fbpx
BerandaMakanan Sehat15 Manfaat Ikan Salmon: Dapat Mencegah ADHD

Selain ketenarannya sebagai ikan yang suka bermigrasi, salmon dikenal juga dalam dunia kuliner di balik rasa dan teksturnya yang berlemak. Salmon juga banyak dicari karena besarnya kandungan omega 3 yang memberi banyak manfaat bagi tubuh, khususnya fungsi otak. Nah, ketahui yuk berbagai manfaat ikan salmon di artikel berikut ini!

manfaat ikan salmon, manfaat ikan salmon untuk ibu hamil, manfaat ikan salmon untuk anak, manfaat minyak ikan salmon untuk ibu hamil

Kandungan Gizi Utama Ikan Salmon

Salmon dianggap sebagai salah satu makanan teratas dalam hal kepadatan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Ikan salmon menyimpan banyak vitamin, mineral, protein, dan lemak yang baik bagi jantung. Kelebihan tersebut pun semakin bertambah berkat jumlah kalorinya yang sedikit.

manfaat ikan salmon untuk anak

Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi tubuh, khususnya fungsi otak. Nah, ketahui yuk berbagai manfaat ikan salmon di artikel berikut ini!

Berdasarkan laman Nutrition Data, tiap 85 gram ikan salmon mengandung nutrisi utama:

  • Energi: 175 kalori
  • Protein: 18,8 gram
  • Lemak total: 10,5 gram
  • Vitamin B12: 40% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin B3: 34% dari AKG
  • Vitamin B6: 27% dari AKG
  • Vitamin B1: 19% dari AKG
  • Selenium: 35,2 mkg
  • Fosfor: 214 mg

15 Manfaat Ikan Salmon yang Baik Bagi Tubuh

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Konsumsi rutin salmon atau ikan lain dengan asam lemak omega 3 yang tinggi dapat membantu mengurangi inflamasi sistemik dan risiko berkembangnya penyakit hipertensi, stroke, dan aterosklerosis. Bahkan, sebuah studi menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya dua menu ikan berlemak per minggunya. Jumlah tersebut dapat memenuhi kebutuhan 500 mg EPA dan DHA per harinya. Keduanya merupakan jenis asam lemak utama omega 3. Anda dapat memperoleh ekstrak ikan salmon untuk menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi Sea Quill Omega 3 Salmon (Rp449.500).

  • Mengurangi Inflamasi

Inflamasi yang tidak terkontrol sering dikaitkan dengan masalah tubuh atau penyakit. Sebut saja berat badan yang naik, nyeri sendi, respon autoimun yang malah menyerang tubuh, tukak lambung, hingga stroke.

 

EPA dan DHA yang merupakan bagian dari asam omega 3 di dalam salmon yang dapat mengontrol hormon tubuh. Hal inilah yang kemudian menyediakan jalan bagi sel dan ekspresi gen (yang membuat molekul protein berkumpul). Reaksi yang terjadi karena adanya omega 3 di dalam salmon ini membantu menekan biomolekul pemicu inflamasi.

 

Keterlibatan omega 3 terhadap biomolekul tersebut pula yang menjadi kelebihan ikan salmon dalam mencegah migrain, radang sendi, dan penyakit akibat inflamasi lainnya.

  • Dapat Melawan Perkembangan Kanker

Manfaat ikan salmon dalam membasmi kanker dikarenakan kandungan omega 3 yang tinggi. Banyak riset yang telah meneliti kaitan antara omega 3 dan kanker. Dari banyaknya riset, dapat ditarik kesamaan bila asam lemak omega 3 menawarkan efek yang besar terhadap pencegahan kanker hingga melawan pertumbuhan dan perkembangannya.

 

Beberapa studi juga menunjukkan dampak positif dari omega 3 terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, liver, kulit, dan tumor otak.

  • Mengoptimalkan Kesehatan Kulit

Lewat kadar lemak omega 3 yang tinggi, ikan salmon juga dapat membuat kulit bercahaya dan kenyal. Selain itu, ikan salmon juga menyimpan antioksidan astaxanthin yang dapat menekan serangan radikal bebas secara efektif. Radikal bebas yang tidak terkontrol dapat memicu penuaan dini pada kulit. Hal ini pula yang menjadi alasan kenapa banyak ahli kulit yang menganjurkan konsumsi ikan salmon untuk memelihara kecerahan dan kesehatan kulit.

  • Memperkuat Daya Penglihatan

Rajin menyantap salmon dan ikan yang kaya omega 3 lainnya dapat membantu memulihkan sindrom mata kering. Tidak hanya itu, omega 3 juga punya potensi dalam perawatan gejala menurunnya fungsi makula mata yang bisa berujung pada kebutaan.

manfaat ikan salmon untuk anak

Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi tubuh, khususnya fungsi otak. Nah, ketahui yuk berbagai manfaat ikan salmon di artikel berikut ini!

Omega 3 juga dipercaya dapat meningkatkan sistem cairan mata dan mengurangi risiko glaukoma (kerusakan saraf mata) dan tekanan mata tinggi. Selain itu, omega 3 pada ikan salmon berperan penting dalam perkembangan mata balita.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu alasan mengapa omega 3 atau minyak ikan begitu populer dan umum ditemukan dalam bentuk suplemen adalah karena kelebihannya dalam menambah kinerja otak, termasuk memperbaiki daya ingat.

 

Asam lemak omega 3 punya andil dalam meredakan inflamasi agar sistem saraf terlindungi dari kerusakan terkait usia dan stres oksidatif akibat radikal bebas yang tidak terkontrol. Omega 3 juga menyimpan potensi sebagai antidepresan serta mencegah penyakit Alzheimer dan gejala Parkinson.

  • Punya Potensi Mencegah ADHD

Keuntungan terhadap fungsi otak dari konsumsi ikan salmon juga memiliki efek yang lebih pada anak-anak. Sebuah riset memperlihatkan adanya manfaat ikan salmon untuk anak dalam hal peningkatan kinerja otak.

 

Kandungan gizi yang dimiliki ikan salmon juga disebutkan dalam beberapa studi. Lewat studi tersebut, disebutkan bila ikan salmon mampu mencegah gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Hal tersebut juga ditambah dengan dampak yang positif bagi kemampuan akademik dan fokusnya.

  • Baik Untuk Kesehatan Tulang

Dalam sebuah riset dari Ohio State University, diketahui bila wanita yang memiliki kadar asam lemak omega 3 yang besar di dalam darahnya punya persentase yang kecil untuk terkena patah tulang pinggul. Hal ini juga menyimpulkan kalau omega 3 punya kapabilitas dalam memelihara kondisi tulang dari osteoporosis.

 

Melimpahnya omega 3 di dalam ikan salmon memberinya sifat anti-inflamasi. Sifat ini penting untuk mencegah inflamasi yang terlibat dalam resorpsi tulang atau proses terjadinya kerusakan pada jaringan tulang.

  • Baik Bagi Ibu Hamil

Komponen omega 3 yang tinggi di dalam ikan salmon merupakan salah satu manfaat ikan salmon untuk ibu hamil. The American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan bila asam lemak omega 3 yang terkandung di ikan salmon memiliki fungsi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dan bayi yang baru lahir. Selain itu, ikan salmon mendukung kesehatan ibu hamil dan janin dengan menaikkan tingkat pertahanan antioksidan.

 

Temuan lainnya menunjukkan bila Ibu hamil yang rutin mengonsumsi suplemen ikan salmon mengalami peningkatan pada konsentrasi selenium dan retinol plasma. Dalam riset sebelumnya, wanita yang kekurangan selenium mengalami keguguran atau preeklamsia, yang mana merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai tekanan darah tinggi dan kerusakan pada sistem organ seperti liver dan ginjal.

 

Hal tersebut juga menyimpulkan kalau ikan salmon yang mengandung banyak selenium punya potensi dalam menghindarkan keguguran dan preeklamsia.

  • Baik Bagi Penderita Tiroid

Karena komposisi seleniumnya yang tinggi, salmon menjadi makanan yang bagus untuk penderita tiroid. Sebuah analisis menyebutkan bila pengidap penyakit tiroid yang kekurangan selenium merasakan manfaat ketika memperoleh tambahan asupan selenium. Mereka mengalami penurunan berat badan dan pengurangan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes.

  • Mengurangi Kerontokan Rambut

Selain kadar omega 3 yang besar, ikan salmon juga menyimpan protein, vitamin B12, dan zat besi. Kombinasi nutrisi ini berguna untuk kesehatan kulit kepala. Hasilnya, rambut akan terhindar dari kerontokan karena nutrisi yang diterima folikel rambut. Nutrisi-nutrisi tersebut juga berperan dalam memperbaiki pertumbuhan rambut dan membuat rambut jadi tidak kusut.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti halnya omega 3, ikan salmon juga terdiri dari protein yang amat besar. Kedua nutrisi ini pun memberi dampak yang baik pada persentase lemak tubuh. Protein cukup berat untuk dicerna. Karenanya, nutrisi ini membantu memicu rasa kenyang dalam waktu yang lama. Dengan kata lain, keinginan untuk makan lebih bisa dikurangi.

 

Sedangkan, omega 3 mendukung proses penghambat peradangan akibat berat badan yang naik, menakan nafsu makan, serta meningkatkan sirkulasi dan metabolisme. Omega 3 juga berfungsi dalam penyusutan endapan lemak dengan menambah oksidasi atau penguraian asam lemak. Berbagai fungsi omega 3 ini berperan dalam pengurangan berat dan penguatan fisik, terlebih jika salmon disajikan dengan cara yang tepat.

  • Baik Untuk Bayi

Sebuah penelitian kecil dari USDA menemukan bila ikan salmon sangat bagus untuk dijadikan makanan bayi. Penelitian tersebut diprakarsai oleh American Heart Association dan the American Academy of Pediatrics. Apalagi makanan olahan ikan salmon dalam makanan bayi mendapat tempatnya sendiri di pasar Italia dan Britania Raya.

 

Lewat penelitian tersebut, diketahui bila ikan salmon memiliki ciri yang disukai bayi karena tidak adanya rasa amis ikan dan dagingnya juga sangat empuk. Manfaat ikan salmon untuk bayi pun dapat ditemukan dari kandungan omega 3 yang tinggi. Nutrisi ini diperlukan bayi untuk perkembangan otak, saraf, dan matanya.

 

Dari temuan tersebut, ikan salmon yang kaya omega 3 merupakan pilihan makanan laut yang dianjurkan, terlebih di saat bayi berumur lima tahun yang sudah perlu nutrisi tambahan selain ASI. Pada saat inilah preferensi makanannya mulai ditentukan.

  • Membantu Memperbaiki Mood

Meski terdengar asing, ikan salmon bisa jadi alternatif pembangkit mood selain cokelat. Hal ini terkait kemampuan omega 3 dalam menekan inflamasi dan menyediakan dukungan terhadap kesehatan emosional. Hampir 30% dari sel-sel otak terdiri dari DHA dan banyak peneliti yang menyebut kalau salah satu faktor depresi adalah defisiensi omega 3.

  • Paket Lengkap Vitamin B

Populernya ikan salmon sebagai makanan dengan nutrisi padat juga berangkat dari komponen bermacam-macam vitamin B di dalamnya. Ikan salmon sendiri menyimpan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12.

 

Masing-masing dari vitamin tersebut punya peran besar dalam memaksimalkan kesehatan tubuh. Kombinasi vitamin B ini memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

  • Mencegah osteoporosis dan risiko patah tulang
  • Memulihkan masalah pencernaan
  • Membantu meningkatkan metabolisme tubuh
  • Menaikkan fungsi otak
  • Memastikan energi tubuh tetap prima

 

Banyak manfaat ikan salmon yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan ikan ini pun disebut sebagai spesies kunci sebab dampaknya yang besar terhadap ekosistemnya, seperti yang diutarakan WWF. Karena itu, kita perlu melestarikan ikan ini dan lingkungannya. Bukannya hanya mengambil keuntungan dari dagingnya yang padat nutrisi.

 

Baca juga:

Jovee Everyday Vit: Suplemen Minyak Ikan dan Multivitamin dengan Segudang Manfaat

6 Manfaat Menakjubkan Minyak Ikan untuk Kesehatan

Suplemen Fish Collagen, Rahasia Kulit Tampak Awet Muda

Temukan vitamin terlengkap dari A ke Z(inc) serta konsultasi nutrisionis gratis hanya di Jovee. Dapatkan pula rekomendasi suplemen yang paling cocok denganmu lewat aplikasi Jovee. Unduh sekarang di Play Store atau App Store!

 

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Link R. 2018. Salmon Nutrition: Wild-Caught Salmon Protects The Brain, Bones, Eyes, Skin & More.

Nutrition Data. n.d. Fish, Salmon, Atlantic, Farmed, Cooked, Dry Heat Nutrition Facts & Calories.

Strachan Y, 2012. Omega-3 In Fish: Why Salmon Is Healthy For Pregnant Women.

Mayo Clinic. 2020. Preeclampsia.

Ware M. 2017. Health Benefits Of Salmon.

Biswas C. 2019. 15 Benefits Of Salmon.

Brewer S. 2017. Salmon Baby Food Gives A Nutritional Boost To Infants And Toddlers.

Crochetiere H. 2015. Did You Know? 10 Amazing Things About Salmon.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022
apakah-nanas-bisa-mencegah-kehamilan

Apakah Nanas Bisa Mencegah Kehamilan?

Makanan Sehat   09/05/2022
manfaat-buah-lingonberry

Kaya Antioksidan, Kenali 7 Manfaat Buah Lingonberry bagi Kesehatan

Makanan Sehat   28/04/2022