fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat4 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal pastinya merupakan impian banyak orang, termasuk wanita. Kenaikan berat badan pada dasarnya disebabkan oleh energi berlebih yang didapatkan tubuh tidak sebanding dengan energi yang dikeluarkan. Sebenarnya, berat badan berlebih bukanlah hal yang terjadi dalam satu malam. Ada sejumlah kebiasan-kebiasan buruk yang terus dilakukan, sehingga terjadi penumpukan lemak berlebih di tubuh.

Penumpukan lemak ini bisa menyebabkan munculnya kulit yang menggelambir, sehingga membuat turunnya kepercayaan diri. Hingga saat ini, telah banyak cara dan strategi alternatif untuk menurunkan berat badan yang tersebar di masyarakat. Bahkan, telah muncul pula sejumlah produk pelangsing yang diklaim bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat.

Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, mungkin kamu akan bingung pada cara dan strategi penurunan berat badan mana yang harus dilakukan. Berikut ini adalah sejumlah cara menurunkan berat badan yang bisa kamu coba. Yuk, simak selengkapnya!

Bagaimana menentukan berat badan yang ideal?

Untuk mengetahui berat badan yang ideal, kamu bisa mengunjungi dokter atau berkonsultasi dengan ahli gizi. Hal ini karena berat badan ideal setiap orang berbeda-beda. Namun, jika kamu merasa telah alami obesitas, kamu bisa memperkirakan berat badan ideal dengan mengukur BMI tubuhmu.

manfaat-ms-glow-black

Berat badan ideal dapat ditentukan atau diukur dengan menggunakan perhitungan body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT). BMI merupakan pengukuran lemak tubuh yang berdasarkan pada berat dan tinggi badan. Cara menghitung BMI adalah sebagai berikut.

Semakin tinggi hasil perhitungan BMI, berarti semakin tinggi pula kadar lemak dalam tubuhmu. Berikut kategori berat berat badan berdasarkan hasil BMI yang didapatkan.

  • Di bawah 18.5 = berat badan kurang
  • 18.5 – 22.9 = berat badan normal
  • 23 – 29.9 = berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
  • Di atas 30 = obesitas

Perlu diperhatikan, bahwa hasil BMI tidaklah jadi penentu akurat berat badan ideal yang perlu kamu capai. Kamu juga perlu untuk menghitung massa otot serta menghitung jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuhmu. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan berat badan ideal yang perlu dicapai.

Cara menurunkan berat badan dengan benar

Untuk mencegah obesitas dan penyakit lainnya, sebaiknya kamu melakukan sejumlah cara berikut untuk dapatkan berat badan yang sehat.

Terapkan pola makan sehat

Menerapkan pola makan sehat yang bergizi seimbang bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Umumnya, obesitas atau berat badan berlebih disebabkan oleh makanan tidak sehat tinggi kalori, seperti junk food, makanan cepat saji, dan jajanan kekinian yang tinggi kandungan gula.

Jika kamu mengonsumsi kalori lebih banyak daripada kalori yang dibakar menjadi energi, besar kemungkinan kamu akan mendapatkan lemak berlebih di tubuhmu. Maka dari itu, hindari cemilan-cemilan tidak sehat dan ganti dengan cemilan kaya serat seperti buah-buahan yang baik untuk metabolisme tubuh.

Kelola stress

Stres akut bisa jadi penyebab kenaikan berat badan. Tingginya hormon kortisol memicu rasa lapar menjadi lebih besar, terutama keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori yang menyebabkan kenaikan berat badan. Mengelola stres dengan baik bisa membantu tubuh untuk mengontrol ‘rasa lapar’. Kamu bisa coba lakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, atau puasa untuk menurunkan stres berlebih.

Dapatkan tidur yang cukup

Tidur merupakan kegiatan yang sangat vital bagi kesehatan tubuh. Terus menerus kurang tidur bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan juga pengaruh negatif pada kesehatan lainnya. Dengan mendapatkan tidur yang cukup 8 jam setiap harinya, kamu bisa mencegah kenaikan berat badan yang signifikan. Jika kamu alami kesulitan tidur, kamu bisa coba untuk mengurangi asupan kafein dan disiplin dalam menentukan jam tidur.

Olahraga rutin

Nah, cara menurunkan berat badan yang satu ini tentunya sudah pasti kamu ketahui. Walaupun terasa berat untuk dilakukan dengan konsisten, olahraga bisa berperan besar jika kamu ingin dapatkan berat dan bentuk badan yang ideal.

Tak perlu lakukan olahraga berat, kamu bisa mulai dari olahraga ringan terlebih dahulu untuk penyesuaian. Setelah tubuh sudah mulai terbiasa, kamu bisa melakukan olahraga jenis kardio tinggi seperti push up, squat, atau skipping untuk membakar kalori lebih banyak.

Bisakah menurunkan berat badan dengan minuman pelangsing ?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kenaikan berat badan disebabkan oleh jumlah kalori yang dibakar tidak sebanyak kalori yang masuk, sehingga terjadilah penumpukan lemak di tubuh. Jika dilihat lebih lanjut, sejumlah produk suplemen pelangsing mengandung bahan-bahan yang berperan dalam proses metabolisme tubuh. Sehingga, apabila metabolisme bekerja dengan baik, kalori yang diperlukan juga jadi semakin besar. Dengan begitu, diharapkan terjadi penurunan berat badan.

Namun, sebelum kamu coba mengonsumsi suplemen minuman pelangsing, perlu diperhatikan untuk memastikan produk tersebut sudah terdaftar dalam BPOM ya, Jovians. Baca juga kandungannya dengan baik dan cari tahu apa saja manfaat dari kandungan-kandungan tersebut. Pastikan juga untuk mengikuti aturan minum dengan baik, dan segera hentikan penggunaan jika muncul efek samping yang berkepanjangan.

Mengenal Ms Glow Black

Ms Glow Black adalah minuman serbuk pelangsing, yang diklaim punya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk membantu proses metabolisme tubuh. Terbuat dari ekstrak buah plum yang kaya akan serat, serbuk minuman pelangsing ini juga kaya akan antioksidan dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada sejumlah manfaat Ms Glow Black, di antaranya yakni membantu melancarkan pencernaan, membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh, hingga membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

Tentunya, sejumlah manfaat Ms Glow Black ini hanya bisa diperoleh dengan penggunaan yang rutin. Aturan pakai yang dianjurkan adalah dua kali sehari, setelah sarapan di pagi hari dan di jam 6 sore sebelum makan.

Nah, itulah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Itulah sejumlah rekomendasi basic skincare yang baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Ingin dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya di Jovee. Unduh juga aplikasinya di PlayStore dan AppStore untuk dapatkan notifikasi promo menarik dan rekomendasi vitamin harian personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-self-talk

Manfaat Positive Self Talk bagi Kesehatan Mental

Gaya Hidup Sehat   22/07/2022
cabin-fever-adalah

Mengenal Cabin Fever dan Cara Mengatasinya

Gaya Hidup Sehat   18/07/2022
perbedaan-stres-dan-depresi

Stres dan Depresi, Apa Perbedaanya?

Uncategorized   13/07/2022
chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022
cara-mengontrol-berat-badan-saat-hamil

6 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Gaya Hidup Sehat   07/06/2022