fbpx
BerandaKesehatan Lainnya10 Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Tubuh manusia sangatlah sensitif terhadap perubahan suhu terlebih ketika pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan. Kondisi seperti ini seringkali membuat tubuh manusia rentan terserang berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan sistem imun dalam tubuh manusia mudah menurun.

10 CARA MENJAGA KESEHATAN SAAT MUSIM HUJAN

Karena terletak di daerah tropis, di Indonesia terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan di Indonesia terjadi antara bulan Oktober sampai Februari. Terkadang, angin musim barat yang terjadi diantara bulan September hingga Maret juga menyebabkan hujan. Nah, kali ini Jovee akan membagi tips menjaga kesehatan saat musim hujan. Tapi sebelum itu, mari simak apa saja penyakit yang ada di musim hujan.

Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan

Ada berbagai penyakit yang seringkali menyerang tubuh saat musim hujan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Diare

Diare menjadi penyakit yang sering muncul ketika musim hujan tiba. Penyakit ini paling sering menyerang anak kecil yang notabene memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Penyakit ini muncul disebabkan oleh bakteri E. Coli yang menyerang sistem pencernaan.

Indikasi munculnya penyakit ini adalah feses yang keluar cenderung tidak padat serta penderita sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Ketika terserang diare ada baiknya segera diobati karena jika sudah parah dapat membahayakan nyawa penderita akibat dehidrasi hebat.

2. Flu atau Influenza

Flu atau juga dikenal dengan influenza merupakan suatu penyakit yang menyerang hampir semua orang tanpa kenal usia. Bahkan penyakit ini bisa muncul meski bukan pada musim hujan. Flu dapat terjadi karena adanya virus influenza tipe A, B, atau C. Virus ini bisa menular ke orang terdekat melalui batuk, bersin, atau ketika menyentuh benda yang terkontaminasi.

3. Demam Berdarah

Demam berdarah atau biasa disingkat DBD merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini muncul dengan ditandai demam tinggi disertai nyeri di bagian sendi dan otot dan munculnya bintik-bintik merah di sekujur badan. Jika mengetahui gejala tersebut penderita harus segera ditangani lantaran penyakit ini sangatlah berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.

10 Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Penyakit-penyakit yang sudah dijelaskan di atas merupakan sebagian. Sebenarnya masih banyak penyakit yang bisa menyerang Anda kapanpun dan dimanapun sehingga diperlukan kewaspadaan. Salah satu kewaspadaan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat khususnya di musim hujan seperti penjelasan di bawah ini.

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Tubuh terutama di musim hujan membutuhkan ekstra kalori lantaran suhu di luar yang rendah. Selain itu, tubuh membutuhkan asupan untuk melindungi diri dari serangan penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi dan kaya akan vitamin agar sistem kekebalan tubuh meningkat.

2. Lebih Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan air yang disarankan oleh para dokter untuk banyak dikonsumsi. selain sehat untuk pencernaan, air putih juga berfungsi untuk detoks atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena di musim penghujan bakteri dan virus berkembang dengan cepat maka Anda pun harus mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih yang banyak.

3. Kurangi Makan di Luar

Karena dikhawatirkan makanan di luar kurang sehat maka sebaiknya dikurangi. Dengan Anda makan di rumah setidaknya semua makanan terjamin kebersihannya.

4. Hindari Menyentuh Wajah

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling rawan terkontaminasi berbagai hal berbahaya sehingga hindari menyentuh wajah karena dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi. Biasakan untuk mencuci tangan dengan cairan pembersih.

5. Tutup Mulut Ketika Bersin

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan selanjutnya adalah menutup mulut saat bersin. Melalui bersin penyakit bisa menular ke banyak orang sehingga ketika Anda bersin usahakan untuk menutup mulut untuk mengurangi penyebaran penyakit.

6. Konsumsi Makanan dengan Serat Tinggi

Selain makanan sehat, usahakan untuk memakan makanan yang berserat tinggi seperti pisang, wortel, bayam, alpukat masih banyak lainnya.

7. Gunakan Pakaian Hangat

Menggunakan pakaian hangat dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan saat musim hujan. Musim hujan cuaca akan berubah menjadi lebih dingin sehingga menggunakan pakaian hangat menjadi solusi agar tubuh tidak kedinginan.

8. Jaga Kebersihan Lingkungan

Ini sangatlah penting karena menyebarnya penyakit juga kebanyakan karena faktor lingkungan yang kurang bersih. Salah satu cara adalah dengan tidak membiarkan sampah berserakan di rumah.

9. Biasakan Cuci Tangan dengan Sabun

Dalam situasi apapun tangan terlihat kotor atau tidak, usahakan untuk sering cuci tangan dengan sabun untuk menghindari berkembangnya bakteri di tangan Anda.

Membantu Anda untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dari infeksi.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Tips Menjalani Puasa Bagi Penderita Maag
Manfaat Konsumsi Kunyit Saat Puasa Ramadhan
10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit
7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu
7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh

10. Selalu Gunakan Pelindung Ketika Terjebak Hujan

Untuk melindungi tubuh Anda dari guyuran hujan maka dengan siap sedia payung atau jas hujan kemanapun pergi adalah hal yang wajib dilakukan. Mengingat seringkali hujan tiba-tiba turun meski cuaca sedang bersahabat sebelumnya.

Menjaga tubuh terlebih ketika musim hujan merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain 10 cara untuk menjaga kesehatan saat musim hujan di atas, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C atau suplemen agar sistem imun lebih meningkat. Bagaimana cara mengetahui suplemen yang aman untuk dikonsumsi? Holisticare Ester C Vitamin C 500mg 30 Tabs – Vitamin Daya Tahan Tubuh (Rp78.459) bisa menjadi solusinya.

Sekarang ada aplikasi Jovee yang siap membantu Anda mendapatkan suplemen yang pas untuk Anda. Ketika Anda menginstal aplikasi Jovee, Jovee akan memberikan beberapa pertanyaan sebelum akhirnya merekomendasikan suplemen yang bisa dikonsumsi. Harga suplemennya pun relatif terjangkau dan Anda pun bisa berlangganan kapanpun karena harga suplemen di Jovee tetap tidak berubah. Jadi, yuk download aplikasi Jovee dan nikmati belanja vitamin hemat hanya di sini.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022