fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Kantung mata dan lingkaran hitam identik dengan wajah yang terlihat lesu, kusam, dan tidak sehat. Kantung mata sendiri adalah pembengkakan yang umumnya muncul seiring bertambahnya usia. Makin tua seseorang, jaringan di sekitar mata, termasuk otot-otot kelopak mata, menjadi makin lemah. Kondisi tersebut biasanya hanya masalah penampilan dan bukan merupakan tanda masalah kesehatan tertentu. Masalah kantung mata dan lingkaran hitam yang menyertainya bisa diatasi dengan berbagai perawatan yang tepat. Perawatan di rumah dengan bahan-bahan alami dapat mengurangi pembengkakan. Untuk menghilangkannya secara permanen, bisa dilakukan dengan operasi. Intip beberapa cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di sini.

cara-menghilangkan-kantung-mata-hitam

Apa saja penyebab munculnya kantung mata?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, seiring dengan penuaan, struktur jaringan dan otot-otot yang menopang kelopak mata akan melemah. Kulit mulai kendur, dan lemak yang biasanya terbatas di daerah sekitar mata (orbit) berpindah ke bawah mata.

Ditambah lagi, daerah bawah mata Anda bisa menampung cairan. Inilah sebabnya daerah bawah mata jadi terlihat puffy alias bengkak. Biasanya, kantung mata ini ditandai dengan bengkak ringan di bawah mata, kulit kendur dan keriput, serta lingkaran hitam atau mata panda.

Faktor penyebab, yang juga bisa memperparah kantung mata dan lingkaran hitam, diantaranya adalah:

  • Penumpukan cairan di sekitar mata (edema periorbital), terutama setelah bangun tidur dan sesudah makan makanan asin. Retensi cairan ini pun bisa dipengaruhi oleh cuaca dan perubahan hormon.
  • Kelelahan dan kurang tidur
  • Alergi dan dermatitis yang disertai bengkak, kemerahan, dan gatal
  • Konsumsi kafein dan merokok
  • Keturunan
  • Peningkatan melanin atau hiperpigmentasi paska inflamasi akibat alergi
  • Kerusakan pembuluh darah
  • Penurunan lemak di bawah mata karena masalah kulit
  • Stres dan paparan sinar matahari
  • Hidung tersumbat, anemia, bahkan kehamilan

Sementara itu, kantung mata yang menghitam di bawah mata bisa disebabkan oleh sirkulasi darah stagnan di daerah bawah mata. Kurangnya oksigen dan sirkulasi darah ke area mata yang buruk membuat pembuluh darah di bawah mata menjadi sangat menonjol. Akibatnya, bagian bawah mata yang menonjol tersebut berwarna lebih gelap dari warna kulit normal.

“Kantung mata dapat disebabkan penuaan area sekitar mata seiring bertambahnya usia, otot di sekitar mata semakin lemah dan ini memungkinkan lemak dan cairan yang berkumpul di bawah mata. Selain itu faktor keturunan juga berpengaruh, beberapa orang memiliki kantung mata yang lebih yang besar daripada yang lain,” jelas dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Ia juga menambahkan, “Selain dua hal tersebut, bila kita memiliki kantung mata yang datang dan pergi, kantung mata ini biasanya disebabkan oleh kurang tidur, alergi, atau konsumsi garam berlebih malam.”

Bagaimana cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami?

vitamin-untuk-mencerahkan-kulit

Kalau kantung mata Anda muncul karena alergi, cara menghilangkannya ya dengan menjauhi alergen alias pemicu alergi tersebut. Obat anti alergi yang dijual di apotek juga bisa Anda pakai. Atau Anda pun dapat konsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan alergi yang muncul, khususnya akibat pewarna rambut, sabun, dan kosmetik.

Sebenarnya, masalah kantung mata dan lingkaran hitam tidak memerlukan perawatan yang spesifik. Menghilangkan kantung mata bengkak dan hitam bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami dan merubah pola hidup sehat. Kantung mata bengkak pun bisa dihilangkan secara permanen dengan operasi.

1. Memperbanyak konsumsi makanan kaya kolagen dan vitamin C

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh Anda makin berkurang. Alhasil, kulit kantung mata mulai kendur dan garis-garis serta kerutan halus bermunculan.

Vitamin C diperlukan tubuh untuk menghasilkan kolagen, yakni protein alami yang membantu menjaga elastisitas atau kelenturan kulit. Bila jumlah kolagen di dalam tubuh terjaga, kulit Anda pun akan tetap halus, lembut, kencang, kenyal, dan terlihat awet muda.

Untuk mencegah kantung mata kendur, perbanyaklah konsumsi makanan sehat yang mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Beberapa makanan yang dipercaya dapat mendukung produksi kolagen dalam tubuh berupa:

  • Vitamin A: tomat, wortel, sayur berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak hati ikan kod, dan telur.
  • Asam askorbat atau vitamin C: jambu biji, jeruk, stroberi, pepaya, kelengkeng, paprika merah, brokoli, dan sayur berdaun hijau.
  • Antosianin: anggur, delima, buah beri, tomat, dan kacang merah.
  • Protein: makanan laut, daging, susu, keju, yogurt, telur, kacang kedelai, dan ikan.
  • Alpha hydroxy acid (AHA): jeruk, apel, anggur, tebu, tomat, dan lemon.

Anda juga bisa mengonsumsi Blackmores Radiance Marine Q10 (Rp387.343). Blackmores Radiance Marine Q10 merupakan suplemen yang dapat memberikan nutrisi dan memelihara kesehatan kulit agar tetap kencang dan tampak awet muda.

Selain itu, bagi Anda yang lebih menyukai suplemen dalam bentuk minuman sachet, dapat mencoba Frozen Collagen (Rp87.134). Seperti namanya, suplemen Frozen Collagen mengandung kolagen, yang diperkaya dengan gluta serta vitamin C. Frozen Collagen 2 In 1 Powder Drink dapat membantu Anda mendapatkan kulit lebih halus dan tampak awet muda. Suplemen ini turut membantu menyamarkan garis-garis halus dan keriput sebagai tanda-tanda penuaan.

2. Memperkaya sumber kalium

Asupan mineral kalium juga dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh yang dapat memicu munculnya kantung mata. Sumber makanan yang mengandung kalium antara lain pisang, kacang, yogurt, dan sayuran hijau.

3. Mengurangi konsumsi garam

Kebanyakan konsumsi garam dapat menyebabkan penumpukan cairan. Alhasil, munculnya kantung mata dan mata panda. Oleh karena itu, batasilah makanan yang mengandung garam tinggi seperti keripik kentang dan junk food. Dengan mengurangi makanan tinggi garam ini, Anda juga bisa sekaligus menurunkan risiko hipertensi.

4. Mengompres mata

Kompres mata Anda dengan kain bersih yang telah dibasahi oleh air dingin. Atau menggunakan es batu yang dibalut dengan kain bersih. Diamkan selama beberapa menit sembari sedikit menekan-nekan mata Anda.

Anda bisa memanfaatkan sendok stainless yang didinginkan dulu di kulkas selama beberapa lama. Untuk meredakan pembengkakan, kantung teh hijau yang telah dibasahi dan potongan mentimun dapat pula digunakan untuk mengompres mata.

Masker kantung mata tersebut memang dikenal bisa membantu mengempiskan bengkaknya. Antioksidan pada teh hijau akan membantu meredakan peradangan. Selain itu, dapat pula Anda gunakan masker gel mata yang sudah banyak dijual di pasaran.

5. Melakukan olahraga wajah

Olahraga wajah merupakan cara alami untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, terutama pada area sekitar mata. Melakukan yoga wajah akan melatih otot-ototnya agar lebih kencang. Pose yoga dengan badan terbalik seperti shoulder stand dan back bends dapat membantu meningkatkan aliran darah ke wajah. Dengan begitu, diharapkan kelebihan cairan berkurang dan pembengkakan akan mereda, yang sekaligus mengatasi mata panda.

6. Mendapatkan waktu tidur cukup dengan posisi yang benar

Kurang tidur dapat mengganggu berbagai fungsi tubuh, juga tampilan wajah. Selama Anda tidur, cairan dalam jaringan tubuh akan diperas kembali ke pembuluh getah dan juga ke saluran darah. Karenanya, mata akan terlihat bengkak saat Anda bangun tidur. Pembengkakan tersebut dapat hilang dalam beberapa waktu.

Lain halnya kalau Anda tidak mendapatkan cukup waktu tidur, misalnya kurang dari 7 jam. Cairan yang semestinya kembali ke saluran darah akan terjebak dalam jaringan, termasuk jaringan mata, dan timbullah kantung mata. Parahnya lagi, kantung mata akan disertai lingkaran hitam dan kulit jadi pucat bila anda kurang tidur.

Makanya, pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, yakni 7 – 8 jam untuk orang dewasa. Bukan cuma waktu tidur yang penting, melainkan juga posisi tidur. Cobalah tidur telentang dengan meninggikan posisi kepala.

Anda bisa menambahkan jumlah bantul supaya kepala sedikit terangkat. Cara menghilangkan kantung mata ini membantu mencegah retensi cairan di sekitar mata saat Anda tidur. Pada gilirannya, cara ini pun bisa mengatasi mata panda.

7. Meminum air untuk mencegah dehidrasi

Asupan cairan yang cukup dapat menghindari kemungkinan dehidrasi. Selanjutnya, hal tersebut bisa mencegah terbentuknya kantung mata. Pastikan Anda banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas setiap hari, agar kulit Anda tetap sehat dan lembab.

Jangan lupa untuk mengurangi konsumsi alkohol dan kafein yang juga dapat mengganggu jam tidur serta membuat tubuh dan kulit dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan kantung mata serta lingkaran hitam tampak lebih jelas. Minuman tersebut juga akan membuat mata menjadi merah dan lelah. Kurangi konsumsi alkohol menjadi maksimal satu gelas sehari.

8. Menghindari merokok

Rokok dapat menyebabkan kulit Anda kering dan melemah, serta mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini, khususnya di sekitar mata. Bahan kimia yang ditemukan di dalam rokok merupakan racun yang dapat menyebabkan iritasi di sekitar mata. Hal tersebut kemudian memicu lingkaran hitam dan kantung mata disertai dengan keriput serta kulit wajah yang kusam.

9. Memakai sunscreen

Molekul radikal bebas dari sinar ultraviolet matahari bisa merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Kulit jadi kendur dan berkerut, serta dehidrasi, yang berkontribusi terhadap pembentukkan kantung mata. Sunscreen atau sunblock berbasis mineral, serta kacamata hitam dapat membantu melindungi mata dari sinar UV dan menjaga kulit di sekitarnya agar tidak menghitam.

10. Menggunakan krim mata

Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya adalah memakai produk krim yang memang diformulasikan untuk mata. Pilihlah produk krim mata yang mengandung kafein, chamomile, mentimun, atau arnica yang memang dapat meredakan peradangan dan mengencangkan kulit.

11. Mengonsumsi suplemen kolagen

Kolagen merupakan protein yang banyak terdapat di tubuh manusia, terutama otot, tulang, kulit dan tendon. Protein ini berperan dalam menguatkan dan membuat kulit lebih elastis, serta mengganti sel-sel kulit mati. Kolagen sangat baik untuk menghilangkan kantung mata. Anda dapat mencoba kaldu tulang ayam dan suplemen kolagen untuk meningkatkan asupan protein ini.

12. Menutupi dengan kosmetik

Concealer dengan satu warna lebih terang dari warna kulit Anda dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Sebaiknya Anda memilih concealer yang memiliki SPF 15 atau lebih. Dengan begitu, kulit Anda juga akan mendapat perlindungan dari sinar UV. Kalau Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak atau berjerawat, gunakan produk concealer yang dikhususkan untuk wajah berminyak.

Adakah penanganan medis untuk menghilangkan kantung mata?

Nonoperasi

Penanganan noninvasif di bawah ini akan membantu memperbaiki penampilan kantung mata Anda, meliputi:

1. Filler

Dokter akan menyuntikkan suatu bahan, biasanya hyaluronic acid yang berbentuk seperti jeli, ke daerah perbatasan antara bawah mata dan pipi. Sebelum menyuntikkan substansi tersebut, dokter biasanya membius kulit Anda (bius lokal) terlebih dulu. Anda harus mengulangi prosedur filler ini setelah 12 bulan.

2. Laser

Seperti namanya, prosedur ini dilakukan dengan menembakkan sinar laser untuk menghilangkan lapisan atas kulit bawah mata Anda yang berkerut. Sinar laser tersebut akan menstimulasi produksi kolagen, yaitu protein yang menjaga kelenturan atau elastisitas kulit. Hasilnya, kulit bawah mata Anda jadi lebih kencang. Hasilnya akan sangat tergantung dari jenis kulit Anda dan frekuensi pajanan matahari.

3. Chemical peel

Prosedur tersebut dapat pula menangani kerutan di bawah mata dengan menghilangkan lapisan kulit teratas. Dengan mengoleskan suatu bahan kimia, lapisan kulit mati di kantung mata Anda akan terangkat dan menghasilkan kulit yang lebih kencang dan cerah. Sama dengan laser, hasil chemical peeling juga tergantung dari banyak faktor.

Operasi

Tergantung dari penyebab munculnya kantung mata, operasi kelopak mata atau blepharoplasty bisa Anda pertimbangkan. Terutama bila perubahan gaya hidup dan pengobatan lainnya tidak mempan, bahkan kantung mata bertambah parah.

Dokter akan mengeluarkan kelebihan lemak, otot, dan kulit di kelopak mata atas ataupun bawah melalui sayatan. Blepharoplasty tidak hanya bisa menghilangkan kantung mata, melainkan juga memperbaiki:

  • Kelopak mata yang bengkak
  • Kulit berlebih di kelopak mata atas yang mengganggu penglihatan Anda
  • Kelopak mata bawah yang turun
  • Kulit berlebih di kelopak mata bawah

Namun, Anda perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan operasi kantung mata ini. Mengingat efek samping yang bisa ditimbulkan meliputi mata kering atau justru berair, nyeri, bengkak, memar, bahkan penglihatan jadi kabur. Komplikasi yang lebih jarang terjadi berupa kehilangan penglihatan total, perdarahan, infeksi, cedera pada otot mata, serta penurunan kelopak mata.

Itulah sederat cara menghilangkan kantung mata yang bisa Anda lakukan. Masalah kantung mata dan lingkaran hitam umumnya bukan tanda kondisi medis yang serius. Jika Anda tidak ingin ke dokter atau melakukan operasi, 12 cara alami di atas bisa dicoba di rumah, termasuk masker kantung mata.

Akan tetapi, kalau Anda sudah sangat merasa terganggu dengan kantung mata serta lingkaran hitam, Anda bisa mempertimbangkan operasi blepharoplasty. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter sebelum melakukan operasi atau jika masalah mata bengkak tidak kunjung membaik.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

kulit-kepala-berjerawat

Kulit Kepala Berjerawat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup Sehat   20/05/2022

4 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup Sehat   18/04/2022
cara-menjaga-kesehatan-kulit

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit bagi Wanita Karir

Gaya Hidup Sehat   30/03/2022
cara-membuat-kulit-wajah-kenyal-dan-lembab

Intip 5 Cara Membuat Kulit Wajah Kenyal dan Lembab Berikut Ini

Gaya Hidup Sehat   24/03/2022
jenis-olahraga-untuk-kecantikan

Inilah 7 Jenis Olahraga untuk Kecantikan

Gaya Hidup Sehat   23/03/2022