fbpx
BerandaKesehatan Lainnya5 Cara Mencegah Kehamilan secara Alami

Memiliki anak mungkin adalah impian bagi banyak pasangan. Namun, ada juga pasangan yang ingin menunda punya anak setelah menikah. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menunda kehamilan. Salah satu cara yang paling mudah adalah mengonsumsi obat kontrasepsi. Sayangnya, efek samping yang ditimbulkan dari obat kontrasepsi sering kali membuat ragu orang-orang untuk mengonsumsinya. Namun jangan khawatir, selain obat kontrasepsi, ada juga beberapa cara mencegah kehamilan secara alami yang dapat kamu coba. Yuk, simak penjelasan Jovee berikut ini!

cara-mencegah-kehamilan

Cara mencegah kehamilan secara alami

Kontrasepsi alami adalah metode mencegah kehamilan tanpa menggunakan obat-obatan atau alat fisik. Metode-metode pencegahan ini dilakukan berdasarkan kesadaran dan pengamatan pada tubuh wanita dan siklus menstruasi. Berikut ini 6 cara alami untuk mencegah kehamilan yang dapat dilakukan.

1. Jangan berhubungan di masa ovulasi

Masa ovulasi atau masa subur adalah kondisi ketika ovarium melepaskan sel telur untuk pembuahan. Jika terdapat sel sperma dalam rahim, maka kehamilan akan terjadi. Masa ovulasi pada setiap wanita bervariasi. Mengingat siklus menstruasi wanita pada umumnya adalah 28 hari, hindari berhubungan seks di hari ke-7 hingga hari ke-21 untuk mencegah kehamilan.

Cara mencegah kehamilan secara alami dengan metode ini tergantung pada seberapa akurat kamu dapat memprediksi hari ovulasi dan pembuahan. Menurut CDC, metode ini memiliki tingkat keefektifan sebesar 76% untuk cegah kehamilan jika dilakukan dengan akurat. Kamu bisa menghitung masa ovulasi ini dengan melacak siklus menstruasi di kalender, atau menggunakan aplikasi pelacak siklus menstruasi. Jika kamu berhasil menghitung masa ovulasi dengan tepat, besar kemungkinan kehamilan dapat dicegah.

2. Lakukan ejakulasi di luar rahim

Metode ini merupakan cara lain untuk mencegah kehamilan secara alami. Pada metode ini, pria akan mengeluarkan penis dari vagina sesaat sebelum ejakulasi untuk mencegah sel sperma masuk ke dalam vagina. Penarikan harus dilakukan tepat sebelum air mani keluar, karena setetes air mani dapat menyebabkan kehamilan.

Metode yang satu ini membutuhkan latihan dan memiliki risiko kehamilan yang cukup besar. Oleh sebab itu, lebih baik melakukan metode ini bersamaan dengan metode kontrasepsi lainnya. Sebuah penelitian menunjukkan 22 dari 100 orang yang menggunakan metode ini memiliki risiko untuk hamil.

3. Mengonsumsi buah pepaya

Mengonsumsi pepaya tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Walau belum banyak penelitian yang mendukung pepaya sebagai kontrasepsi alami, kamu dapat coba konsumsi pepaya selama setidaknya empat sampai lima hari setelah berhubungan akan mengurangi peluang kamu untuk hamil.

4. Menggunakan jahe

Jahe dipercaya dapat melancarkan menstruasi dan mencegah kehamilan. Parut jahe dan rebus dalam secangkir air panas selama lima menit untuk dikonsumsi dua kali sehari. Namun, minuman herbal ini tidak menjamin hasil yang efektif untuk mencegah kehamilan.

5. Menyusui

Menyusui ternyata tidak hanya memberikan manfaat bagi bayi, tetapi juga dapat berperan sebagai kontrasepsi alami yang cukup efektif mencegah kehamilan setelah berhubungan seksual. Hal ini dikarenakan tubuh ibu akan berhenti berovulasi saat menyusui secara berkala. Biasanya, pemberian ASI dilakukan setiap 4 jam di siang hari dan 6 jam di malam hari.

Tidak adanya ovulasi, berarti tidak ada kehamilan dan siklus menstruasi yang terjadi. Oleh sebab itu menyusui sebagai kontrasepsi alami disebut juga dengan metode laktasi. Metode kontrasepsi ini hanya dapat digunakan untuk KB selama 6 bulan pertama setelah bayi lahir, atau sampai siklus menstruasi kembali berjalan. Setelah masa tersebut, metode ini menjadi kurang efektif dan kamu perlu mempertimbangkan metode kontrasepsi lain yang efektif untuk mencegah kehamilan.

Perlu diingat, cara-cara mencegah kehamilan secara alami di atas tidaklah efektif 100% untuk mencegah kehamilan. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan? Jika kamu ingin mengurangi risiko kehamilan lebih besar, cara terbaik adalah menggunakan obat kontrasepsi dan kondom. Sterilisasi juga dapat menjadi cara mencegah kehamilan yang ampuh untuk dicoba.

Jika kamu terlanjur berhubungan di masa subur atau melakukan hubungan seksual yang tidak diinginkan, kamu juga bisa mengonsumsi pil KB darurat (morning after pill). Pil ini dikonsumsi dalam waktu 3 hari setelah berhubungan seksual. Semakin cepat dikonsumsi, maka pil ini akan semakin efektif untuk mencegah terjadinya pembuahan. Walaupun begitu, pil ini tidak akan berfungsi jika pembuahan telah terjadi. Kamu dapat memperoleh pil darurat ini dengan resep dan pengawasan dokter.

Itulah 5 cara mencegah kehamilan secara alami yang dapat dilakukan. Ingin mengetahui informasi mengenai kesehatan lainnya? Simak selengkapnya di Jovee. Unduh juga aplikasinya untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian sesuai kebutuhan personal kamu. Aplikasi Jovee tersedia di Google Play Store dan App Store. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

anhedonia-adalah

Anhedonia: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   19/08/2022
tenggorokan-seperti-ada-yang-mengganjal

Tenggorokan Seperti Ada yang Mengganjal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   18/08/2022
penyebab-infeksi-saluran-kencing-pada-wanita

Infeksi Saluran Kencing: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   16/08/2022
penyebab-darah-haid-hitam-di-hari-pertama

Darah Haid Berwarna Hitam, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Lainnya   15/08/2022
warna-lidah-normal

Mengenal Kondisi Kesehatan dari 9 Warna Lidah

Kesehatan Lainnya   12/08/2022