fbpx

5 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Tubuh Anda

by | Oct 21, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Pernahkah Anda bersepeda sambil menikmati pemandangan alam sekitar? Jika iya, pasti pengalaman tersebut sangatlah menyenangkan. Selain memberikan kesenangan, ada banyak manfaat bersepeda yang sangat baik bagi kesehatan. Dengan bersepeda, tubuh akan bergerak secara aktif sebagai salah satu syarat menjaga kualitas kesehatan tubuh Anda.

Bahkan, apabila dilakukan minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari secara rutin, dipastikan akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh Anda. Ingin tahu manfaat apa sajakah bersepeda bagi kesehatan? Baca terus ulasannya sampai selesai, ya!

 

Otot Tubuh Yang Bekerja Saat Bersepeda

Dilansir dari serbasepeda, terdapat beberapa otot yang bekerja saat sedang bersepeda

1. Quadriceps dan Glutes

Otot terbesar di kaki ini berada pada paha bagian atas, sedangkan glutes berada di area bokong. Otot ini bekerja saat kaki memanjang. Saat bersepeda, posisi kaki akan terus berputar, sehingga otot quadriceps dan gluteus ini akan terus terlatih.

2. Hamstring

Otot hamstring adalah otot yang berada pada posisi belakang kaki, tepatnya pada paha bagian belakang. Berbeda dengan quadriceps, otot hamstring justru bekerja saat lutut tertekuk.

3. Calves

Otot calves disebut juga otot betis, yang berada pada kaki bagian bawah. Otot ini akan bekerja saat kaki menunjuk ke arah bawah.

4. Anterior Tibialis

Otot ini berada pada bagian depan tulang kering, dan bekerja saat kaki mengarah keatas. Saat mengayuh sepeda, kaki akan bergerak memutar dan menggerakkan otot calves dan anterior secara bergantian.

5. Hip Flexors

Hip Flexors adalah otot yang berada pada perut bagian bawah, dan bekerja saat pinggul meregang. Saat mengendarai sepeda, peregangan dan pengencangan otot berlangsung saat lutut mendekat dan menjauh.

 

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

1. Memperbaiki Kardiovaskular

Bersepeda termasuk salah satu bentuk olahraga kardio. Dikatakan demikian, karena dengan bersepeda, akan meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah. Bahkan, olahraga bersepeda secara teratur juga akan menurunkan kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Apabila kadar kolesterol dalam darah menurun, maka risiko penyempitan pembuluh darah akan berkurang.

Ketika seseorang rutin bersepeda, maka otot jantung akan terlatih bekerja lebih efektif, sehingga proses suplai darah dan oksigen ke seluruh tubuh akan optimal. Artinya, semakin baik sistem peredaran darah (kardiovaskuler) seseorang, makin kecil pula risiko terserang penyakit stroke, jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Mengendalikan Berat Badan

Jika Anda berniat menurunkan berat badan, maka bersepeda adalah pilihan olahraga yang tepat untuk dilakukan. Dengan bersepeda, akan meningkatkan metabolisme, membangun otot, dan yang terpenting membakar lemak tubuh. Bentuk olahraga ini memastikan bahwa pengeluaran energi lebih besar ketimbang asupan energi. Sebab, ketika bersepeda akan membakar kalori lebih banyak.

Namun, untuk program diet atau menurunkan berat badan, sebaiknya gunakan kombinasi aktivitas ini dengan pola makan yang sehat supaya hasilnya lebih optimal. Seberapa banyak kalori yang terbakar saat bersepeda pun tergantung dari beberapa faktor seperti berapa lama, berapa jauh, dan berapa cepat Anda bersepeda. Sebagai patokan, sebuah hasil studi menyatakan bahwa bersepeda selama 30 menit setiap hari, akan membakar lemak hampir 5 kg lebih dari setahun.

3. Menstabilkan Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang ditakuti karena berbahaya dan mematikan. Mengejutkannya, tidak hanya orang dewasa saja yang berisiko menderita diabetes, melainkan anak muda juga sangat mungkin terserang risiko diabetes. Ditambah lagi, penderita tersebut tidak memiliki pola hidup yang sehat. Nah, untuk itu, cobalah untuk bersepeda selama 30 menit setiap hari karena bisa menstabilkan diabetes.

4. Mengatasi Insomnia

Pernahkah Anda mengalami kesulitan tidur? Jika iya, mungkin bersepeda bisa jadi salah satu solusi mengatasi gangguan insomnia Anda. Lakukan olahraga sepeda ini 20-30 menit setiap 2 hari sekali, maka waktu tidur Anda akan datang lebih cepat. Satu hal lagi yang perlu Anda tahu, bersepeda pagi hari sebelum matahari terik akan membantu jam biologis kembali normal dan menyingkirkan hormon kortisol penyebab insomnia lho!

5. Menurunkan Tingkat Stress

Terkadang, stress sering dialami oleh seseorang karena berbagai sebab. Mulai dari urusan pekerjaan, tugas kuliah, masalah rumah tangga, asmara, dan masih banyak lagi. Jika demikian, apakah yang Anda lakukan untuk meredakan stress? Tidak perlu bingung, karena dengan bersepeda, setidaknya stress akan berkurang. Bagaimana bisa? Ketika bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini memicu perasaan nyaman dan suasana hati yang positif. Disamping itu, endorfin juga mengurangi rasa sakit dan beban pikiran yang membayangi pikiran Anda. Apalagi ditambah pemandangan alam nan indah akan menurunkan tingkat stress dan lebih rileks.

 

Yuk, Mulai Bersepeda dengan Aman!

Setelah mengenal berbagai manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh, kini tiba waktunya untuk mulai aktivitas ini. Namun, jangan pernah mengabaikan keamanan saat bersepeda ya!

Pertama, pastikan untuk periksa sepeda dalam keadaan baik. Kedua, kenakan pelindung kepala, siku, dan lutut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ketiga, bersepedalah di rute yang terlihat mengingat kendaraan ini tidak memiliki lampu yang terang. Terakhir, jagalah sikap selama berkendara supaya tidak mengganggu pemakai jalan lain.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Brands