fbpx

10+ Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

by | Nov 19, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Meski tak sering dikonsumsi seperti apel, pisang, dan buah populer lainnya, manfaat buah pir tak usah lagi diragukan. Buah berair dengan rasa manis sedikit asam ini menyimpan berbagai kandungan yang baik bagi kesehatan organ tubuh hingga kecantikan kulit. Simak info lengkapnya di bawah ini.

Informasi Nutrisi Buah Pir

Berdasarkan data USDAl, tiap 178 gram buah pir ukuran sedang memiliki kandungan utama:

  1. Kalori: 101
  2. Protein: 1 gram
  3. Karbohidrat: 27 gram
  4. Serat: 6 gram
  5. Vitamin C: 12 persen dari nilai kebutuhan harian
  6. Vitamin K: 6 persen dari nilai kebutuhan harian
  7. Kalium: 4 persen dari nilai kebutuhan harian
  8. Tembaga: 16 persen dari nilai kebutuhan harian

Manfaat Buah Pir yang Perlu Anda Ketahui

Berikut beberapa manfaat buah pir yang perlu kamu ketahui:

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat menjadi komponen paling besar di dalam pir setelah karbohidrat. Besarnya kandungan nutrisi ini sangat baik untuk menjaga berat badan. Buah pir yang berisi banyak air beserta kalorinya yang rendah menambah khasiat yang baik untuk dijadikan sumber makanan.

Ketiga kombinasi di atas sudah cukup membuat Anda tetap kenyang. Sehingga, Anda tidak punya keinginan untuk makan lagi. Kenyang dan nafsu makan yang terjaga akan mendukung tubuh menurunkan beratnya.

Selain itu, pir menyimpan serat pektin yang mudah larut. Jenis serat ini menutrisi bakteri usus. Sebuah studi juga menemukan kalau serat makanan memiliki peran dalam mengatur sistem imun. Ia juga diyakini dapat menurunkan risiko kondisi terkait inflamasi, seperti obesitas.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A merupakan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. Terlebih, nutrisi tersebut berkhasiat bagi dalam menjaga kulit, rambut, dan kuku tetap sehat dan terawat.

Tambahan lainnya dari buah pir adalah adanya zat zeaxanthin dan lutein yang ikut berperan dalam beberapa fungsi organ reaksi enzimatis. Hal ini juga membantu dalam menjaga keremajaan kulit dan menurunkan bintik dan kerutan akibat penuaan.

Serat makanan pada buah pir juga dapat melembutkan dan menghaluskan kulit. Zat ini menurunkan kadar di mana gula terpecah di dalam aliran darah. Selain itu, serat juga mencegah kerusakan pada kolagen kulit.

  • Membantu Proses Detoksifikasi 

Pergerakan usus yang normal sangatlah penting untuk proses pembuangan racun harian di empedu dan tinja. Banyaknya jumlah air di dalam pir membantu proses tersebut. Air dari pir melunakkan tinja dan membersihkan sistem pencernaan dari racun.

Efek pencahar pir juga berasal dari kadar serat dan fruktosa yang tinggi. Fruktosa adalah gula alami yang dimiliki kebanyakan buah.

  • Memberantas Radikal Bebas 

Pir memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, dan tembaga. Ketiga zat tersebut adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Partikel tersebut dapat merusak sel dan menyebabkan tubuh rentan penyakit.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah pir juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Di dalam buah pir terdapat antioksidan procyanidin yang dapat mengurangi jaringan jantung yang kaku. Kemampuan lainnya ialah menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolestrol baik.

Bahkan, kulit buah pir sendiri mempunyai jenis antioksidan quercetin. Antioksidan ini bermanfaat dalam menurunkan inflamasi. Selain itu, quercetin juga mengurangi faktor yang menyebabkan masalah jantung. Beberapa di antaranya adalah tekanan darah dan tingkat kolestol yang tinggi.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Dalam sebuah studi ditemukan kalau buah pir dapat mendorong naiknya sistem imun. Temuan ini didasarkan pada vitamin A dan C yang terdapat di buah pir. Dan lagi, antioksidan yang berasal dari vitamin berperan dalam menjaga daya tahan tubuh ini.

Antioksidan dapat menstimulasi produksi sel darah putih. Sel tersebut memiliki peran inti dalam sistem imun itu sendiri. Dengan adanya sel darah putih, sistem imun akan menguat. Tubuh juga mudah pulih dari penyakit ringan, seperti flu dan demam disertai sakit perut.

  • Mendorong Kesehatan Tulang

Selain antioksidan, manfaat buah pir datang dari jumlah mineral yang banyak. Di dalam buah pir terdapat tembaga, kalsium, fosfor, mangan, dan magnesium. Berbagai jenis mineral tersebut berperan dalam kesehatan tulang.

Walau dibutuhkan dalam jumlah yang tak besar, semua mineral ini dapat memperkuat tulang. Karena itu, buah pir sangat bagus disantap orang yang menderita osteoporosis. Mineral tentu akan dibutuhkan dalam mencegah tulang yang melemah dan kehilangan mineral hingga inflamasi.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Buah pir, khususnya yang berwarna kemerah-merahan, dapat menurunkan risiko diabetes. Ini dikarenakan pir termasuk buah yang kaya anthocyanin yang dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, berdasarkan sebuah studi,

Penelitian lainnya menemukan kalau kulit pir juga menyimpan anthocyanin yang menandakan adanya efek antidiabetes dan anti-inflamasi. Perlu diketahui juga kalau diabetes bisa dicegah lewat kandungan serat pada pir.

Serat memperlambat pencernaan. Dan, hal ini membuat tubuh punya waktu lebih untuk memecah dan menyerap karbon. Tubuh juga bisa mengontrol tingkat gula darah yang jadi jadi awal datangnya penyakit diabetes.

  • Punya Efek Anti-kanker

Pir mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat anti-kanker. Kandungan anthocyanin dan asam cinnamic diketahui dapat melawan kanker. Beberapa studi pun mengemukakan pola makan yang kaya buah dapat melindungi tubuh dari kanker. Kanker ini termasuk di area paru-paru, perut, dan kandung kemih.

Beberapa studi menyimpulkan kalau buah yang kaya flavonoid dapat menjaga dari kanker payudara dan kanker ovarium.

  • Menurunkan Risiko Radang Usus Besar 

Peradangan pada bagian usus dapat diredakan dengan kandungan serat yang banyak di dalam buah pir. Buah ini sebaiknya dikonsumsi tanpa kulit bila ingin dikonsumsi untuk tujuan tersebut.

  • Baik untuk Sistem Saraf dan Otak

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah pir berpengaruh juga dalam kesehatan otak. Terlebih, peran antioksidan yang dimilikinya dapat membantu kinerja sistem saraf pusat dan meningkatkan kekuatan otak.

  • Punya Sifat Anti-Inflamasi

Kondisi inflamasi yang buruk dan tidak terkontrol dalam jangka panjang tidaklah baik bagi tubuh. Hal ini dapat berdampak pada banyak masalah kesehatan. Di antaranya adalah penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Pir juga mengandung antioksidan flavonoid. Antioksidan jenis ini dapat melawan inflamasi serta menurunkan risiko terkena penyakit. Beberapa pendapat mengaitkan asupan flavonoid yang banyak dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Selain flavonoid, vitamin dan mineral yang banyak terkandung di buah pir juga dapat mengatasi inflamasi.

  • Memulihkan Luka

Manfaat lainnya dari buah pir adalah kemampuannya untuk mempercepat proses pemulihan luka dan jaringan yang rusak. Hal ini dikarenakan vitamin C yang dimilikinya. Vitamin C juga dapat meningkatkan sintesis jaringan baru pada beberapa struktur organ dan sel di tubuh.

  • Mengurangi Risiko Terkena Jerawat

Bagi Anda yang rentan terhadap jerawat, mineral dan vitamin di dalam buah pir akan sangat membantu. Kedua nutrisi ini berperan dalam penyediaan gizi ke kulit.

Sifat antioksidan buah pir juga penting dalam menangkal radikal bebas yang mungkin menyebabkan kerusakan oksidatif terhadap sel tubuh. Tubuh yang terlindungi dari reaksi ini akan membuat sistem imun lebih kuat. Sistem imun yang kuat kemungkinan besar dapat melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

  • Memberi Khasiat Pada Rambut 

Selain menjaga kecantikan kulit, pir juga baik bagi untuk rambut. Pir mengandung vitamin dan mineral yang menutrisi rambut. Komposisi air yang banyak juga membuat rambut tetap lembab dan tidak kering.

Reaksi oksidatif yang ditekan antioksidan dapat menghindari kerusakan pada rambut dan kulit kepala. Tambahan nutrisi lainnya seperti flavonoid juga membuat rambut menjadi bersinar.

Itu dia manfaat buah pir yang baik bagi kesehatan hingga kecantikan. Selain rasanya yang manis, buah pir menawarkan banyak khasiat. Konsumsilah buah ini dengan asupan serta penyajian yang sesuai dan tetap iringi dengan pola hidup yang sehat.

Baca juga:

10 Manfaat Buah Delima yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Buah Jeruk, Gizi, dan Risiko Mengonsumsinya

Buah Kiwi: Manfaat, Gizi, dan Risiko Mengonsumsinya

Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personal.

 

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Megan W. 2019. What to know about pears.

Lisa W. 2019. 9 Health and Nutrition Benefits of Pears.

Swati S. 2020. Top 10 Reasons Why Pears Must be a Part of your Diet.

Vaani B. 2018. 4 Incredible Benefits of Pear (Nashpati).

Alyssa Girdwain. 2019. 6 Healthy Benefits of Pears That Will Win You Over.

Bharat S. n.d. 26 Amazing Health & Beauty Benefits of Pears.

Brands