fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat5 Cara Mengatasi Flu pada Ibu Hamil

Flu dapat menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Biasanya, gejala flu akan menghilang dengan sendirinya selama kurang lebih 2 minggu. Namun, flu pada ibu hamil dapat berlangsung lebih lama. Hal ini dikarenakan sistem imun yang cenderung menurun pada ibu hamil, sehingga proses penyembuhan terhambat. Terlebih lagi, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan terutama pada trimester pertama. Lalu, bagaimana cara mengatasi flu pada ibu hamil? Yuk, simak artikel berikut ini.

cara-mengatasi-flu-pada-ibu-hamil

Cara Mengatasi Flu pada Ibu Hamil

Beberapa cara mengatasi flu pada ibu hamil ini dapat dilakukan, agar proses penyembuhan dapat lebih maksimal dan gejala flu bisa teratasi.

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu penyembuhan pada segala penyakit, terutama penyakit flu. Tidur lebih banyak dari biasanya dapat membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi penyakit. Hal ini sangat membantu mengurangi gejala flu pada bumil, karena ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi obat pereda flu seperti dekongestan.

Supaya mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, mandilah dengan air hangat sebelum tidur. Air hangat dapat membantu tubuh untuk relaks dan juga memecah lendir di hidung, sehingga ibu hamil yang terserang flu dapat bernafas lebih mudah.

Menggunakan humidifier dalam ruangan juga dapat membantu untuk mencegah saluran nafas yang tersumbat.

2. Minum Banyak Air Putih

Minum banyak cairan adalah hal terpenting untuk melawan penyakit flu. Salah satu gejala flu adalah demam, yang dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup.

Mengonsumsi air putih juga dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan meredakan hidung tersumbat. Menjaga hidrasi tubuh membuat tubuh dapat mempertahankan diri lebih efektif melawan pilek dan flu.

Khususnya pada ibu hamil, asupan cairan yang dibutuhkan saat sedang sakit flu meningkat daripada orang biasa, yakni menjadi sepuluh gelas per harinya.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Cara mengatasi flu pada ibu hamil lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung banyak vitamin C dan zat besi. Vitamin C telah dikenal sebagai vitamin peningkat daya tahan tubuh. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan.

Zinc juga memiliki fungsi yang mirip seperti vitamin C. Makanan yang kaya akan vitamin C dan zinc dapat kamu temukan pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, nanas, tomat, dan sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.

4. Berkumur dengan Air Garam Hangat

Salah satu gejala flu yang cukup mengganggu adalah tenggorokan yang gatal. Hal ini dapat diatasi dengan cara alami, yaitu berkumur dengan air garam hangat. Air garam hangat dapat membantu meredakan tenggorokan yang gatal, dan menarik lendir keluar dari tenggorokan yang bengkak dan meradang.

Mayo Clinic merekomendasikan untuk mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan 120 ml air hangat. Aduk hingga larut, kemudian berkumurlah dengan air larutan ini selama beberapa detik. Ulangi kumur-kumur dengan garam ini beberapa kali sehari.

5. Konsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen juga dapat dilakukan sebagai cara mengatasi flu pada ibu hamil. Terutama suplemen yang mengandung vitamin C dan zinc dalam dosis yang aman dikonsumsi bagi ibu hamil.

Salah satu suplemen yang dapat dikonsumsi adalah Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold (Rp205.656) yang dapat diperoleh di Jovee. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold mengandung 17 nutrisi esensial, termasuk vitamin C dan zinc yang baik untuk membantu penyembuhan pada penyakit flu.

Tindakan Pencegahan Flu pada Ibu Hamil

Saat hamil, tubuh akan mengalami banyak perubahan, termasuk sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Walaupun begitu, pelemahan sistem kekebalan tubuh diperlukan agar tubuh ibu tidak menolak pertumbuhan janin yang dikandungnya.

Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil lebih rentan terkena penyakit. Pencegahan yang paling disarankan adalah dengan mendapatkan vaksinasi flu. Vaksinasi ini membantu melindungi ibu hamil dan bayi dari penyakit flu hingga enam bulan setelah kelahiran.

Beberapa tindakan pencegahan lainnya yang dapat dilakukan adalah:

  • Rajin mencuci tangan
  • Hindari kontak dengan anggota keluarga yang sakit
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Rutin berolahraga
  • Kurangi stres

Itulah 5 cara mengatasi flu pada ibu hamil. Ingin mendapat tips seputar kehamilan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Jovee. Kamu juga bisa konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee untuk menemukan suplemen ibu hamil yang tepat. Dapatkan beragam vitamin, dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

4 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup Sehat   18/04/2022
cara-menjaga-kesehatan-kulit

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit bagi Wanita Karir

Gaya Hidup Sehat   30/03/2022
cara-membuat-kulit-wajah-kenyal-dan-lembab

Intip 5 Cara Membuat Kulit Wajah Kenyal dan Lembab Berikut Ini

Gaya Hidup Sehat   24/03/2022
jenis-olahraga-untuk-kecantikan

Inilah 7 Jenis Olahraga untuk Kecantikan

Gaya Hidup Sehat   23/03/2022
manfaat-minum-susu-sebelum-tidur-untuk-kecantikan

7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Gaya Hidup Sehat   22/03/2022