fbpx
BerandaKesehatan Lainnya14 Cara Mencegah Virus Corona yang Efektif

Virus Corona (Covid-19) kian mewabah. Tak hanya di China, secara resmi pemerintah Indonesia pun sudah mengumumkan adanya warga negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus ini di Indonesia.Per tanggal 20 Maret 2020, total sudah ada 180 negara yang terkena penyakit berbahaya ini dengan total kasus sebanyak 245,660. Adapun korban jiwa akibat virus ini sudah mencapai 10,049 orang.

14 Cara Pencegahan Virus Corona yang Efektif

Gejala orang yang terkena virus Corona adalah mengalami demam suhu tinggi, mengalami batuk kering, kesulitan bernafas, dan nyeri otot. Ada juga penderita yang mengalami diare atau mual.Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah virus corona menyebar.

Cara Mencegah Virus Corona

1. Cuci Tangan

Rajinlah mencuci tangan menggunakan sabun atau dengan cairan pembersih berbasis alkohol (hand sanitizer) sebagai cara agar tidak terjangkit virus corona. Mengapa cuci tangan penting untuk menangkal virus corona?

Karen Fleming, seorang profesor Biofisika dari John Hopkins University melalui akun Twitternya, dikutip Forbes, menjelaskan virus corona merupakan virus yang terbungkus oleh lapisan lemak. Air sabun atau hand sanitizer mampu untuk melarutkan lapisan lemak tersebut sekaligus membasmi virus corona.

Cuci tangan ini perlu dilakukan sebelum dan setelah makan. Di samping itu, hindari untuk sering menyentuh bagian mulut atau hidung dengan tangan. Sebab dikhawatirkan virus corona yang menempel di tangan kemudian akan menyebar lebih luas lewat mulut atau wajah.

Saat bepergian, kamu bisa membawa hand sanitizer. jika menyentuh permukaan yang sering disentuh orang, seperti tombol lift atau gagang pintu, kamu bisa gunakan hand sanitizer terlebih dulu.

2. Jaga Jarak dengan Terduga Sakit Corona

Hindari untuk berada di dekat orang yang terduga sakit corona. Jika misalnya ada orang yang batuk atau bersin, kamu sebaiknya juga menjaga jarak agar tidak sampai terkena percikan ludah. Pencegahan virus corona ini dinilai dapat mengurangi risiko tertular, meski lebih baik jika hindari untuk berada di kerumunan sementara waktu.

3. Memakai Masker

Jika kamu sedang merasa tidak sehat, kamu dapat menggunakan masker untuk perlindungan mencegah penyakit corona menular lebih luas. Kamu bisa menggunakan masker N95 atau masker bedah. Masker N95 lebih direkomendasikan sebab masker ini memiliki kemampuan proteksi yang sangat kuat.

Jika tidak terdapat masker N95, bisa menggunakan masker bedah. Namun pastikan penggunaannya benar, yakni masker tersebut harus menutupi mulut dan lubang hidung.

Ketika masker itu sudah tidak layak digunakan, jangan ragu untuk membuangnya. Masker idealnya hanya dipakai dalam waktu sehari. Jika lebih dari itu dikhawatirkan masker ini akan menjadi tempat bakteri berkembang-biak.

4. Cukup Istirahat

Cara agar tidak terjangkit virus corona selanjutnya adalah mendapatkan tidur yang cukup. Usahakan untuk tidur cukup sekitar 8 jam sehari. Istirahat yang memadai akan meningkatan kemampuan sel T untuk melawan infeksi maupun virus berbahaya. 5. Konsumsi Makanan Sehat

Pastikan juga untuk konsumsi makanan sehat. Hindari mengkonsumsi makanan yang masih mentah. Beberapa jenis makanan yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti buah lemon, apel, bawang putih, dan jahe.

6. Cukup Minum Air

Penuhi kebutuhan konsumsi air setiap hari. Langkah ini tepat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Setidaknya minum 8 gelas air atau sekitar 1.5 liter setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh selalu tercukupi dan juga sebagaipencegahan virus corona.

7. Tinggal di Rumah ketika Kondisi Tidak Sehat

Jika kondisi tubuh kurang fit, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk keluar rumah. Lebih baik pilih untuk tinggal di rumah untuk memulihkan kondisi fisik agar kembali prima. Selain itu, saat sakit kamu akan lebih rentan untuk terpapar virus, karena daya tahan tubuh yang sedang melemah.

8. Jika Bersin, Gunakan Tisu

Jika kamu sedang batuk atau bersin, selalu gunakan tisu untuk menutupi mulut ketika hendak bersin. Kemudian buang tisu tersebut ke tempat sampah untuk mencegah penularan virus yang lebih luas.

9. Menjaga Kebersihan

Upayakan agar kebersihan rumah dan lingkungan selalu terjaga. Bersihkan kamar, lantai rumah, dan halaman rumah setiap hari. Ini cara mudah untuk menjaga lingkungan kita selalu dalam keadaan sehat.

10. Stok Kebutuhan Obat dan Makanan

Untuk berjaga-jaga jika tidak ingin keluar rumah, kamu bisa mulai untuk menyimpan bahan makanan maupun obat yang dibutuhkan di rumah. Cukup simpan dalam jumlah yang memadai dan tidak berlebihan.

11. Tetap Tenang

Selalu tetap bersikap tenang dan tidak sampai memiliki ketakutan berlebihan atas virus corona. Memang benar virus tersebut membuat banyak orang khawatir. Namun dengan tetap tenang dan melakukan sejumlah tingkat pencegahan, yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja.

12. Berolahraga

Tetap berolahraga. Kamu bisa berolahraga aerobik di rumah. Manfaatnya bagus untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak gampang terserang virus berbahaya.

13. Pakai Barang Pribadi

Jika memungkinkan, kamu bisa membawa benda pribadi seperti sendok atau garpu makan ketika keluar rumah. Hal ini sebagai langkah pencegahan agar tidak sampai terkena dampak corona.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
10 Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan
Tips Menjalani Puasa Bagi Penderita Maag
Manfaat Konsumsi Kunyit Saat Puasa Ramadhan
10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit
7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu

14. Konsumsi Suplemen

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selalu pastikan konsumsi suplemen kesehatan yang tepat. Suplemen tersebut mampu memberikan asupan vitamin dan kandungan lain untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kamu bisa mendapatkan suplemen kesehatan yang tepat di Jovee. Aplikasi tersebut merupakan asisten kesehatanmu yang bisa mengidentifikasi suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh. Coba saja untuk unduh sekarang aplikasi Jovee ini di Playstore maupun App Store. Jaga kesehatanmu dengan Jovee Hampers New Normal Gift – The right C isi 30 & Hand Sanitizer (Rp102.953).

Itulah cara mencegah virus corona. Ya, pencegahan merupakan hal yang penting. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Coba praktekkan tips tepat mencegah virus di atas agar potensi bahaya virus tersebut dapat dicegah. Dr Denny Archiando, tim dokter Jovee, juga mengatakan dengan diterapkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut diharapkan akan mampu mengurangi angka kesakitan serta mencegah penyebaran dari virus corona ini.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gatal-karena-tungau

Gatal Karena Tungau, Atasi dengan Cara Ini

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-cacar-air-menular

Cacar Air: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022