fbpx
BerandaKesehatan Lainnya5 Tanda Kamu Punya Perilaku Savior Complex

Apakah kamu pernah mendengar istilah savior complex? Savior complex atau juga disebut sindrom ksatria putih (white knight syndrome) adalah suatu keinginan atau perilaku yang ingin membantu dan menyelamatkan orang lain secara berlebihan. Kamu merasa punya savior complex? Simak tanda-tanda savior complex berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

saviour-complex

Apa itu savior complex?

Memberi bantuan pada orang lain memang hal yang baik. Namun, ini jadi tidak berlaku bagi penderita savior complex, karena menjadi cara yang tidak sehat untuk mendapatkan validasi.

Savior complex terjadi ketika suatu individu merasa lebih baik atas diri mereka setelah membantu seseorang, dengan mengorbankan kepentingan dan kesejahteraan mereka sendiri dalam upaya untuk membantu orang lain. Meski terlihat baik, perilaku ekstrem ini merupakan cara tidak baik yang lebih banyak memberikan kerugian pada diri sendiri.

Tanda dan gejala savior complex

Dilansir dari Healthline, dr. Maury Joseph, seorang psikolog menjelaskan penderita savior complex punya kecenderungan merasa dirinya adalah ‘pahlawan’ yang mampu membuat segala menjadi lebih baik, dengan cara membantu menyelesaikan masalah orang lain. Penderita savior complex sering menunjukkan perilaku seperti,

  • Percaya orang lain tidak mampu mengurus diri mereka sendiri
  • Berusaha meyakinan orang lain mengenai solusi dari masalah tanpa diminta
  • Harus merasa dibutuhkan sebagai tanda memiliki hubungan dengan orang lain

Selain itu, 5 tanda lain yang umumnya ada pada penderita savior complex meliputi:

1. Tertarik pada orang yang punya banyak masalah

Sebagai ‘ksatria putih’, penderita savior complex akan sangat tertarik pada orang-orang yang punya banyak kesulitan dalam hidup mereka. Ini bisa saja terjadi karena pengidap pernah mengalami masa yang sangat sulit, sehingga mempunyai lebih banyak empati pada orang-orang yang sedang kesusahan dan berkeinginan untuk membantu mereka agar tidak merasakan hal yang sama.

2. Percaya bisa mengubah orang lain menjadi lebih baik

Joseph juga mengatakan bahwa penderita umumnya percaya pada kekuatan mereka untuk mempengaruhi orang lain, seperti mengubah perilaku tertentu dari orang yang ingin mereka selamatkan.

Di sisi lain, kita tidak dapat mengubah orang lain kecuali atas keinginannya sendiri. Terutama pada perubahan perilaku, kita tidak bisa memaksa orang lain untuk berubah.

3. Merasa harus menemukan solusi dari semua masalah

Tidak semua masalah memiliki solusi langsung, terutama masalah besar seperti penyakit, trauma, atau kesedihan. Penderita umumnya percaya bahwa mereka harus punya solusi atas semua masalah yang ada.

Memang benar menawarkan nasihat tidak selalu buruk, namun juga penting untuk mendengarkan dan membiarkan orang lain untuk sekedar curhat tentang kesulitan yang mereka alami.

4. Sering mengorbankan diri sendiri untuk orang lain

Pada penderita, sindrom ini sering kali membuat penderitanya menyabotase diri untuk tujuan orang lain lho, Jovians. Penderita bisa mengorbankan kebutuhan pribadi dan memaksakan diri untuk mengurus orang-orang yang bahkan mungkin tidak benar-benar butuh bantuan. Pengorbanan ini bisa melibatkan hal-hal seperti waktu, uang, dan emosi.

5. Merasa satu-satunya orang yang bisa membantu orang lain

Penderita sindrom ini sering juga merasakan dorongan untuk membantu orang lain karena mereka percaya tidak ada orang lain yang bisa membantu selain mereka.

Apa efek dari savior complex?

Memaksa membantu menyelesaikan masalah orang lain sering kali menghasilkan hasil yang tidak diinginkan dan malah berdampak buruk pada fisik dan mental.

1. Burnout

Menggunakan seluruh energi dan waktu untuk membantu orang lain akan menyisakan sedikit energi untuk diri sendiri. Bila terjadi secara terus menerus, peluang burnout akan besar yang menyebabkan penderita merasa lelah terus menerus.

2. Masalah pada hubungan

Berusaha mengubah perilaku pasangan atau teman menjadi lebih baik akan menimbulkan masalah pada hubungan. Meski punya maksud baik, terus menerus mengoreksi kesalahan pasangan ataupun teman dapat membuat mereka frustasi dan kesal.

3. Merasa gagal

Dengan pola pikir white knight syndrome, penderita yakin bisa membantu menyelesaikan masalah orang lain. Di sinilah masalah lain akan timbul, karena pada kenyataannya kita tidak dapat menyelesaikan semua masalah orang lain. Kegagalan dalam membantu orang lain ini bisa menimbulkan perasaan gagal, kritik pada diri sendiri yang ekstrem, rasa bersalah, dan frustasi.

4. Mood yang berubah-ubah

Perasaan gagal kemudian menyebabkan munculnya banyak emosi, yang membuat mood jadi tidak stabil. Pada akhirnya, hal ini bisa mengarah pada depresi, kebencian atau kemarahan pada orang-orang yang tidak ingin ditolong, frustasi, dan hilangnya pengendalian diri.

Cara mengatasi savior complex

Menyadari perilaku yang salah sudah menjadi langkah awal yang baik. Berikut sejumlah cara mengatasi savior complex, dilansir dari berbagai sumber.

  • Cobalah untuk melatih kemampuan mendengarkan secara aktif alih-alih langsung bertindak impulsif
  • Menetapkan batasan dengan orang lain
  • Biarkan teman, pasangan, atau bahkan keluarga bertanggung jawab atas tindakan mereka
  • Konsultasi dengan dokter atau psikolog untuk melatih kembali penilaian objektif kamu

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai savior complex. Simak informasi seputar penyakit dan kesehatan lainnya hanya di Jovee. Temukan juga berbagai suplemen kesehatan terbaik seperti Blackmores, Wellness, dan lainnya, lebih hemat dan gratis ongkir se-Indonesia hanya di Jovee, pusat suplemen dan vitamin personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

egg-freezing

Prosedur dan Kisaran Biaya Egg Freezing

Kesehatan Lainnya   29/06/2022
husband-stitch

Mengenal Husband Stitch dan Dampaknya Pada Ibu

Kesehatan Lainnya   29/06/2022
eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022