fbpx
BerandaVitamin & Suplemen4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Jadi hal yang dinanti-nanti, momen anak berjalan adalah momen yang paling ditunggu orang tua. Sayangnya, beberapa anak dapat alami keterlambatan berjalan. Hal ini tentu membuat orang tua merasa cemas dan khawatir.

vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

Apa penyebab anak terlambat jalan? Dalam artikel ini, Jovee akan memberikan penjelasan lengkap berikut sejumlah rekomendasi vitamin untuk anak terlambat jalan. Yuk, simak selengkapnya!

Penyebab anak terlambat jalan

Ada banyak faktor yang dapat membuat anak terlambat jalan. Umumnya, anak akan mulai berjalan pada usia 11 hingga 16 bulan (usia 1–1,5 tahun). Hanya saja, pada beberapa anak, momen ini dapat tertunda. Jika anak belum berjalan hingga usia 18 bulan, segera temui dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Apa penyebab anak terlambat berjalan? Dilansir dari Medicinet, hal-hal yang dapat menjadi penyebab kondisi ini meliputi:

  • Kelainan saraf. Gangguan saraf tertentu seperti cerebral palsy atau sindrom Down dapat menunda fase berjalan anak.
  • Distrofi otot atau gangguan pada otot. Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari keterlambatan berjalan pada anak-anak dan membutuhkan perhatian medis secepatnya.
  • Kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D pada anak dapat memicu rakitis, yang mana berkaitan dengan perkembangan tulang bayi.
  • Rakitis. Penyakit ini menyerang tulang bayi, yang dapat menyebabkan keterlambatan berjalan pada anak.
  • Hipotiroidisme. Tiroid yang kurang aktif dapat menyebabkan otot melemah, sehingga menunda momen berjalan anak.
  • Kurangnya stimulasi motorik kasar dan berjalan anak. Beberapa anak yang mengalami keterlambatan berjalan dapat dipicu oleh kurangnya stimulus pada kemampuan motoriknya.
  • Hindari penggunaan baby walker, karena dapat menghambat pertumbuhan otot-otot kaki anak.
  • Bayi prematur. Bayi prematur diperkirakan akan mengalami keterlambatan pada perkembangannya, termasuk keterlambatan berjalan.

Agar penangangan dapat dilakukan lebih cepat, orang tua perlu mengenali ciri-ciri anak terlambat jalan berikut. Segera periksakan anak ke dokter jika:

  • Anak tidak dapat duduk sendiri di usia 9 bulan
  • Anak tidak dapat berdiri sendiri di usia 12 bulan
  • Anak tidak dapat berjalan dengan seimbang di usia 16–23 bulan
  • Anak secara konsisten berjalan dengan berjinjit

Jika anak tidak dapat berjalan pada usia 16 sampai 23 bulan, pemeriksaan medis perlu dilakukan untuk memeriksa kekuatan otot, gerak, dan fleksibilitas persendiannya.

Rekomendasi vitamin untuk anak terlambat jalan

Kekurangan vitamin D merupakan salah satu penyebab anak terlambat jalan. Dukung pertumbuhan dan perkembangan tulang anak jadi lebih kuat, kamu bisa coba berikan sejumlah vitamin untuk anak terlambat jalan berikut ini.

1. Apialys Drop

Dapat diberikan pada anak usia di bawah 12 bulan, Apialys Drop mengandung multivitamin dan mineral yang bantu tumbuh kembang tulang anak. Tak hanya itu, suplemen penambah nafsu makan anak ini juga meningkatkan kinerja daya tahan tubuh, sehingga cocok digunakan pasca sakit untuk mempercepat pemulihan.

2. Sakatonik ABC

Hadir dengan rasa jeruk dan anggur yang enak, Sakatonik ABC aman diberikan pada anak usia di bawah 2 tahun. Dilengkapi dengan kalsium dan vitamin D3 100IU yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak, multivitamin ini juga menunjang sistem kekebalan tubuh anak, sehingga anak jadi tak gampang sakit.

3. Biolysin Sirup

Dengan kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral, Biolysin Sirup multivitamin anak bermanfaat untuk memelihara daya tahan tubuh, memenuhi kebutuhan vitamin harian dan membantu memperbaiki nafsu makan anak. Mengandung vitamin D3 100IU, berikan setengah sendok takar per hari pada anak usia di bawah 1 tahun.

4. Curcuma Plus Grow Emulsion

Buat anak aktif berenergi dengan Curcuma Plus Grow Emulsion. Mengandung cod liver oil, ekstrak curcuma, dan 7 vitamin lainnya yang baik untuk daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan anak. Dilengkapi kalsium dan vitamin D3, berikan vitamin untuk cegah anak terlambat jalan ini dengan dosis setengah sendok makan pada anak usia 6–12 bulan untuk menunjang pertumbuhan tulang dan giginya.

Tak hanya memenuhi asupan vitamin dan mineral, pastikan juga untuk terus menstimulasi anak berjalan. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai anak terlambat berjalan dari Jovee.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin untuk mengecilkan kista ovarium

Mengenal Jenis-jenis Makanan, Suplemen, dan Vitamin untuk Mengecilkan Kista Ovarium

Vitamin & Suplemen   16/07/2023
vitamin untuk kebas dan kesemutan

Vitamin Untuk Kebas dan Kesemutan, Wajib Tahu Nih!

Vitamin & Suplemen   15/07/2023
vitamin untuk meningkatkan hormon testosteron

Jenis-jenis Vitamin untuk Meningkatkan Hormon Testosteron

Vitamin & Suplemen   14/07/2023
vitamin untuk kepala kliyengan

Vitamin untuk Kepala Kliyengan, Cewek-cewek Wajib Tahu!

Uncategorized   13/07/2023

Pilihan Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Vitamin & Suplemen   27/02/2023