fbpx
BerandaKesehatan Kulit5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit

Pernahkah kamu mendengar mengenai daun pegagan? Memang, daun pegagan lebih dikenal dengan nama centella asiatica. Jadi salah satu kandungan populer pada produk skincare, daun pegagan punya banyak manfaat bagi kulit loh, Jovians!

manfaat-daun-pegagan

Mulai dari menenangkan kulit hingga samarkan bekas luka, ini 5 manfaat daun pegagan untuk kulit sehat. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu daun pegagan?

Daun pegagan atau centella asiatica merupakan tanaman herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu pemulihan. Sejumlah manfaat daun pegagan bagi kesehatan termasuk meningkatkan fungsi otak, hingga menurunkan tekanan darah.

Selain itu, berkat kemampuannya untuk mengoptimalkan produksi kolagen, kini daun pegagan banyak digunakan dalam berbagai produk skincare. Baik itu serum, toner, hingga masker, dengan klaim menenangkan dan menghidrasi kulit yang cocok untuk kulit sensitif.

Manfaat daun pegagan

Jadi kandungan primadona, apa saja manfaat daun pegagan atau centella asiatica bagi kulit? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman herbal ini.

1. Meningkatkan produksi kolagen

Daun pegagan mengandung termasuk madecassoside, madecassic acid, asiaticoside dan asiatic acid yang membantu mengoptimalkan produksi kolagen dan lapisan sel di kulit. Kolagen merupakan senyawa penting dalam struktur kulit, yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Dengan meningkatnya produksi senyawa ini, kulit jadi terlihat lebih kenyal dan cerah.

2. Menyamarkan bekas luka

Selain buat kulit jadi kenyal dan sehat, kolagen yang meningkat juga membantu penyembuhan luka jadi lebih cepat. Penelitian tahun 2013 menemukan bahwa centella asiatica menimbulkan peningkatan sintesis kolagen dan kekuatan regangan kulit serta menghambat fase inflamasi bekas luka hipertrofik dan keloid. Hasilnya, daun pegagan ternyata bisa dimanfaatkan dalam perawatan kulit termasuk stretch mark loh, Jovians!

3. Menjaga hidrasi kulit

Sebagai antioksidan alami, daun pegagan juga mengandung senyawa antiinflamasi dan karbohidrat. Senyawa-senyawa ini ditemukan efektif meningkatkan hidrasi kulit bahkan berperan sebagai anti penuaan. Inilah mengapa centella asiatica banyak digunakan sebagai bahan pelembab wajah yang menargetkan kulit kering dan sensitif.

4. Anti-aging

Kaya akan antioksidan dan melembabkan, kedua manfaat ini menjadikan daun pegagan sebagai agen anti penuaan yang baik. Kulit yang kering dapat memicu munculnya garis halus, tapi dengan daun pegagan, kulit akan tetap terjaga kelembaban dan elastisitasnya.

5. Bantu atasi kulit belang, kusam, dan bertekstur

Tak hanya anti penuaan, daun pegagan atau centella asiatica juga dapat memperbaiki masalah kulit kusam dan bertekstur loh! Karena daun pegagan dapat mengurangi tampilan jaringan parut, garis-garis halus, dan kerutan, secara keseluruhan kesehatan kulit juga turut meningkat. Termasuk wajah yang lebih cerah, dan tekstur kulit yang lebih halus.

Risiko dan efek samping

Penggunaan centella asiatica dalam skincare jarang menimbulkan efek samping karena kandungannya yang baik untuk kulit sensitif. Hanya saja, dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan kandungan ini pada ibu hamil dan menyusui.

Penggunaan daun pegagan juga bisa memicu iritasi kulit. Sebaiknya hindari penggunaan daun pegagan atau centella asiatica pada kulit ataupun dikonsumsi dalam bentuk lainnya, jika kamu:

  • Ibu hamil dan menyusui
  • Usia di bawah 18 tahun
  • Penderita hepatitis atau penyakit liver
  • Memiliki riwayat kanker kulit
  • Memiliki alergi dengan produk yang mengandung centella asiatica

Jika tidak yakin mengenai penggunaan bahan ini, kamu dapat konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk aturan pakai yang tepat. Kamu bisa mencoba Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 2% + Centella Asiatica Serum bila ingin coba gunakan skincare dengan kandungan centella asiatica.

Itulah 5 manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

panthenol-untuk-wajah

Mengenal 5 Manfaat Panthenol untuk Kulit Wajah

Kesehatan Kulit   07/10/2022
wajah-cerah

7 Tips untuk Dapatkan Kulit Wajah Cerah Alami

Kesehatan Kulit   06/10/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
jus-buah-untuk-kesehatan-kulit-wajah

5 Jus Buah untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kesehatan Kulit   30/09/2022
kacang-kacangan-yang-bagus-untuk-kesehatan-kulit

Tak Bikin Jerawat, Ini 5 Jenis Kacang yang Baik bagi Kulitmu

Kesehatan Kulit   29/09/2022