fbpx
BerandaVitamin & Suplemen5 Vitamin Terbaik untuk Tulang yang Kuat

Untuk mencegah masalah pada tulang, tak ada salahnya Anda mulai mengonsumsi sumber nutrisi vitamin yang baik bagi tubuh khususnya untuk kesehatan tulang. Beberapa vitamin dan mineral diperlukan tubuh untuk memelihara dan menguatkan kepadatan tulang. Dengan memenuhi asupannya, Anda bisa meminimalisir risiko rapuhnya tulang.

5 Vitamin Terbaik untuk Tulang yang Kuat

Tulang merupakan salah satu elemen penting pada tiap tubuh manusia. Rangka tubuh ini tidak hanya berfungsi sebagai alat gerak tubuh, melainkan juga mengatur seluruh aspek persendian dan aktivitas yang ada pada tubuh manusia.

Karenanya, tulang yang sehat tentu merupakan idaman bagi tiap orang. Tulang tidak sehat umumnya terjadi akibat gaya hidup yang kurang baik. Misalnya saja, konsumsi makanan yang tidak sehat dan asupan vitamin serta mineral yang tidak bervariasi. Kira-kira apa saja vitamin tulang tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Vitamin D

Bicara soal vitamin untuk tulang yang kuat, mungkin vitamin D sempat terlintas di pikiran Anda. Bersama dengan kalsium, vitamin D membantu meningkatkan kepadatan serta kekuatan tulang. Bahkan, vitamin ini dipercaya berguna untuk mengobati tulang yang sudah mulai retak pada lansia.

Dikenal juga dengan nama vitamin sunshine, sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari. Akan tetapi, Anda juga dapat menemukan vitamin D pada berbagai macam produk susu. Lebih-lebih sekarang ini tidak sedikit produk susu yang telah diperkaya vitamin D sebagai nutrisi kesehatan tulang.

Selain susu, Anda juga bisa mendapatkan kebutuhan vitamin D pada makanan seperti ikan salmon, tuna, sarden minyak ikan kod, kacang almond, kedelai, jamur, telur, dan hati. Jika makanan saja dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D.

Namun, sebelum mengonsumsinya, konsultasikan dulu dengan dokter dan ahli gizi. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui dosis yang sesuai dengan kondisi Anda.

2. Vitamin A

Selain berguna sebagai nutrisi utama menjaga kesehatan mata, vitamin A pun memiliki fungsi penting terhadap kesehatan tulang. Mengapa? Karena sel-sel pembentuk tulang (osteoblas) serta sel-sel pemecah tulang (osteoklas) dipengaruhi oleh vitamin A. Meski dikenal sebagai vitamin tulang, vitamin A yang terlalu banyak mungkin menyebabkan penurunan kepadatan tulang serta peningkatan risiko fraktur.

Sumber nutrisi dari vitamin A dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan seperti buah dan sayur. Jika memungkinkan Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin A. Vitamin A cukup dikonsumsi sesuai dengan kadar kebutuhan dari tiap orang. Hindari mengonsumsi suplemen vitamin berlebihan. Kelebihan vitamin A juga tidak baik bagi kelangsungan perkembangan tubuh. Oleh sebab itu, sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Vitamin K

Vitamin K umumnya digunakan sebagai proses pembekuan darah. Namun, di sisi lain vitamin K juga memiliki fungsi utama sebagai nutrisi alami untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berperan penuh dalam pencegahan keretakan tulang akibat ketidakseimbangan aktivitas yang sering kita lakukan sehari-hari.

Vitamin K membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Kadar vitamin K yang kurang dalam darah dapat mengakibatkan penurunan kepadatan tulang. Hal ini otomatis meningkatkan risiko patah tulang.

Kekurangan vitamin K sebetulnya cukup jarang terjadi pada orang-orang yang sehat. Banyak sekali makanan di sekitar Anda yang mengandung vitamin K.

Brokoli, kubis, kale, parsley, minyak kanola dan zaitun, serta bayam merupakan sumber vitamin tulang yang bagus untuk Anda konsumsi. Bukan cuma makanan saja, Anda juga dapat memenuhi asupannya melalui suplemen. Suplemen vitamin K diyakini dapat membantu menjaga densitas tulang. Tapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya terhadap penguatan kepadatan tulang.

4. Vitamin C

Vitamin C memainkan peran sebagai penunjang pertumbuhan gusi dan tulang. Makanya, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Vitamin ini juga memiliki kegunaan penting dalam pembentukan kolagen yang ada pada tulang manusia.

Sebaiknya Anda memenuhi kebutuhan vitamin C sesuai dengan porsi. Jika kebutuhan Vitamin C telah terpenuhi, perkembangan dan pertumbuhan tulang dapat berjalan dengan baik. Vitamin C dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Namun, Anda pun dapat memenuhi asupannya dengan mengonsumsi suplemen vitamin C. Cukup cek komposisi vitamin yang ada pada suatu produk untuk menyesuaikan kadar kebutuhan vitamin pada tubuh.

5. Vitamin B

Vitamin B, terutama vitamin B6, B9, dan B12 memiliki fungsi utama dalam melindungi tulang dari risiko osteoporosis. Khususnya pada orang-orang lanjut usia. Vitamin B12 tampaknya memengaruhi sel pembangun tulang. Sebuah penelitian menemukan bahwa kadar vitamin B12 yang rendah dalam darah akan meningkatkan risiko osteoporosis.

Kebutuhan vitamin B masing-masing orang tentu akan berbeda, tergantung dari usia, jenis kelamin, serta rutinitas yang dilakukan. Sumber vitamin B dapat ditemukan pada makanan dan minuman, bahkan Anda bisa melengkapinya melalui suplemen. Suplemen vitamin B bisa Anda temukan dengan mudah di apotek. Sesuaikan kebutuhan konsumsi vitamin B pada tubuh sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari.

Hendaknya Anda konsultasi dulu dengan dokter dan ahli gizi untuk mendapatkan dosis vitamin atau suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tulang Anda. Disamping itu, pilihlah produk yang cocok terhadap kebutuhan nutrisi tubuh.

Itulah 5 vitamin tulang yang bagus untuk Anda konsumsi. Salah satu vitamin untuk tulang yang bisa Anda konsumsi adalah Blackmores Calcimag Multi (Rp141.239). Blackmores Calcimag Multi merupakan suplemen dengan kombinasi vitamin D3, magnesium dan kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dari osteoporosis. Suplemen ini juga mendukung kesehatan otot dan fungsi saraf karena kandungan magnesium yang dimilikinya. Dengan begitu, kebutuhan vitamin untuk tulang bisa dipenuhi dengan baik.

Dapatkan vitamin terbaik hanya di Jovee Official Shop. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022