaya antioksidan terbaik untuk saat ini adalah blueberry. Walaupun kecil, manfaat buah berwarna ungu ini sangat besar. Menduduki peringkat satu antioksidan tertinggi, bluberi mengandung quercetin dan anthocyanidin.

Buah satu ini juga memiliki beragam vitamin dan mineral yang menguatkan sistem imun. Bersama senyawa fitokimianya, antioksidan pada bluberi mampu membantu melindungi Anda dari risiko penyakit kanker dan jantung.

2. Stroberi

Buah beri lain yang kaya akan antioksidan adalah strawberry. Buah berwarna merah tersebut merupakan pilihan buah tinggi antioksidan terbaik kedua. Anda harus tahu bahwa buah strawberry membantu melawan karsinogen penyebab kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dikaitkan dengan risiko masalah jantung.

Kandungan antioksidan anthocyanin yang ada di dalam buah strawberry mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Plum

Buah yang mengandung antioksidan tinggi selanjutnya adalah plum, terutama yang berwarna hitam. Di dalamnya terdapat vitamin C dan antioksidan fenol yang melimpah. Kedua senyawa ini memiliki peranan untuk mencegah pembengkakan jaringan dan mencegah kerusakan DNA dan sel tubuh. Selain itu, vitamin C-nya bisa memelihara serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Jeruk

Buah-buahan sitrus, termasuk jeruk merupakan buah yang mengandung antioksidan dan mudah ditemukan di Indonesia. Antioksidan yang ada di dalam jeruk, bisa larut ke dalam air yang ada di tubuh.

Rutin mengonsumsi jeruk dapat membantu tubuh Anda melawan efek radikal bebas jahat dan mencegah kerusakan pada sel tubuh. Tidak hanya itu, memakan buah jeruk juga akan menjaga sistem imunitas tubuh. Bahkan, mencegah masuk angin dan infeksi telinga.

5. Anggur

Lagi-lagi buah berwarna merah keunguan satu ini menjadi pilihan makanan tinggi antioksidan lainnya. Buah-buahan dengan warna gelap memang terkenal mengandung antioksidan, termasuk fitokimia, yang mengurangi risiko kanker serta penyakit jantung.

Dua jenis fitokimianya, yaitu anthocyanin dan proanthocyanidin mungkin juga berperan dalam menguatkan sistem imun. Bukan cuma antioksidan, anggur pun memiliki vitamin C dan selenium.

6. Ceri

Buah berukuran kecil tersebut mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berkat kandungan flavonoid, isoquercetin, dan quercitrin-nya, ceri dinilai manjur untuk menurunkan risiko kanker dan memperlambat proses penuaan. Karenanya, buah ini digila-gilai oleh banyak orang.

7. Mangga

Buah musiman yang bisa Anda temukan dengan mudah ini memiliki antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Mangga memiliki vitamin A, flavonoid, dan karotenoid seperti alfa karoten, beta karoten, serta β-cryptoxanthin.

Tidak hanya itu, buah lezat satu ini pun tinggi polifenol, termasuk mangiferin, catechin, anthocyanin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, dan benzoic acid. peran antioksidan tersebut sangat penting untuk merusak rantai radikal bebas dan memperbaiki kerusakan akibatnya.

8. Daun kale

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan nutrisi penting yang mampu membantu tubuh dalam mencegah dan melawan penyakit. Nutrisi tersebut termasuk vitamin E, A, dan C, kalsium, magnesium, serta kalium.

Antioksidan fitokimia di dalamnya, terutama kaempferol dan quercetin diyakini mampu melebarkan pembuluh darah sehingga melancarkan alirannya. Disamping itu, kedua senyawa tersebut pun dikatakan bersifat antikanker.

9. Bayam

Anda bisa mengonsumsi sayur bayam sebagai alternatif dari kale, yang tentunya juga banyak mengandung antioksidan. Di dalam bayam terdapat pula beta karoten, yaitu bentuk provitamin A, yang mampu melindungi tubuh dari risiko kanker.

Konsumsi sayur bayam juga dikaitkan dengan penurunan risiko penuaan dini. Bayam bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan lutein di dalamnya mampu melindungi dan memelihara kesehatan mata.

10. Brokoli

Sayuran yang banyak mengandung antioksidan lainnya adalah brokoli. Anda pasti bisa menjumpai sayuran yang satu ini di pasaran. Kandungan yang ada di dalam sayur brokoli adalah vitamin C, karotenoid lutein, zeaxanthin, dan beta karoten.

Itulah sejumlah contoh makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaat antioksidannya. Senyawa ini sudah terkenal dengan kemampuannya melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat molekul radikal bebas. Dengan memperbanyak konsumsi daftar makanan di atas, kemungkinan Anda menderita masalah kesehatan pun makin kecil.

Untuk memastikan kebutuhan antioksidan Anda terpenuhi, Anda bisa mengonsumsi Blackmores Bio C (Rp299.935) yang tinggi akan antioksidan. Blackmores Bio C adalah vitamin C 1000mg yang dilengkapi herbal dan bioflavonoid untuk membantu penyerapan vitamin C dan menjaga daya tahan tubuh. Blackmores Bio C mengandung antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk memperoleh vitamin dan suplemen kesehatan, kunjungi Jovee Official Shop. Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Makanan Sehat   09/05/2022
manfaat-buah-lingonberry

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Makanan Sehat   28/04/2022