fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat4 Faktor Pemicu Tumbuhnya Uban Rambut

Pada dasarnya, tumbuhnya uban pada rambut orang Asia dimulai sejak usia 30 tahun. Makanya, kemunculan uban sebelum 30 tahun seringkali dianggap terlalu dini. Rambut berwarna keabuan ini membuat beberapa orang jadi tidak percaya diri dengan penampilannya. Uban juga terkadang menimbulkan rasa gatal. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kalau merasa pertumbuhan uban tidak normal atau terlalu cepat.

4 Faktor Pemicu Tumbuhnya Uban Rambut

Penyebab Kemunculan Uban Rambut

Uban memang identik dengan usia tua. Akan tetapi, beberapa orang mengalami pertumbuhan uban yang lebih cepat. Tidak hanya rambut di kepala, perubahan warna keabuan ini juga terjadi pada rambut-rambut lain di tubuh Anda. Perubahan warna akan dimulai pada rambut yang ada di dalam hidung kemudian kepala, jenggot, dan terakhir adalah alis.

Tumbuhnya uban yang terlalu cepat ini diduga bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya kadar melanin. Melanin merupakan suatu senyawa kimia yang bertanggung jawab terhadap pewarnaan folikel rambut. Zat pewarna tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu:

  • Eumelanin: warna dominan yang membuat rambut lebih gelap, biasanya cokelat tua atau hitam.
  • Pheomelanin: warna dominan yang membuat rambut lebih terang, biasanya pirang.

Seiring bertambahnya usia, pigmen warna ini mulai berkurang, bahkan mati. Tanpa zat pewarnanya, helai rambut baru akan tumbuh dengan warna yang lebih terang. Mulai dari warna abu-abu, silver, dan akhirnya putih. Saat folikel rambut berhenti memproduksi melanin, helaian rambut Anda tidak lagi memiliki warna.

Selain itu, munculnya uban juga seringkali disebabkan karena adanya kerusakan sel yang semakin bertambah akibat dari penuaan. Lantas, apa yang menyebabkan uban tumbuh di usia muda?Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi munculnya uban terlalu cepat, diantaranya:

1. Genetik

Mungkin, Anda beranggapan bahwa stres adalah penyebab munculnya uban di usia muda. Tetapi ternyata, faktor utama tumbuhnya uban terlalu dini adalah gen. Artinya, ada anggota keluarga Anda yang telah memiliki uban di usia 30 tahun dan kemungkinan Anda juga akan mengalaminya. Anda bisa mengakalinya dengan mengecat rambut berwarna cokelat tua.

2. Tingkat Stres yang Tinggi

Seseorang yang mempunyai tingkat stres tinggi sering menjumpai rambut uban yang tumbuh sejak dini. Stres yang dimaksud adalah stres oksidatif akibat tingginya senyawa radikal bebas, sehingga merusak sel-sel tubuh. Dalam hal ini, zat antioksidan dalam tubuh tidak dapat melawan efek radikal bebas tersebut. Molekul radikal bebas sangat tidak stabil, sehingga dapat merusak sel tubuh, berkontribusi dalam penuaan dini, serta meningkatkan risiko penyakit kronis.

3. Penggunaan Bahan Kimia secara Berlebihan

Proses pewarnaan rambut atau penggunaan bahan kimia yang secara berlebihan ternyata juga dapat memicu kemunculan uban secara tidak normal. Jika Anda memang ingin mewarnai rambut, usahakan pilih produk dengan bahan alami atau yang kandungan zat kimianya lebih sedikit. Selain itu, Anda juga disarankan untuk menghindari produk cat rambut yang mempunyai kandungan hidrogen peroksida. Zat kimia tersebut akan mempercepat dan memicu pertumbuhan uban.

4. Masalah Kesehatan Tertentu

Kemunculan uban juga dapat disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu. Biasanya, kondisi seperti ini merupakan kelainan atau bawaan genetik. Misalnya seperti penyakit albino, yaitu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak mempunyai pigmen warna pada mata, kulit, maupun rambut. Makanya, mereka akan terlihat lebih pucat atau putih.

Tidak hanya albino saja yang menjadi penyebab kemunculan uban sejak dini, melainkan juga vitiligo. Kondisi autoimun ini dapat menyebabkan beberapa bagian kulit dan rambut kehilangan pigmen warnanya. Gangguan pada bagian kelenjar pituitari ataupun kelenjar tiroid juga dapat menimbulkan kemunculan uban terlalu cepat.

Bukan cuma itu, kekurangan vitamin B12 ternyata bisa pula memengaruhi kemunculan uban terlalu dini. Asupan vitamin E yang tidak tercukupi secara tidak langsung berkontribusi terhadap penuaan dini, sehingga mengubah warna rambut menjadi putih. Anda dapat mengkonsumsi Wellness Natural Vitamin E – Antioksidan Lawan Radikal Bebas (Rp467.500) untuk memenuhi kebutuhan Vitamin E harian Anda.

Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

ciri-ciri orang vegetarian

Seperti Apakah Ciri-ciri Orang Vegetarian?

Gaya Hidup Sehat   20/04/2023

Menu Puasa untuk Bentuk Tubuh Ideal

Gaya Hidup Sehat   30/03/2023

Tips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Kesehatan Kulit   27/03/2023

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Gaya Hidup Sehat   27/02/2023

Bye Bye Acne, Ini Dia Rekomendasi Sabun untuk Jerawat Punggung

Kesehatan Kulit   31/01/2023