fbpx
BerandaKesehatan Lainnya10 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Apakah kamu senang berpelukan dengan orang tersayang? Ternyata, kebiasaan ini punya banyak manfaat bagi kesehatan mental juga fisik lho, Jovians. Mulai dari mengurangi stres hingga tingkatkan suasana hati, simak ulasannya berikut ini, yuk!

manfaat-berpelukan

1. Mengurangi stres

Jika orang terkasih sedang alami masa yang berat, memberi pelukan dapat membuat mereka merasa lebih baik. Para ahli mengatakan memberi pelukan sebagai bentuk dukungan dapat mengurangi stres orang yang dihibur. Selain memberi perasaan menenangkan dan menyenangkan, pelukan juga membuat mental jadi lebih kuat.

Joe Rock, PsyD, seorang psikolog, seperti dilansir dari Health Cleveland Clinic mengatakan, “Manfaat dari memberi dan menerima pelukan cukup luar biasa. Pelukan menyebabkan penurunan hormon stres kortisol, dan penelitian lain juga menunjukkan bahwa pelukan dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung dalam situasi stres.”

2. Meningkatkan sistem imun

manfaat-berpelukan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sage Journal tahun 2014, yang melibatkan sekitar 400 orang dewasa menemukan bahwa menerima dan memberi pelukan dapat meningkatkan sistem imunitas. Ini karena efek terapi dari pelukan, yang membuat tubuh merasa nyaman. Pada studi ini, memperlihatkan mereka yang menerima lebih banyak pelukan tidak mengalami gejala yang berat saat sakit jika dibandingkan dengan individu lain yang mendapat sedikit pelukan.

3. Memberi kebahagiaan

Menurut penelitian dari Medicine Net, pada saat berpelukan, tubuh mengeluarkan hormon oksitosin, serotonin, dan dopamin. Dopamin merupakan hormon yang membuat kamu merasa senang. Serotonin merupakan hormon antidepresan yang meningkatkan mood, mengendalikan kecemasan, dan mengurangi perasaan kesepian. Sementara, oksitosin juga dikenal sebagai ‘hormon cinta’.

Faktanya, studi ini juga menemukan bahwa manfaat berpelukan selama 10 detik dapat membantu tubuh mengurangi depresi. Lalu, 20 detik pelukan dapat meredakan stres, mengurangi tekanan darah, dan jantung yang lebih sehat.

4. Merasa lebih tenang

manfaat-berpelukan

Berpelukan telah terbukti dapat membuat kamu jadi lebih sehat, bahagia, dan tenang. Selain mengurangi stres dan kecemasan, berpelukan juga memberi rasa tenang dan rileks. Hal ini dikarenakan naiknya kadar hormon oksitosin dan serotonin yang memberikan rasa aman dan percaya.

5. Mengurangi rasa kesepian

Selama pandemi, banyak orang yang merasa kesepian karena sosial distancing. Ini hal yang normal karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial. Berpelukan bisa menjadi cara untuk mengatasi kesepian. Berpelukan dapat meningkatkan mood dengan melepaskan hormon dopamin, yang pada akhirnya mengurangi perasaan kesepian dan efek stres.

6. Meningkatkan self-esteem

Butuh mood booster? Berpelukan memberikan rasa aman dan kasih sayang yang akan membantu kamu meningkatkan self-esteem. Dilansir dari Country Living, penelitian telah menunjukkan bahwa berpelukan dapat membantu mengurangi perasaan negatif. Faktanya, sebuah studi yang diterbitkan pada Sage Journal menemukan bahwa orang yang menerima lebih banyak sentuhan fisik dari pasangannya memiliki mood dan kondisi psikologis yang lebih baik.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Kamu sulit tidur? Mendapatkan pelukan sebelum tidur mungkin bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak. Oksitosin memang tidak secara langsung mempengaruhi kualitas tidur. Namun, hormon ini dapat mengurangi kecemasan dan stres yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Pelepasan oksitosin dalam tubuh juga memberi efek menenangkan, yang juga mendukung tidur yang lebih nyenyak.

8. Meningkatkan kualitas hubungan

Sering berpelukan juga bisa meningkatkan kualitas hubungan kamu dengan pasangan. Menurut Verywell Mind, penelitian menunjukkan manfaat berpelukan. Semakin banyak pasangan berpelukan, maka semakin sedikit konflik yang mereka alami. Diperkirakan hal ini karena berpelukan dianggap sebagai sinyal dukungan sosial, sehingga potensi perasaan negatif dapat berkurang.

9. Mengurangi rasa sakit

Berpelukan mungkin dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit. Karena, memeluk adalah bentuk sentuhan menenangkan yang memberi efek terapi. Maka dari itu, menerima pelukan sebagai dukungan dari orang tersayang mungkin dapat meredakan rasa sakit.

10. Meningkatkan kesehatan jantung dan kardiovaskular

Manfaat berpelukan lainnya yakni meningkatkan kesehatan jantung dan kardiovaskular. Satu pelukan selama 20 detik memiliki efek menurunkan tekanan darah. Selain itu, pelukan juga membuat toleransi stres menjadi lebih baik, yang juga mempengaruhi kesehatan jantung yang lebih baik pula.

Berapa banyak pelukan yang kita perlukan?

Virginia Satir, seorang terapis keluarga, seperti dilansir dari Healthline mengatakan, “Kita membutuhkan empat pelukan sehari, dan delapan pelukan sehari untuk memelihara kesehatan mental.”

Meski terdengar banyak, sebaiknya kita mendapatkan sebanyak mungkin pelukan setiap harinya untuk menuai efek positif yang besar. Sayangnya, karena social distancing akibat pandemi, berpelukan tidak disarankan untuk mencegah penularan.

Tak perlu khawatir, kamu bisa lakukan cara berikut.

1. Beri pelukan pada diri sendiri

Terdengar aneh, namun memeluk diri sendiri punya manfaat yang sama dengan menerima pelukan lho, Jovians! Menurut Verywell Mind, ini dikarenakan tubuh tidak biasa menerima hal ini, sehingga muncul sensasi tidak biasa yang membingungkan otak saat kamu memeluk diri sendiri. Makanya, berilah pelukan pada diri sendiri sebagai bentuk apresiasi diri.

2. Mengelus hewan peliharaan

Jika kamu punya hewan peliharaan, kamu bisa bermain atau memeluk mereka. Memeluk dan mengelus hewan peliharaan mengaktifkan saraf sensorik kamu, yang memberikan efek yang sama saat kamu menerima atau memberi pelukan.

Bermain dengan hewan peliharaan akan meningkatkan hormon oksitosin, yang akan membantu kita mengurangi stres dan meningkatkan positivitas diri.

Nah, itulah 10 manfaat berpelukan untuk kesehatan mental dan fisik. Sudah terbukti bahwa berpelukan merupakan cara mudah untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Sudah berapa pelukan yang kamu berikan hari ini?

Simak informasi dan tips seputar kesehatan mental dan fisik lainnya hanya di Jovee. Follow juga Jovee di media sosial Instagram dan Tiktok, @jovee.id untuk dapatkan info promo menarik.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hernia-pada-anak

Mengenal Gejala dan Penyebab Hernia pada Anak

Kesehatan Lainnya   08/12/2022
hernia-pada-wanita

Hernia pada Wanita: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kesehatan Lainnya   07/12/2022
cara-merawat-rambut

6 Cara Merawat Rambut Setelah Keratin Treatment

Kesehatan Lainnya   25/11/2022
propylene-glycol-adalah

Propylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Kesehatan Lainnya   10/11/2022
vaksin-cacar-monyet

Mengenal Vaksin Cacar Monyet, JYNNEOS dan ACAM2000

Kesehatan Lainnya   04/11/2022