fbpx

Buah nanas menawarkan kekayaan nutrisi dan manfaat yang baik bagi kesehatan. Di lain sisi, buah ini sering mendapat perhatian karena bahaya yang mungkin ditimbulkannya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa saja manfaat buah nanas beserta bahayanya yang harus kita ketahui.

Manfaat Buah Nanas

1. Mengobati Inflamasi 

Buah nanas memiliki keistimewaan dari enzim di dalamnya yang bernama bromelain. Kandungan tersebut banyak diteliti dan disimpulkan sebagai agen anti-inflamasi alami. Enzim ini disebut-sebut efektif dalam melawan radang sendi. Bromelain juga punya ciri menyembuhkan yang dapat diperkuat dengan tambahan kunyit. 

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Bromelain memiliki peranan penting dalam memecah protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sulit dicerna. Seringkali protein jadi penyebab sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Buah nanas juga mengandung sedikit serat yang merawat saluran pencernaan dan usus. Jus buah nanas bisa jadi alternatif obat sakit perut dan pereda penumpukan asam atau antasida.

3. Obat Diuretik Alami

Buah nanas memiliki sifat diuretik alami. Dengan kata lain, buah tropis ini bisa memelihara kesehatan sekaligus membantu ginjal sebagai organ yang bekerja dalam mengeluarkan racun di tubuh. Selain itu, nanas juga dapat mengurangi tekanan darah dan menekan penumpukan plak di pembuluh arteri. 

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Vitamin C, beta karoten, dan antioksidan di dalam jus buah nanas bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan sangat efektif dalam menangkal hipertensi. Masalah kesehatan ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya penyakit jantung. 

5. Memulihkan Masalah Haid

Kandungan bromelain pada buah nanas menawarkan efek analgesik yang membantu perempuan dalam pemulihan kondisi tidak nyaman dan perih saat masa menstruasi. Oleh sebab itu, buah ini jadi santapan yang manjur untuk mengatasi beberapa permasalahan saat haid.

6. Memperkuat Tulang

Kandungan mangan pada buah nanas begitu besar, bahkan bisa memenuhi 73 persen jumlah mangan yang dibutuhkan tubuh per harinya. Mineral ini diperlukan tubuh untuk membantu perkembangan serta perlindungan tulang yang sehat dan kuat.

Mangan juga berguna bagi anak-anak. Sebab, ia terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa, mangan dipakai tubuh untuk mencegah kelainan pada tulang, seperti osteoporosis, dengan cara memperkuat tulang.

7. Memelihara Kesehatan Mata

Sebuah studi di Taiwan menunjukkan kalau nanas bisa jadi makanan yang baik untuk melawan floaters. Floaters ini merupakan tanda atau titik yang terkadang muncul dan melayang-layang di pandangan mata sehingga mengganggu penglihatan. Tanda tersebut merupakan serat mikroskopis yang terbentuk akibat bagian vitreous di mata kehilangan konsistensinya dan mengecil. 

Studi tersebut memperlihatkan kalau nanas yang diberikan dengan takaran yang tinggi dapat mengurangi kemunculan floaters. Hal tersebut dipercaya karena adanya beberapa enzim pada buah nanas yang dapat mengurai zat ekstraseluler serat mikro dan menghidrolisisnya. 

Hasil dari studi tersebut juga menyebutkan kalau nanas dapat mencegah pemisahan retina dan kebutaan. Nanas juga kaya akan vitamin C sebagai antioksidan yang menghambat oksidasi lensa dan menghindarkan mata dari katarak.

8. Memelihara Kesehatan Mulut

Sebagai salah satu buah dengan nutrisi vitamin C yang melimpah, buah nanas dapat memastikan kesehatan dan kekuatan gigi serta gusi. Vitamin C juga membantu menangkal terciptanya plak dan mengurangi risiko penyakit sekitar gigi dan radang gusi. Sebab, nutrisi tersebut dapat membatasi aktivitas bakteri di mulut.

9. Antioksidan yang Tinggi

Manfaat buah nanas lainnya terdapat pada kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan dan membantu tubuh melawan stres oksidatif. Reaksi ini terjadi ketika radikal bebas ada dalam jumlah yang banyak di tubuh. Padahal, radikal bebas dapat terhubung dengan sel kanker dan menyebabkan kerusakan. Dan, bukan tak mungkin bila nantinya muncul inflamasi kronis, sistem imun yang melemah, dan penyakit berbahaya lainnya.

Sifat antioksidan pada buah nanas cukup tinggi, terlebih karena adanya flavonoid dan asam fenolik serta komponen antioksidan lainnya yang saling terhubung. Hal tersebut menjadikan antioksidan buah nanas bertahan di kondisi tubuh yang berat dan membuat memberi efek yang bertahan lama.

10. Meningkatkan Imunitas 

Buah nanas menyimpan banyak vitamin, mineral, dan enzim yang dapat meningkatkan imunitas dan menekan inflamasi. Sebuah studi menemukan anak yang terkena infeksi sinus bisa sembuh dengan cepat ketika diberi suplemen bromelain yang umum ditemui pada buah nanas. Kemampuan bromelain dalam membatasi inflamasi juga dipercaya dapat membantu sistem imun. 

Bahaya Buah Nanas

Untuk mengenal buah nanas lebih jauh, kamu perlu mengetahui manfaat dan bahaya buah dengan nama latin Ananas comosus ini. Memahami bahaya buah nanas akan membuatmu lebih bisa mengatur cara menyajikan nanas dengan baik.

1. Menyebabkan Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami alergi sedang ketika memakan nanas, khususnya bagi orang yang alergi serbuk sari. Reaksi tersebut ditandai dengan bibir bengkak, sensasi menusuk di tenggorokan, dan sebagainya. Enzim-enzim di dalam nanas memengaruhi alergi tersebut. Dan karenanya, disarankan untuk mencuci nanas yang telah dipotong dengan air garam agar enzim-enzim tersebut dapat disingkirkan.

2. Meningkatkan Risiko Keguguran

Buah nanas menawarkan efek yang baik dan buruk bila dikonsumsi ibu hamil. Nanas memang dapat memulihkan ibu hamil dari morning sickness. Tapi di lain sisi, ia punya dampak berbahaya bagi ibu dan kandungannya. Beberapa enzim di buah nanas dapat meningkatkan kontraksi uterus pada masa awal kehamilan. Hal inilah yang jadi penyebab naiknya risiko aborsi dan berujung pada keguguran.

Nutrisionis Jovee, Kelvin Halim, juga menjelaskan, “Enzim bromelain pada nanas dapat meningkatkan risiko kontraksi uterus, sehingga meningkatkan keguguran. Maka dari itu ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi nanas ketika kehamilan.” 

3. Dosis Tinggi Tidak Baik untuk Radang Sendi dan Rematik

Meski nanas menyimpan sifat anti-inflamasi yang meredakan peradangan pada sendi, buah asli Brazil dan Paraguay tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita radang sendi dan rematik. Penyebabnya adalah karena nanas diubah menjadi alkohol saat sampai di saluran pencernaan. Alkohol ini dapat membawa pengaruh negatif bagi penderita dua penyakit tersebut serta meningkatkan risiko patah tulang.

4. Meningkatkan Gula darah

Walaupun buah nanas bisa disantap penderita diabetes, konsumsi yang berlebihan dapat meningkatkan gula darah pengidap. Meski nanas menawarkan gula alami seperti sukrosa dan fruktosa, penderita diabetes sebaiknya hanya memakan satu hingga dua nanas saja per harinya. 

5. Nanas yang Mentah Menyebabkan Mual

Entah kamu mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk jus, pastikan buah yang kamu konsumsi sudah matang. Sebab, nanas yang masih muda mengandung racun dan dapat membahayakan kesehatan. Gejala yang mudah dialami ketika menyantap nanas yang masih mentah adalah mual dan muntah.

6. Dapat Bereaksi Terhadap Obat-obatan Tertentu

Beragam manfaat buah nanas dapat diperoleh dari kandungan bromelain. Namun, enzim ini juga membawa dampak buruk bila dikonsumsi bersama beberapa pengobatan seperti antibiotik dan antikonvulsan. Jadi, jika kamu sedang dalam perawatan dengan obat-obatan, berkonsultasilah terlebih dahulu bila ingin menyantap buah nanas.

7. Mulut Kemerahan dan Infeksi Tenggorokan

Sifat asam buah nanas dipengaruhi oleh vitamin C yang melimpah di dalamnya. Sifat asam nanas ini juga dapat memengaruhi produksi lendir di mulut dan tenggorokan. Akibatnya, sensasi kasar bisa muncul sesaat menyantapnya. Beberapa orang bisa mengalami sakit perut. Kelebihan mengonsumsinya dapat meningkatkan masalah infeksi tenggorokan.

8. Menodai Gigi dan Merusak Enamel

Nanas yang disantap dalam takaran yang teratur akan membuat gigi dan gusi sehat. Sebaliknya, konsumsi berlebih akan merusak gigi karena gula yang dimilikinya. Sifat asam nanas juga dapat mengikis enamel gigi. Oleh sebab itu, disarankan untuk memakan nanas dalam penyajian sedang, khususnya bagi penderita gigi berlubang, radang gusi, dan sebagainya.

9. Dapat Menyebabkan Diare 

Vitamin C mudah larut dalam air. Tubuh yang kelebihan vitamin C akan membuangnya lewat urine. Namun, kelebihan vitamin C dari buah nanas tidak begitu saja dibuang tubuh tanpa efek samping. Kelebihan makan buah nanas akan memicu berbagai masalah kesehatan, seperti mual, maag, diare, insomnia, dan sakit perut.

10. Memungkinkan Perkembangan Batu Ginjal

Kadar kalium di dalam buah nanas cukup banyak dan itu baik untuk menjaga tekanan darah dan jantung yang sehat. Di sisi lain, kelebihan mineral ini dapat menjadi beban untuk ginjal yang sulit memproses dengan benar. Tak jarang ia dapat memicu gagal ginjal. Karenanya, konsumsilah buah nanas dan makanan dengan kalium tinggi lainnya secara wajar. 

Itulah dia manfaat buah nanas dan bahaya yang dapat muncul bila mengonsumsi buah nanas. Setelah mengetahui perihal buah nanas ini, ada baiknya kita lebih berhati-hati ketika menyajikan nanas ataupun makanan lainnya dan menyantapnya dalam takaran yang secukupnya. Dengan begitu, kita bisa mengambil khasiat yang baik dari buah nanas dan dapat menghindari efek buruk yang dimiliki buah dengan rasa asam manis tersebut.

Baca juga:

Ketahui Beragam Nutrisi dan Manfaat Air Nanas

7 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan, Apa Saja?

Beragam Buah yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Ingin tahu manfaat buah lainnya? Simak artikel Jovee lainnya dan unduh aplikasinya sekarang! Dengan Jovee, kamu dapat melihat rekomendasi suplemen terbaik dari pusat vitamin personal terlengkap.

Penulis: Arofah Hafizh A. 

 

Referensi:

Aparajita C. 2019. Top 10 Benefits Of Pineapple Juice For Skin, Hair And Health.

George C. 2011. Pineapple Juice Benefits.

Vadim A. n.d. Pineapple: Fights Against Eye Floaters. 

Ryan R. 2018. 8 Impressive Health Benefits of Pineapple.

Morton J. 1987. In: Fruits of warm climates.

Referensi

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

7 MANFAAT TOGE UNTUK KESEHATAN

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

20 Makanan Lezat Sumber Protein Tinggi

Makanan Sehat   26/02/2021
pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

Makanan Sehat   24/02/2021
obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

Gaya Hidup Sehat   24/02/2021
7 MANFAAT TOGE UNTUK KESEHATAN

7 Manfaat Toge untuk Kesehatan

Makanan Sehat   22/02/2021

Brands