fbpx

11 Cara Alami yang Ampuh Mengobati Sariawan

by | Oct 15, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan. Umumnya, sariawan dapat muncul di bagian dalam pipi, bibir, ataupun lidah. Dalam istilah medisnya, sariawan disebut dengan stomatitis. Saat sariawan, semuanya jadi serba salah. Mau makan sakit, ingin bicara juga sulit. Sariawan bisa diatasi dengan obat-obatan di apotek. Tapi, ada perawatan rumahan yang bisa Anda coba sebagai cara alami mengobati sariawan dengan cepat. Kira-kira apa saja, ya?

 

Penyebab sariawan

Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan menimbulkan rasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak. Terutama di dalam mulut, dasar gusi, di bawah lidah, maupun sepanjang sisi rongga mulut.

Disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitis, canker sores, atau mouth ulcer, sariawan bisa muncul satu atau beberapa buah sekaligus. Sariawan dapat terjadi pada siapa saja tetapi kondisi ini tidak menular. 

Penyebabnya pun beragam, mulai dari infeksi, kekurangan vitamin ataupun mineral, tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi, stres, perubahan hormon, hingga alergi. Namun, penyebab pasti munculnya sariawan hingga saat ini belum diketahui. 

Meski begitu, sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam lebih mungkin muncul jika Anda sedang stres. Plus, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, perubahan hormon, dan siklus menstruasi juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Pada beberapa kasus yang cukup jarang, trauma pada jaringan lunak mulut dapat pula menyebabkan sariawan. Misalnya saat lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika Anda menyikat gigi terlalu keras sehingga melukai gusi.

 

Cara mengobati sariawan secara alami

obat-sariawan-alami-paling-ampuh

Sariawan yang ringan umumnya tidak membutuhkan pengobatan khusus, karena dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1 – 2 minggu. Penggunaan obat sariawan ditujukan untuk mengurangi gejala atau nyeri akibat sariawan. 

Tapi, kalau Anda tidak tahan berlama-lama mengalami sariawan, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan dengan cepat.

 

1. Kumur-kumur dengan larutan garam

Meski terasa sakit, berkumur dengan larutan garam atau larutan baking soda dapat membantu mengeringkan sariawan.

Anda dapat mencampur 1 sendok teh garam atau 1 sendok teh baking soda dengan 200 ml air hangat, kemudian berkumur dengan larutan ini selama 15–30 detik. Ulangi hingga beberapa kali dalam sehari.

 

2. Minum banyak air putih

Minum banyak air, terutama air dingin dapat membantu meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Selain minum air dingin, Anda juga bisa meletakkan bongkahan kecil es batu di atas sariawan hingga meleleh sebagai obat sariawan alami.

 

3. Memakan makanan bergizi

Obat sariawan alami selanjutnya adalah mengonsumsi makanan, sayuran, dan buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C, vitamin B, folat, zinc, dan zat besi. Kekurangan berbagai nutrisi tersebut bisa memicu timbulnya sariawan.

Bila perlu, konsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks dipercaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

 

4. Mengonsumsi yogurt

Salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah adanya bakteri yang berkembang biak. Maka dari itu Anda pun bisa menjadikan yogurt sebagai obat sariawan alami. Hal ini karena mengonsumsi yogurt bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri yang ada di mulut dan tubuh Anda.

Penelitian yang dilakukan di tahun 2007 menunjukkan bahwa probiotik yang baik seperti laktobasilus dapat membantu menghilangkan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh Anda. Sebagai tindakan pencegahan dan juga mempercepat proses penyembuhan, cukup dengan mengonsumsi yogurt di pagi hari secukupnya.

 

Bahan-bahan alami untuk mengobati sariawan

Selain cara alami di atas, berikut ini sejumlah bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan, antara lain:

 

1. Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut. Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat anti radang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan.

Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

 

2. Kelapa

Buah satu ini diyakini mampu menjadi obat sariawan alami di area lidah atau bibir. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan.

Lalu, manfaat lain dari kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

 

3. Teh celup

Mengompreskan kantung teh bekas juga bisa Anda jadikan sebagai obat sariawan alami. Kantong teh yang bersifat basa dapat menetralisir area mulut yang asam sehingga tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Tidak hanya itu saja, daun teh juga mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Terlebih, menurut American Academy of Periodontology sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi,

Caranya pun cukup mudah karena cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.

Selain teh hitam biasa, Anda juga bisa menggunakan teh kamomil karena mempunyai kandungan antiinflamasi serta antioksidan.

 

4. Lidah buaya

Satu sariawan di lidah atau area lainnya bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Obat sariawan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah lidah buaya.

Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari.

Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiinflamasi dan pereda nyeri yang alami.

 

5. Es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di area mulut Anda bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, coba untuk mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut.

Rasa sejuk yang berasal dari es batu bisa menjadi obat sariawan alami karena dapat meringankan rasa nyeri. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang terdapat sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

 

6. Soda kue

Biasa digunakan untuk keperluan membuat kue, Anda juga bisa menggunakan baking soda atau soda kue sebagai obat sariawan alami. Soda kue diklaim dapat membantu meringankan rasa sakit, menetralkan kandungan asam, serta masalah iritasi.

Apalagi mulut mempunyai kandungan asam sehingga luka akibat sariawan bisa terasa lebih menyakitkan. Cukup dengan mencampurkan soda kue dengan air sampai menjadi pasta.

Lalu, oleskan pada sariawan dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Selain itu, Anda juga bisa berkumur dengan larutan soda kue.

 

7. Echinacea

Echinacea merupakan tanaman yang akar atau daunnya dapat digunakan sebagai pengobatan. Merupakan obat herbal, Anda pun juga bisa menggunakannya sebagai obat sariawan alami.

Hal ini dikarenakan kandungannya mempunyai sifat antiinflamasi, antioksidan serta menjaga kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi dengan cara menyeduh seperti teh sebagai Tindakan pencegahan juga mempercepat penyembuhan luka akibat sariawan.

 

Mencegah sariawan dengan gaya hidup sehat

Nah, setelah mengetahui beberapa cara mengobati sariawan di lidah dan area mulut lainnya, berikut tim Jovee jabarkan tips mencegah sariawan di kemudian hari.

 

1. Makan dengan perlahan

Seperti yang telah disebutkan di atas, trauma pada mulut bisa juga menyebabkan sariawan. Misalnya saja Anda tidak sengaja menggigit lidah dan bibir akibat makan terlalu cepat. Luka pada area dalam mulut pun dapat terjadi ketika Anda makan sambil bicara.

Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri mengunyah makanan dengan pelan dan tidak berbicara saat sedang makan guna mencegah sariawan.

 

2. Mencukupi cairan tubuh

Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya, mulut akan terhidrasi dan tidak menjadi kering. Kedua hal ini termasuk faktor yang memicu munculnya sariawan. Ditambah lagi, Anda perlu membatasi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein–yang berpotensi membuat mulut kering.

Selain minum air putih 8 gelas sehari, ada pula sejumlah cara lain guna mencegah mulut kering, yaitu:

  • Kunyah permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Gunakan obat kumur khusus untuk mulut kering
  • Bernapaslah melalui hidung, bukan mulut
  • Kurangi makanan dan minuman yang terlalu manis ataupun asam

 

3. Menghindari makanan panas dan pedas

Makanan pedas kadang memang membuat kita ingin terus makan. Tapi sayangnya, terlalu sering makan makanan pedas bisa memicu gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, hingga sariawan.

Selain makanan pedas, makanan asam juga dapat mengiritasi mulut, lho. Jadi, pastikan Anda tidak keseringan mengonsumsi makanan pedas dan asam guna mencegah sariawan.

Satu lagi yang perlu Anda batasi juga adalah makanan dan minuman yang masih sangat panas. Menenggak minuman maupun makanan yang panas dapat menyebabkan lidah dan mulut melepuh serta memicu sariawan.

Maka dari itu, coba diamkan atau tiup dulu makanan dan minuman yang masih panas sampai sebelum memakannya.

 

4. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran

Stomatitis dapat pula disebabkan oleh kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin B12, zinc, folat atau vitamin B9, dan zat besi. Makanya, mulai sekarang perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan serta sayuran seperti brokoli, bayam, asparagus, buah bit, ditambah dengan hati sapi.

 

5. Merawat dan menjaga kebersihan mulut

Sikatlah gigi Anda 2 kali sehari. Pastikan sikat gigi yang Anda gunakan berbulu lembut, berkualitas baik, dan sesuai dengan bentuk mulut. Setelah menggosok gigi, usahakan melakukan flossing memakai benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

Hindari penggunaan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS). Jangan lupa pula untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Baca juga:

7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

7 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Itulah sejumlah cara alami mengobati sariawan di lidah dan area mulut lainnya dengan cepat. Bila cara dan bahan alami di atas tidak mempan mengobati sariawan Anda, segeralah periksakan diri ke dokter.

Apalagi kalau luka sariawan semakin membesar, menyebar, berlangsung selama lebih dari 3 minggu, dan terasa sangat sakit walau sudah menelan obat anti nyeri. 

Jagalah selalu kesehatan mulut dengan rajin menyikat gigi 2 kali sehari agar sariawan tidak muncul.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Cleveland Clinic. 2019. Canker Sores.

Mayo Clinic. 2018. Canker Sore.

WebMD. 2018. Canker Sore (Aphthous Ulcer).

WebMD. 2019. Stomatitis.

Florencia H. (Everyday Health). 2018. Home Remedies and Treatments for Canker Sores.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional