fbpx
BerandaVitamin & Suplemen4 Jenis Vitamin Penambah Nafsu Makan

Istilah nafsu makan paling sering digunakan untuk merujuk pada keinginan makan. Ada sejumlah hal yang mungkin berkontribusi pada penurunan nafsu makan, termasuk tahap perkembangan atau kondisi medis. Penurunan nafsu makan dapat menyebabkan penurunan pola makan.

vitamin penambah nafsu makan

Anda mungkin membutuhkan perangsang nafsu makan jika nafsu makan Anda menurun sampai ke titik di mana Anda tidak memiliki cukup nutrisi. Penambah nafsu makan bisa menjadi pilihan Anda. Dalam beberapa kasus, Anda juga bisa merangsang nafsu makan dengan perubahan gaya hidup.

Jenis Vitamin Penambah Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan biasanya disebabkan oleh suatu hal, bisa berupa kondisi medis atau tahapan perkembangan tertentu. Beberapa penyebab penurunan nafsu makan yang paling umum meliputi gangguan psikologis, kanker, gangguan gastrointestinal, penyakit kronis, infeksi kronis, obat-obatan, bertambahnya usia dan perlambatan metabolisme, dan perubahan hormonal.

Pada bayi dan balita, penyebab penurunan nafsu makan atau asupan makanan yang buruk meliputi alergi makanan, stres keluarga, dipaksa makan terlalu banyak, kurang variasi makanan dan tekstur di usia muda, asupan susu atau jus yang berlebihan di antara waktu makan, perkembangan otonomi tubuh, kesulitan makan dini, kecenderungan genetik, waktu makan yang tidak terstruktur, dan penundaan pengenalan padatan berumur 9 bulan terakhir.

Sedangkan penyebab asupan makanan yang buruk atau penurunan nafsu makan pada orang dewasa yang lebih tua meliputi demensia, depresi, gangguan neurologis atau muskuloskeletal, kurangnya persahabatan atau suasana sosial untuk makan, indra penciuman dan perasa menurun, kesulitan mendapatkan atau menyiapkan makanan, perubahan gastrointestinal, penurunan pengeluaran energi, perubahan hormonal, serta obat yang memengaruhi indera perasa.

Untuk mengatasi penurunan nafsu makan, dibutuhkan vitamin, mineral, dan herbal yang mampu merangsang nafsu makan. Dalam beberapa kasus, asupan nutrisi tersebut efektif dalam mengobati kekurangan vitamin dan mineral yang memengaruhi nafsu makan.

Beberapa orang juga memilih menggunakan produk untuk merangsang nafsu makan mereka. Meski produk penambah nafsu makan identik untuk kalangan anak-anak, ada juga produk seperti vitamin penambah nafsu makan dewasa yang banyak dijual di pasaran. Suplemen dan vitamin penambah nafsu makan dewasa atau anak setidaknya menyimpan beberapa nutrisi berikut ini.

1. Seng

Seng memiliki fungsi penting di tubuh dengan mencegah terhambatnya pertumbuhan, diare akut pada anak-anak, luka sulit sembuh dan kurangnya nafsu makan serta gangguan pada fungsi pengecap lidah. Sehingga mencukupi kebutuhan harian akan seng baik dalam bentuk makanan atau suplemen dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

2. Minyak ikan

Minyak ikan bisa merangsang nafsu makan. Selain itu juga dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi rasa kembung atau kenyang pada lambung yang dapat membuat Anda tidak makan. Asam lemak omega-3 yang terkandung di minyak ikan sangat baik untuk tubuh dan dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan dan mengurangi rasa penuh di perut saat makan.

Minyak ikan dianggap aman digunakan untuk orang dewasa yang tidak memiliki alergi ikan. Penting untuk konsultasi dengan dokter sebelum memberikan suplemen kepada anak-anak yang masih sangat kecil. Anda juga bisa mendapatkan minyak ikan di Jovee yaitu Blackmores Odourless Fish Oil (Rp 65.835).

3. Asam Folat (vitamin B9)

Vitamin ini memiliki peranan penting pada pembentukan DNA, RNA dan sel-sel baru di tubuh. Asam folat sebagai vitamin B kompleks dapat berfungsi sebagai pemecah karbohidrat dan lemak menjadi energi dengan mengaktifkan koenzim tertentu sehingga proses metabolisme meningkat.

Keadaan metabolisme yang baik ini dapat berefek positif untuk peningkatan nafsu makan. Bagi Anda yang kekurangan nutrisi asam folat diketahui dapat memicu turunnya nafsu makan. Sehingga mencukupi kebutuhan asam folat dianggap penting untuk usaha meningkatkan nafsu makan. Anda bisa mendapatkan asam folat dari Blackmores I-folic (Rp 182.486).

4. Tiamin (vitamin B1)

Tiamin memiliki peranan penting dalam metabolisme karbohidrat menjadi energi. Apabila tubuh Anda kekurangan vitamin ini, maka tubuh akan kesulitan menghasilkan energi sehingga muncul rasa lelah dan kurang nafsu makan. Sehingga mencukupi kebutuhan harian tiamin akan membantu meningkatkan nafsu makan.

Selain beberapa jenis vitamin nafsu makan tersebut, terdapat juga beberapa bahan herbal yang sudah lebih dulu digunakan dan dikenal mampu memberikan efek peningkatan nafsu makan. Herbal Echinacea dikenal ampuh meningkatkan imunitas tubuh sehingga membantu menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan senyawa alkil amina yang dikandungnya dapat meningkatkan nafsu makan.

Ada pula herbal ekstrak temulawak yang sudah terkenal dalam pengobatan tradisional Indonesia sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan serta menjaga kesehatan pencernaan. Bentuk suplemennya kerap dikomposisikan dengan mineral dan vitamin nafsu makan.

Salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin B adalah dengan mengonsumsi Natures Plus B Complex (Rp 190.000). Nature Plus B complex adalah vitamin yang mengandung b compleks yang diperlukan untuk menjaga kelangsungan fungsi sel-sel tubuh dan sistem metabolisme tubuh. Dikenal sebagai vitamin anti stres / vitamin saraf.

Perubahan Gaya Hidup Untuk Merangsang Nafsu Makan

Cara alami untuk meningkatkan nafsu makan adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup. Anda bisa melakukan olahraga teratur yang dapat membantu meningkatkan rasa lapar akibat meningkatnya pengeluaran energi. Anda juga bisa menjadikan waktu makan lebih menyenangkan dengan makan bersama teman dan keluarga, atau sambil menonton acara favorit.

Anda juga perlu mencoba mengubah menu Anda, dengan membuat buku harian makanan yang akan membantu melacak kemajuan dan memastikan makan cukup kalori. Jangan sampai Anda melewatkan waktu makan. Pertimbangkan pula untuk meminum sebagian kalori serta makan lebih sedikit serat (karena makanan yang tinggi serat akan membuat Anda cepat kenyang sehingga nafsu makan berkurang).

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Atau Anda dapat langsung konsultasi dengan dokter secara online menggunakan aplikasi Lifepack.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

amunizer-adalah

Amunizer, Suplemen Herbal Peningkat Sistem Imun

Vitamin & Suplemen   10/08/2022
vitamin-anak-yang-mengandung-zinc

Pentingnya Vitamin C dan Zinc untuk Anak

Vitamin & Suplemen   11/07/2022
blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022