fbpx

Makanan berlemak yang terlalu banyak dikonsumsi dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Namun ternyata, makanan berlemak tidak hanya berpengaruh pada kolesterol saja, akan tetapi kadar trigliserida pada darah juga akan ikut meningkat. Jika kadar trigliserida pada darah semakin tinggi, tubuh akan semakin rentan terhadap berbagai penyakit bahaya. Penyakit berbahaya yang disebabkan trigliserida yang terlalu tinggi di antaranya adalah penyumbatan pembuluh darah, diabetes, stroke, bahkan hingga penyakit jantung koroner. 

Dari tes darah, kamu bisa mengetahui level trigliserida yang kamu miliki. Kadar trigliserida normal ada di angka kurang dari 150 miligram per desiliter (mg/dL) atau kurang dari 1,7 milimol per liter (mmol/L). Batasan trigliserida tinggi yang harus kamu waspadai adalah 150-199 mg/dL atau 1,8-2,2 mmol/L. Jika di atas angka tersebut, kamu perlu menurunkan trigliserida tinggi jika tidak ingin rentan terhadap penyakit. Namun, penurunan kadar trigliserida tidak bisa langsung dilakukan dengan cepat.

 

Apa Itu Trigliserida?

Sebagian dari kamu mungkin belum mengenal apa trigliserida itu. Trigliserida adalah sejenis lemak yang paling umum dijumpai di tubuh. Lemak ini berasal dari makanan, terutama mentega, minyak, dan lemak lain yang biasa kamu makan. Di sisi lain, trigliserida juga merupakan kelebihan atau sisa kalori dari makanan yang kamu santap. 

Tubuh menyimpan kelebihan kalori ini menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam sel lemak. Ketika tubuh membutuhkan energi, maka trigliserida akan dilepas untuk kemudian digunakan. 

 

Cara Menurunkan Kadar Trigliserida yang Tinggi

Untuk mengontrol kadar trigliserida, kamu harus melakukan beberapa langkah berikut ini: 

 

1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat merupakan cara menurunkan trigliserida tinggi secara alami. Makanan kaya serat dapat menurunkan serapan lemak dan gula pada usus kecil. Makanan yang dapat kamu andalkan untuk menurunkan trigliserida bisa ditemukan pada buah dan sayur.

Memperoleh buah dan sayuran penurun trigliserida tidaklah sulit. Buah dan sayur seperti alpukat, blueberry, kembang kol, dan kale merupakan beberapa sumber serat yang tinggi dengan gula yang rendah. Untuk hasil yang lebih efektif, sebaiknya kamu memasukkan macam-macam makanan ini dalam menu sehari-hari.

 

2. Makanan Rendah Karbohidrat

Trigliserida akan meningkat apabila terjadi penumpukan karbohidrat misalnya seperti gula. Bagi orang yang mengonsumsi banyak makanan rendah karbohidrat cenderung memiliki trigliserida yang cukup stabil. Sebab itu, jika ingin memiliki trigliserida yang rendah sebaiknya konsumsi makanan rendah karbohidrat.

Sebuah studi menunjukkan perbandingan antara diet tinggi karbohidrat dengan diet rendah karbohidrat selama satu tahun. Dari keduanya ditunjukkan hasil penurunan berat badan dan trigliserida darah pada diet rendah karbohidrat ketimbang diet tinggi karbohidrat.

 

3. Mengurangi Asupan Lemak Trans

Semakin sering kamu mengonsumsi lemak trans, semakin tinggi pula trigliserida dalam darah nantinya. Karenanya, jenis makanan dengan kandungan lemak trans, seperti makanan yang dipanggang maupun digoreng, sebaiknya dihindari. Selain membuat angka trigliserida semakin tinggi, ternyata mengonsumsi lemak trans juga dapat memicu kadar lemak jahat LDL yang tinggi maupun kolesterol jahat serta meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Makanan dengan kandungan lemak trans yang tinggi bisa ditemukan di makanan yang digoreng, seperti kentang goreng dan fish stick. Namun, hal ini tergantung pada jenis minyak yang digunakan. Berbeda dengan minyak yang buatan, minyak natural seperti minyak zaitun, minyak jagung, dan minyak canola bisa dengan aman digunakan karena bebas dari kandungan lemak trans. 

Makanan lain yang terdiri dari lemak trans adalah margarin, krimer kopi non-susu, serta daging dan produk olahan susu. Pendapat lain mengemukakan bila daging tanpa lemak dan produk susu rendah lemak dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengurangi kadar trigliserida.

 

4. Kurangi Asupan Gula

Gula dalam makanan akan diubah menjadi trigliserida. Penumpukan trigliserida pada darah akan mengalami peningkatan jika kamu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi gula. Dalam sehari, kamu hanya disarankan untuk mengonsumsi gula sebanyak 4 sendok makan teh. Ini dilakukan untuk meminimalkan risiko kamu terhindar dari trigliserida yang tinggi. 

Terkadang, kita juga bisa luput dari gula yang tersembunyi pada produk-produk seperti saus tomat, madu, bahkan jus buah. Selain itu, pemanis buatan juga perlu kamu kenali dan perhatikan jika ingin membeli produk olahan atau dalam kemasan. Sebaiknya kamu memilih makanan alami seperti buah dan sayur serta lebih sering minum air putih daripada air soda atau minuman lainnya yang kaya akan kandungan gula. 

 

5. Pilih Makanan Lemak Tidak Jenuh

Selain menghindari makanan dengan lemak trans, cara lain untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi secara alami adalah dengan mengurangi asupan lemak tidak jenuh. Kandungan asam lemak tak jenuh dapat membantu dalam penurunan kadar trigliserida pada darah. Asam lemak tak jenuh bisa kamu temukan di buah alpukat, minyak nabati, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan berlemak. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan lemak tak jenuh setiap harinya.

 

6. Perbaiki Pola Makan

Mengatur pola makan adalah kewajiban yang perlu kamu lakukan untuk mencegah trigliserida darah yang tinggi. Jika pola makan tidak terjaga dengan baik, hal ini dapat memicu adanya penumpukan kalori pada tubuh. Trigliserida ini nantinya bisa berubah menjadi lemak, terutama jika kamu jarang melakukan aktivitas fisik untuk membakar lemak.

Setelah kamu selesai makan, tubuh akan melepas insulin yang memiliki fungsi sebagai pengangkut gula untuk kemudian dijadikan sebagai energi. Akan tetapi, kadar insulin dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat kadar gula mengalami penumpukan. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin bila trigliserida dapat memicu terjadinya diabetes atau obesitas.

 

7. Melakukan Olahraga Secara Rutin

cara-menurunkan-trigliserida-tinggi

 

Melakukan olahraga secara rutin ternyata tidak hanya meningkatkan imunitas dalam tubuh saja. Akan tetapi, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan trigliserida yang akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Kamu bisa meluangkan waktu selama 30 menit setiap harinya untuk berolahraga. Bila tidak sempat melakukannya sekaligus dalam waktu 30 menit, kamu bisa memecah waktu olahraga dalam seharinya. 

Trigliserida tidak hanya menyerang pria atau wanita yang sudah berusia lanjut saja. Akan tetapi, remaja dan dewasa juga bisa mengalaminya. Namun, kebanyakan kasus trigliserida tinggi menyerang orang-orang yang sudah masuk usia 50 tahun. Selain itu, orang dengan riwayat penyakit jantung punya peluang yang jauh lebih besar terhadap serangan trigliserida daripada orang tanpa riwayat penyakit jantung.

 

8. Mengonsumsi Obat 

Beberapa orang mungkin memerlukan obat untuk menurunkan kadar trigliserida mereka. Menurut laman MedlinePlus, orang yang sedang mencari obat trigliserida bisa meminum obat kolesterol. Sebab, obat kolesterol juga dapat menurunkan kadar trigliserida itu sendiri. Obat-obatan ini termasuk pula asam nikotinat dan fibrat yang bisa menurunkan level trigliserida sekaligus menaikkan kolesterol baik HDL.

Tentunya obat-obatan tersebut hanya boleh dikonsumsi atas anjuran dokter. Kamu pun tetap harus menjaga gaya hidup yang sehat begitu menggunakannya. 

 

9. Konsumsi Minyak Ikan dan Ikan Berlemak

Ada alasan mengapa minyak ikan bagus untuk kesehatanmu, khususnya bagi kamu yang punya kadar trigliserida yang tinggi. Dokter pun bisa merekomendasikan minyak ikan sebagai bahan pengobatan untuk mengatasi trigliserida dan mendukung kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega 3 yang dimilikinya. Namun, pendapat soal manfaat minyak ikan ini masihlah terbagi. Minyak ikan ini bisa didapat dari suplemen minyak ikan. Sama halnya dengan ikan berlemak seperti salmon dan sarden yang tinggi akan kandungan lemak omega 3. 

 

10. Menurunkan Berat Badan

Tubuh menyimpan trigliserida ke dalam sel lemak dari kalori yang berlebih. Karena ini pula, menurunkan berat badan dapat jadi cara yang efektif dalam menurunkan level trigliserida darah. 

Sebuah riset pernah menunjukkan bila pengurangan 5-10% dari total berat badan berdampak pula bagi penurunan trigliserida hingga 40 mg/dL atau 0,45 mmol/L. Studi lainnya menemukan pula bila partisipan yang mengalami kenaikan berat badan setelah sebelumnya ikut program penurunan berat badan memiliki kadar trigliserida yang sama rendahnya. Hal ini menandakan bila penurunan berat badan punya efek jangka panjang terhadap level trigliserida walau di saat tubuh kembali mengalami kenaikan.

 

11. Kurangi Asupan Alkohol

Alasan mengapa alkohol seharusnya dihindari untuk perawatan trigliserida yang tinggi adalah karena zat ini terdiri dari gula dan kalori. Kedua kandungan alkohol tersebut malah nantinya akan diubah tubuh menjadi trigliserida. Beberapa studi menyebut bila konsumsi alkohol dalam dosis sedang dapat meningkatkan jumlah trigliserida hingga 53%. Kenaikan ini bahkan bisa dialami oleh orang dengan level trigliserida yang normal. 

 

12. Makan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menyimpan kandungan serat, asam lemak omega 3, dan lemak tidak jenuh. Semua kandungan tersebut punya andil yang besar dalam menyeimbangkan kadar trigliserida. 

Analisis dari beberapa studi memperlihatkan bahwa konsumsi kacang-kacangan dapat menekan kadar trigliserida hingga 2,2 mg/dL atau 0,02 mmol/L. Jika kamu ingin mencoba kacang-kacangan sebagai cara untuk mengatasi trigliserida yang tinggi, berikut beberapa tipe yang diketahui dapat membantu mengurangi kadar trigliserida darah. Namun, tetap perhatikan batas konsumsi makanan ini karena kalori yang dimilikinya cukup tinggi.

  • Almond
  • Kacang pecan
  • Walnut
  • Kacang mete
  • Kacang pistachio
  • Kacang brazil
  • Kacang macadamia

Itulah beberapa cara menurunkan kadar trigliserida. Ingat, tidak ada cara menurunkan trigliserida dengan cepat. Itulah alasan penting agar kamu tetap bisa menjaga kesehatan sedini mungkin guna menghindari risiko penyakit kronis yang mungkin terjadi di kemudian hari.

 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –

Selenium, Senyawa Baik untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

Rahasia Whey Protein untuk Membentuk Massa Otot

Mengenal Manfaat Triathlon, Kegiatan Lari, Renang dan Sepeda

Cardio VS Weight Lifting, Apa Bedanya?

8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu

Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?

 

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Sebagai pusat vitamin personal terlengkap, Jovee dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisimu. Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan temukan suplemen yang sesuai denganmu. Ambil juga konsultasi gratis bersama nutrisionis tim Jovee serta promo vitamin menarik yang semakin memudahkanmu untuk hidup bahagia dan sehat.

Referensi

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Artikel Terkait

Cara-Penularan-DBD

Cara Penularan DBD yang Wajib Diperhatikan

Gaya Hidup Sehat   05/03/2021

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

jamu herbal asam urat

7 Obat Asam Urat Alami Yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Makanan Sehat   18/02/2021
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara-Penularan-DBD

Cara Penularan DBD yang Wajib Diperhatikan

Gaya Hidup Sehat   05/03/2021

Berbagai Makanan Penyebab Nyeri Sendi

Gaya Hidup Sehat   04/03/2021
pola-makan-sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Anak Selama Pandemi

Makanan Sehat   24/02/2021
obesitas-pada-anak

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19

Gaya Hidup Sehat   24/02/2021
jamu herbal asam urat

7 Obat Asam Urat Alami Yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Makanan Sehat   18/02/2021

Brands