fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat5 Cara untuk Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Perubahan udara dan suhu yang ekstrem saat musim pancaroba dapat berpengaruh pada tubuh. Cuaca yang sangat panas di siang hari, lalu menjadi sangat dingin karena terjadi hujan secara tiba-tiba di sore hari. Saat terjadi perubahan suhu di sekitar, tubuh akan bekerja lebih ekstra untuk menyesuaikan suhu tubuh.

cara-menjaga-kesehatan-di-musim-pancaroba

Perubahan cuaca inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit. Perubahan suhu udara yang tidak menentu menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah, terlebih lagi virus dan bakteri yang cenderung lebih cepat berkembang biak pada musim ini.

Biasanya, penyakit yang sering menyerang di musim ini adalah penyakit gangguan pernafasan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan flu. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan meningkatkan usaha untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun. Jovee telah merangkum beberapa cara untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba yang dapat kamu lakukan agar tidak terserang penyakit. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Banyak minum air putih

Jaga tubuh untuk selalu terhidrasi dengan baik. Minum air putih yang cukup dapat membantu untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Selain menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, minum air putih yang cukup juga dapat membuat pikiran kamu tetap jernih.

Terutama saat cuaca sedang panas, penting untuk banyak minum air putih karena tubuh kehilangan banyak cairan tubuh. Merujuk pada Kementerian Kesehatan, walaupun kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, anjuran air putih yang harus dikonsumsi per harinya adalah 2 liter sehari (8 gelas).

Bawa botol minum ke mana pun kamu pergi dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba. Saat sibuk beraktivitas, mungkin kamu akan menjadi lebih sulit untuk mendapatkan segelas air putih. Gunakan botol minum ukuran 1-2 liter untuk penuhi kebutuhan cairan sepanjang hari.

2. Tidur yang cukup

Kamu pastinya sudah tahu begadang tidak baik bagi kesehatan. Namun, tahukah kamu kebiasaan ini dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit di musim pancaroba? Tidur sangat esensial bagi tubuh, karena tidur membantu tubuh memperbaiki, meregenerasi, dan memulihkan diri.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan kualitas tidur yang lebih baik dapat membantu tubuh melawan infeksi. Sama seperti cairan dalam tubuh, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba, disarankan untuk tidur cukup setidaknya 7 jam sehari.

3. Olahraga rutin

Olahraga dalam bentuk apa pun selalu punya manfaat yang baik bagi tubuh. Dengan melakukan olahraga rutin, kamu dapat memperkuat antibodi untuk melawan infeksi dan mengurangi hormon stres.

Olahraga juga menyebabkan sel-sel kekebalan menjadi lebih efektif, mengurangi inflamasi, dan membuat sistem kekebalan bekerja lebih baik. Tidak perlu waktu yang banyak untuk memulai olahraga rutin. Dengan olahraga 10 – 20 menit saja per harinya, kamu sudah bisa memperkuat sistem imun.

Berolahraga dengan kondisi cuaca yang tidak menentu mungkin dapat menjadi hambatan, namun kamu dapat coba berolahraga di rumah. Ada banyak jenis olahraga yang dapat kamu lakukan, seperti yoga, skipping, atau sesederhana naik turun tangga.

4. Kurangi stres

Stres telah diketahui menjadi penyebab berbagai penyakit, karena stres memberikan efek buruk yang sangat besar pada sistem kekebalan tubuh. Saat stres, sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi akan berkurang sehingga tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit.

Level stres yang tinggi juga menyebabkan tingkat inflamasi yang lebih tinggi, sehingga sistem kekebalan tubuh yang bekerja ekstra akan kelelahan dan tidak dapat melindungi tubuh dengan baik.

Kamu dapat mengurangi stres dengan melakukan meditasi, rutin berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks diketahui dapat mengurangi stres, meningkatkan kinerja kognitif, dan mengurangi gejala depresi. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks seperti Blackmores Multi B Performance (Rp267.703).

5. Kurangi makanan berminyak dan minuman dinginblackmores

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan minuman dingin dapat merangsang pertumbuhan bakteri dan virus, oleh karena itu sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman ini di musim pancaroba.

Dengan cuaca yang tidak menentu, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan berserat dan kaya akan nutrisi untuk jaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum air jahe hangat, jus buah, dan konsumsi lebih banyak sayuran hijau untuk mencegah serangan penyakit di musim pancaroba seperti flu dan batuk.

6. Konsumsi suplemen untuk daya tahan tubuh

Selain 5 cara di atas, kamu juga perlu untuk mengonsumsi suplemen harian untuk bantu jaga daya tahan tubuh di musim pancaroba. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa suplementasi dengan vitamin, mineral, herbal, dan zat lain tertentu dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh dan berpotensi melindungi terhadap penyakit.

Untuk jaga daya tahan tubuh, kamu dapat konsumsi suplemen harian seperti Blackmores Vitamin C 500 mg, Redoxon Triple Action, atau Interbat Vitazet. Ketiga suplemen ini mengandung vitamin C yang dikenal baik dapat menjaga daya tahan tubuh. Dapatkan suplemen ini dengan mudah di Jovee.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba versi Jovee. Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan lainnya, kamu dapat unduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan juga rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gaya hidup personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

4 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup Sehat   18/04/2022
cara-menjaga-kesehatan-kulit

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit bagi Wanita Karir

Gaya Hidup Sehat   30/03/2022
cara-membuat-kulit-wajah-kenyal-dan-lembab

Intip 5 Cara Membuat Kulit Wajah Kenyal dan Lembab Berikut Ini

Gaya Hidup Sehat   24/03/2022
jenis-olahraga-untuk-kecantikan

Inilah 7 Jenis Olahraga untuk Kecantikan

Gaya Hidup Sehat   23/03/2022
manfaat-minum-susu-sebelum-tidur-untuk-kecantikan

7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Kecantikan dan Kesehatan

Gaya Hidup Sehat   22/03/2022