fbpx

10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

by | Apr 22, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Nutrisi penting untuk kesehatan. Pola makan yang tidak sehat dapat merusak metabolisme Anda, menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan melukai organ, seperti jantung dan hati Anda.

Jenis-Jenis Makanan yang Baik untuk Kulit

Tahukah Anda jika berbagai jenis makanan yang dimakan akan berdampak pada organ lain seperti kulit. Oleh karena itu agar kesehatan kulit tetap terjaga, maka sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang baik dan berkualitas. Beberapa rekomendasi makanan yang bagus untuk kesehatan kulit antara lain

  1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat. Lemak ini bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh Anda, termasuk kesehatan kulit Anda. Lemak juga sangat penting untuk menjaga kulit fleksibel dan lembab.

Pada suatu kasus studi diketahui bahwa lebih dari 700 wanita menemukan bahwa asupan tinggi lemak total khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat. Hal ini juga dikaitkan dengan kulit kenyal yang lebih kenyal.

  1. Brokoli

Brokoli penuh dengan banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A dan vitamin C.

Brokoli juga juga mengandung lutein, karotenoid yang berfungsi seperti beta-karoten. Lutein melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan kusut.

Selain itu brokoli juga mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane, yang menawarkan beberapa manfaat potensial yang mengesankan. Bahkan mungkin memiliki efek anti kanker termasuk pada beberapa jenis kanker kulit.

  1. Coklat hitam

Jika Anda perlu satu alasan lagi untuk makan cokelat, maka ketahuilah bahwa efek kakao pada kulit Anda sangat fenomenal.

Setelah 6-12 minggu mengonsumsi bubuk kakao yang tinggi antioksidan setiap hari, partisipan dalam satu penelitian mengalami kulit yang lebih tebal dan lebih terhidrasi.

Kulit mereka juga kurang kasar dan bersisik, kurang peka terhadap sengatan matahari dan memiliki aliran darah yang lebih baik dan membawa lebih banyak nutrisi ke kulit.

  1. Teh Hijau

Teh hijau dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan dan penuaan. Senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau disebut katekin dan berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit.
Seperti beberapa makanan lain yang mengandung antioksidan, teh hijau dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

Pada studi 12 minggu pada 60 wanita diketahui bahwa minum teh hijau setiap hari dapat mengurangi kemerahan akibat paparan sinar matahari hingga 25%. Teh hijau juga meningkatkan kelembaban, kekasaran, ketebalan, dan elastisitas kulit mereka

  1. Semangka

Meskipun mungkin terdengar berlawanan dengan perkiraan, namun nyatanya konsentrasi tinggi air dalam semangka ternyata dapat mengurangi retensi air yang mengarah pada pembengkakan di sekitar mata. Selain itu Anda tidak perlu khawatir tentang glikasi, reaksi kimia yang mengkompromikan kolagen dan menyebabkan garis dan kerutan.

  1. Wortel

Sayuran ini berwarna oranye berkat tingkat beta-karoten yang tinggi, yang merupakan prekursor vitamin A yang juga merupakan bentuk bahan aktif utama dalam Retin-A. Vitamin ini telah ditemukan mengurangi produksi minyak kulit, dan ada juga beberapa bukti yang dapat meningkatkan psoriasis.

  1. Yoghurt Yunani 

Yoghurt Yunani sangat baik untuk menghalau penampilan garis-garis halus dan kerutan. “Ini kaya akan vitamin B, yang membantu detoksifikasi kulit. Tetapi sebelum mengonsumsinya, perhatikan perbedaan yoghurt Yunani dengan yoghurt pada umumnya.

Yoghurt rasa adalah salah satu makanan kesehatan yang tidak benar-benar sehat karena berbagai alasan salah satunya adalah yogurt yang dapat membuat kulit Anda kusut.

  1. Buah Delima

Buah delima mengandung polifenol yang juga memerangi radikal bebas dan membantu mengatur aliran darah kulit. Biji buah delima juga memiliki jumlah serat yang layak, menjadikannya cara yang memuaskan untuk menaburkan beberapa warna ke salad Anda dan lauk. 

Gula buah yang terjadi secara alami tidak sedikit menakutkan seperti gula tambahan, tetapi jika Anda khawatir tentang hal itu, maka Anda tidak ingin benar-benar gila dengan biji delima.

  1. Ikan Sarden

Sarden dikemas dengan asam lemak omega-3, membuatnya menjadi ikan yang hebat untuk mengurangi peradangan dan bahkan jerawat, kata Jhin. Selain itu, asam lemak omega-3 memiliki manfaat pengaturan suasana hati, yang dapat membantu komponen stres memiliki jerawat.

Penderita jerawat harus mengonsumsi empat hingga lima porsi ikan berminyak per minggu untuk mengobati kondisi tersebut. Sarden juga merupakan sumber kalsium yang baik karena tulangnya sangat kecil dan lunak sehingga dapat dimakan.

  1. Minyak Zaitun

Menurut ahli dermatologi Marie Jhin, sekitar 75 persen lemak dalam minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat memainkan peran dalam dorongan remaja. Polifenol antioksidan dalam minyak zaitun juga bisa memadamkan radikal bebas yang merusak.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Semoga bermanfaat! Ternyata untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke klinik kecantikan. Selain mengonsumsi makanan yang direkomendasikan, Anda juga bisa mendukungnya dengan tambahan asupan suplemen vitamin E, vitamin D, dan multivitamin yang direkomendasikan oleh Jovee.

Referensi:

22 Best Foods For Skin, According to Dermatologists

Brands