fbpx
BerandaMakanan Sehat30 Jenis Makanan dengan Kandungan Sodium Tinggi

Manusia membutuhkan mineral bagi tubuh agar berfungsi dengan baik dan menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Masyarakat beranggapan jika sodium alias garam baik untuk tubuh. Padahal apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, natrium klorida ini dapat menyebabkan hipertensi (darah tinggi).

30 Jenis Makanan dengan Kandungan SodiumTinggi

Berdasarkan Reference Daily Intake (RDI), natrium yang dikonsumsi sebaiknya sekitar 2.300 mg. Namun, di Amerika Serikat rata-rata mengkonsumsi natrium sekitar 3.400 mg. Tentunya hal tersebut jauh lebih tinggi dari batas normal natrium yang harus dikonsumsi manusia.

Masalah ini diduga karena makanan kemasan dan restoran seringkali menggunakan pengocok garam. Beberapa diantaranya juga ada yang mengandung pengawet serta bahan aditif makanan lainnya.

Jenis makanan yang memiliki kadar sodium atau natrium yang tinggi tidak hanya makanan yang banyak ditambahi garam atau yang berasa asin saja. Natrium sendiri banyak ditemukan tidak hanya pada garam dapur yang berbentuk natrium klorida, namun juga pengawet dalam bentuk natrium benzoat, baking powder dan baking soda dalam kue Anda dalam bentuk natrium bikarbonat, dan penguat rasa dalam bentuk monosodium glutamat atau MSG. Sehingga makanan yang diawetkan dalam kemasan atau kaleng, makanan yang banyak ditambahi garam dan MSG serta beberapa jenis kue dan cake dapat mengandung tinggi natrium.

Beragam Makanan dengan Kandungan Sodium Tinggi

1. Udang

Udang kemasan yang memiliki bobot 85 gram mengandung 800 mg natrium. Pilihlah udang segar yang baru saja ditangkap atau udang beku tanpa garam maupun zat aditif lainnya.

2. Sup Kemasan Kaleng

Sup kemasan kaleng yang banyak dijumpai di restoran rata-rata memiliki kandungan 700 mg natrium setiap 245 gram. Sup kemasan biasanya mengandung monosodium glutamat (MSG) dan ditambah dengan garam dan pengawet yang mengandung natrium benzoat.

3. Ham

Ham biasanya diberi zat aditif tambahan berupa sodium untuk membumbui daging tersebut. Sebanyak 85 gram ham panggang rata-rata memiliki 1.117 mg sodium.

Jadi, sebaiknya konsumsilah ham dengan jumlah yang kecil lebih disarankan daripada memakannya dengan satu porsi penuh.

4. Puding Instan

Puding identik dengan rasa manis. Namun ternyata, makanan kemasan tersebut mengandung natrium sebagai bahan pengentalnya. Dua puluh lima gram puding instan mengandung 350 mg natrium untuk membuat setengah porsi cangkir. Padahal untuk puding biasa dengan jumlah yang sama hanya mengandung 135 mg natrium.

5. Keju Cottage

Jenis keju ini memiliki kandungan natrium rata-rata 350 mg sebagai pengawet.Jadi, keju ini perlu dilakukan pembilasan dengan air mengalir selama 3 menit. Kemudian keringkan untuk mengurangi kandungan sodiumnya hingga 63%.

6. Jus Sayuran Kemasan

Satu porsi jus sayuran 240 mL dapat mengandung sodium 405 mg yang didapat dari pengawet. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencari merek yang menawarkan jus sayuran dengan rendah sodium

7. Saus Salad

Saus salad mengandung MSG dengan bobot 28 mg rata-rata mengandung 304 mg natrium.Makanya, Anda perlu selektif dalam berbelanja saus salad dengan memilih yang rendah sodium atau membuat sendiri.

8. Pizza

Bahan yang digunakan seperti keju, saus, adonan, dan juga daging mengandung banyak natrium apabila dikombinasikan. Satu potongan besar pizza atau sekitar 140 gram mengandung, rata-rata, 957 mg natrium. Guna mengurangi asupan natrium, usahakan makan pizza cukup dengan satu iris saja.

9. Roti lapis

Roti lapis, atau bahasa kerennya sandwich, dengan ukuran 6 inci rata-rata mengandung 1.127 mg natrium dengan bahan dasar instan atau yang sudah diawetkan. Untuk mengurangi natrium maka hindari bahan instan.

10. Kaldu

Dalam kaldu kemasan 240 mL, rata-rata terdapat 782 mg natrium. Maka dari itu, gunakanlah kaldu dengan natrium yang penyajiannya 25% lebih rendah.

11. Kentang Kotak

Kentang kotak kemasan mengandung MSG dengan takaran 27 gram memiliki 450 mg natrium. Sehingga lebih baik menukar kentang tersebut dengan yang lebih bergizi lainnya.

12. Kulit Babi

Dua puluh delapan gram kulit babi mengandung 515 mg natrium. Anda bisa memilih alternatif makanan ini yang tentunya mengandung sodium lebih rendah.

13. Sayur Kaleng

Sebanyak 124 gram sayur kaleng mengandung 310 mg natrium. Inilah pentingnya mencuci sayur kaleng sebelum mengonsumsinya. Setelah dicuci, jangan lupa dikeringkan.

14. Keju Olahan

Keju olahan28 gram mengandung 377 mg natrium. Anda bisa memilih keju Swiss atau Mozzarella sebagai pengganti keju olahan.

15. Dendeng

Dalam28 gram dendeng sapi mengandung 620 mg natrium. Carilah dendeng sapi dengan kandungan natrium yang rendah. Atau pilihlah dendeng dari daging sapi yang diberi makan rumput organik.

16. Tortilla

Pada55 gram tortilla, rata-rata, terdapat 391 mg natrium. Sebaiknya konsumsilah gandum utuh.

17. Daging Asap

Daging asap dingin sebesar 55 gram mengandung 497 mg natrium. Sehingga daging segar menjadi pilihan yang baik.

18. Pretzel

Dengan bobot 28gr rata-rata mengandung 322 mg natrium. Anda bisa memilih jenis pretzel tanpa garam untuk mengurangi asupan sodium.

19. Acar

Acar 28 gram memiliki kandungan natrium sebesar 241 mg. Jalan terbaiknya yaitu kurangi porsi acar ketika makan.

20. Saus dan Kecap

Satu sendok makan saja sudah mengandung 1.024 mg natrium. Karenanya, kurangilah penggunaan saus dan kecap sebagai bahan masakan dan penyedap rasa.

21. Hot dog

Hot dog kemasan dapat mengandung 578 mg natrium.

22. Saus Tomat

Di dalam 62 gram saus tomat 62 gram terdapat 321 mg natrium. Tapi sekarang, sudah banyak juga saus tomat kemasan tanpa garam di pasaran.

23. Roti

Memilih porsi roti yang lebih kecil akan lebih baik untuk menghindari 400 mg natrium. Anda juga bisa mengonsumsi roti gandum utuh.

24. Makanan Laut

Memilih produk kalengan dengan kandungan natrium yang rendah atau beli makanan laut segar akan lebih baik untuk menghindari kelebihan asupan natrium.

25. Pasta

Membuat sendiri pasta akan lebih membuat tubuh sehat dan menjauhi kandungan natrium rata-rata 575 mg natrium.

26. Biskuit

Biskuit mengandung 528 gram natrium, sehingga batasi dalam mengonsumsi biskuit.

27. Makaroni

Makaroni mengandung 475 mg natrium, makanya Anda sebaiknya konsumsi dengan sayuran akan menguranginya.

28. Frozen Food (makanan beku)

Batas makanan beku yang sehat yaitu mengandung 600 mg natrium.

29. Kacang Panggang

Bilas dan keringkan sebelum mengonsumsi untuk mengurangi 524 mg natrium yang ada pada produk kemasannya.

30. Sosis

Terdapat 415 mg natrium pada sosis sehingga harus dibatasi pengonsumsiannya.

Agar sehat maka usahakan konsumsi natrium dengan tidak lebih dari 2.300 mg supaya terhindar dari hipertensi seiring bertambahnya usia.

Menurut Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee, untuk menghindari konsumsi natrium berlebih ada tips tertentu pastinya, seperti menggunakan bumbu dapur segar untuk menambah cita rasa dan mengganti jumlah garam dalam masakan.

Selain itu, belilah bahan makanan segar dan mengurangi makanan kemasan atau makanan yang diawetkan atau diasinkan. Sebagai contoh Anda dapat membeli ayam dan bumbu segar seperti bawang putih, bawang merah dan kunyit untuk memasak ayam kunyit dibanding membeli ayam dengan bumbu kuning kemasan siap jadi.

TIngkatkan konsumsi sayur dan buah yang tinggi kalium dan rendah natrium. Untuk memastikan kebutuhan nutrisi harian terpenuhi, coba konsumsi multivitamin Renovit Gold (Rp 85. 599) dari Konimex. Dengan kombinasi multivitamin dan mineral yang lengkap dan seimbang, Renovit Gold dapat membantu memelihara daya tahan tubuh.

Ingin mulai gaya hidup sehat? Kunjungi Jovee Official Shop untuk mendapatkan vitamin dan suplemen kesehatan. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022