fbpx
BerandaVitamin & Suplemen5 Kebaikan Nutrisi Habbatussauda Kurma Ajwa bagi Kesehatan

Habbatussauda Kurma Ajwa merupakan salah satu produk biji jintan hitam yang mudah ditemukan di Indonesia. Biji jintan hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan habbatussauda ini menyimpan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Habbatussauda-Kurma-Ajwa

Mengenal Habbatussauda dan Kandungan Nutrisinya

Habbatussauda (Nigella sativa) merupakan biji-bijian yang berasal dari bunga jintan hitam yang tumbuh tahunan dan dapat ditemukan di Barat Daya Asia serta kawasan Mediterania dan Afrika.

Sebagian negara seperti India menggunakanannya sebagai rempah masakan. Namun, biji-bijian ini lebih dikenal sebagai bahan obat tradisional. Habbatussauda yang sering dijuluki obat mujarab ini biasa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Umumnya jintan hitam dipakai dalam pengobatan Islami dan praktik Ayurveda.

Manfaat Habbatussauda Kurma Ajwa bagi Kesehatan

Kelebihan habbatussauda sebagai herba alami didasarkan pada manfaat yang ditawarkannya dalam hal kesehatan, khususnya dari unsur timokuinon yang dimilikinya. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi habbatussauda cap Kurma Ajwa.

1. Untuk Daya Tahan Tubuh

Dilansir dari Madridge Journal of Case Reports and Studies, habbatussauda memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem imun. Adanya sistem imun di dalam tubuh sangat diperlukan. Ia pun jadi satu-satunya sistem yang punya peran melawan penyakit dan memproduksi sel pembasmi virus.

Analisa pada jurnal tersebut juga menunjukkan peran habbatussauda dalam meningkatkan sistem imun yang berguna bagi penyembuhan penyakit dan melawan virus. Herba alami ini juga dapat menjadi perawatan bagi penyakit radang sendi, diabetes mellitus, hipertensi, dan penyakit jantung, hingga tumor, kanker, dan AIDS.

Habbatussauda juga menyimpan sterol beta-sitosterol yang jadi alasan kenapa ia digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk merawat masalah tumor, seperti abses (benjolan nanah), tumor mata, dan hati.

Studi lainnya juga menemukan kalau senyawa timokuinon di dalam ekstrak minyak habbatussauda dapat menghalang pertumbuhan sel kanker pankreas dan membunuhnya. Senyawa tersebut melakukannya dengan menaikkan proses apoptosis sebagai reaksi pembasmian sel berbahaya.

2. Meredakan Perut Kembung

Konsumsi Habbatussauda Kurma Ajwa bisa pula mencegah permasalahan perut kembung dan penyakit gastrointestinal lainnya. Penyakit terkait perut dan usus ini meliputi mual, muntah-muntah, sembelit, diare, maag, hingga dispepsia (sakit perut atas).

Berdasarkan Avicenna Journal of Phytomedicine, kelebihan habbatussauda tersebut berkat adanya unsur timokuinon yang memiliki sifat anti-kanker, anti-bakteri, anti-inflamasi, perlindungan hati, perlindungan usus, dan antioksidan.

Sifat tersebut juga mendukung pencegahan dan efek terapis dari habbatussauda yang mengandung unsur-unsur pelawan inflamasi, oksidasi, dan cedera yang disebabkan berbagai racun, mikroba, dan alergi makanan.

Studi klinis lainnya menyatakan adanya efek pencegahan dan pemulihan dari habbatussauda pada berbagai kelainan gastrointestinal.

3. Meningkatkan Respon Sel Darah Putih

Habbatussauda-Kurma-Ajwa

Pada sebuah temuan dari National Library of Medicine, timokuinon pada habbatussauda berperan dalam meningkatkan respon sel darah putih, begitu juga dengan trakea pernapasan dan perubahan jenis sel darah putih limfosit.

Sel darah putih sangatlah berguna sebagai imun yang berperan melindungi tubuh dari virus, bakteri, dan zat asing lainnya lewat pembuluh darah.

Menurut Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee, Habbatussauda atau Nigella sativa merupakan salah satu bahan herba yang sering dijumpai di Indonesia sebagai suplemen maupun bumbu. Habbatussauda memiliki zat antioksidan dan alkaloid yang berfungsi menjaga kesehatan dan struktur sel sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

4. Membantu Mengatur Gula Darah

Gula darah yang tinggi dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Di antaranya adalah kehausan, berat badan turun, letih, dan kurangnya konsentrasi. Jika masalah tersebut tidak segera diatasi, masalah lebih serius bisa saja terjadi. Pada akhirnya, akan timbul kerusakan saraf, penglihatan yang memburuk, dan proses penyembuhan luka makin melambat.

Beberapa temuan memperlihatkan bila habbatussauda dapat mengatur kadar gula darah di level normal. Hal ini akan mencegah tubuh dari berbagai efek negatif di atas.

5. Melindungi Organ Hati

Beberapa studi dengan sampel hewan menyimpulkan bila habbatussauda dapat melindungi hati dari luka dan kerusakan. Sebuah studi lainnya menemukan tingkat racun yang menurun pada sampel tikus yang diberi jintan hitam. Efek positif lainnya adalah menjaga hati dan ginjal dari kerusakan.

Perlindungan liver atau hati dari habbatussauda memperlihatkan hasil yang sangat baik. Terlebih herba tersebut membantu liver dalam menyingkirkan racun, memetabolisme obat-obatan, memproses nutrisi, dan memproduksi protein dan zat kimia yang penting bagi kesehatan.

Keunikan unsur dan manfaat yang ditawarkan habbatussauda sangatlah baik untuk daya tahan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi jintan hitam ini dengan mencampurnya bersama masakan, meminumnya dengan air atau madu, ataupun langsung menyantap suplemen Habbatussauda Kurma Ajwa.

Anda dapat mengonsumi Kurma Ajwa Habbatussauda (Rp37.552) untuk mendapatkan semua khasiat dari habbatussauda di atas, yang dapat diperoleh dengan mudah melalui Jovee. Kamu juga bisa memperoleh paket khusus Jovee Energy Booster yang menawarkan multivitamin dan habbatussauda harian. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian lainnya, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Jovee di Google Play Store atau App Store.

 

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022