fbpx
BerandaMakanan Sehat6 Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan

Banyak sekali orang yang mengonsumsi cuka apel dengan tujuan menurunkan berat badan. Bahkan, tidak sedikit yang memakainya sebagai produk perawatan wajah. Cuka apel sendiri merupakan hasil fermentasi dari bubuk sari apel. Kandungan gula alami yang terdapat pada apel akan diubah menjadi alkohol melalui proses fermentasi. Cuka apel diyakini memiliki berbagai manfaat, termasuk mencegah risiko penyakit diabetes, kanker, jantung, maupun menurunkan kolesterol.

6 Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Cuka Sari Apel

Sejumlah senyawa yang dihasilkan selama proses fermentasi, membuat cuka apel memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Berikut ini adalah manfaat cuka apel untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya, yaitu:

1. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Salah satu manfaat cuka apel adalah membantu mengurangi permasalahan yang ada di perut. Kalau Anda memiliki permasalahan dengan perut dan sistem pencernaan, Anda bisa meminum cuka sari apel yang dilarutkan dengan air. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda mengalami diare dan infeksi bakteri.

Sifat antibiotik yang ada di dalam cuka sari apel akan membantu Anda untuk mengendalikan permasalahan sakit perut. Tak hanya itu, di dalam cuka sari apel terdapat pektin, yang sendirinya mampu untuk meredakan permasalahan kejang usus.

2. Membantu mengurangi cegukan

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan selanjutnya adalah membantu untuk mengurangi cegukan. Dalam Journal of Palliative Medicine tahun 2015, ada salah satu pasien yang sedang mengalami cegukan persisten setelah melakukan kemoterapi. Pada saat mengonsumsi cuka sari apel, intensitas dari cegukan pasien pun menurun dan berhenti. Tetapi, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Meredakan sakit tenggorokan

Bila Anda merasa gatal pada area tenggorokan, Anda bisa meminum cuka sari apel untuk menguranginya berbagai macam kuman yang ada di tenggorokan dan mencegah infeksi. Bagaimana cara penggunaannya? Anda dapat menggunakannya dengan berkumur ¼ cangkir air hangat yang telah dicampurkan dengan cuka sari apel.

4. Membantu menurunkan kolesterol

Memang belum ada penelitian yang lebih pasti mengenai hal ini. Tetapi, terdapat klaim yang menghubungkan antara konsumsi cuka sari apel dengan penurunan kadar kolesterol. Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition, cuka ini mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh tikus.

Penelitian kedua selanjutnya menunjukkan bahwa tekanan darah tikus yang tinggi menjadi rendah ketika mengonsumsi cuka sari apel. Walaupun begitu, ini masih penelitian yang dilakukan dengan objek hewan. Sah-sah saja jika Anda ingin mengonsumsi cuka sari apel untuk mengurangi kolesterol, asalkan dengan pengawasan dari dokter.

Ingatlah untuk tidak meminum cuka apel berlebihan, karena hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan Anda.

5. Menurunkan berat badan

Nah, manfaat cuka apel yang satu ini sudah terkenal di kalangan masyarakat, khususnya para wanita. Bagi para wanita dan pria yang ingin menurunkan berat badan, cuka apel dipercaya mampu membantu tujuan Anda. Pada laporan Journal of Functional Foods tahun 2018, cuka sari apel dinilai sebagai salah satu langkah yang efektif dan alternatif untuk seseorang yang sedang menjalankan diet.

Penggunaan cuka sari apel bisa membantu mengurangi lemak visceral alias lemak perut. Seorang ahli dari Harvard Medical School menjelaskan bahwa kandungan asam asetat yang ada pada cuka sari apel mengurangi penyerapan pati tubuh serta memperlambat pencernaan yang membuat perut seseorang penuh. Sayangnya, penelitian ini masih menyebabkan pro dan kontra.

Dilansir dari WebMD, manfaat cuka apel untuk diet memang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengatur kadar gula darah. Namun, Anda sebaiknya tidak mengandalkan cuka apel saja kalau ingin menurunkan berat badan. Kombinasikan diet sehat dengan olahraga teratur.

6. Merawat kulit wajah

Cuka sari apel banyak sekali digunakan sebagai toner alami oleh kaum hawa. Jadi, penggunaan cuka sari apel ini cocok sekali untuk melakukan pengobatan pada jerawat. Bahkan, sifat dari antibakteri yang ada di dalam cuka sari apel bisa mengendalikan jerawat wajah.

Tidak cuma itu, dengan menggunakan cuka sari apel akan lebih melembutkan wajah dan memperhalus kulit wajah. Cuka sari apel pun dikatakan mampu untuk menyeimbangkan pH kulit wajah. Makanya, cuka tersebut banyak dipakai oleh para wanita yang ingin menjadikan wajahnya mulus bercahaya.

Kelvin Halim, nutrisionis Jovee menekankan, “Walau cuka apel memiliki manfaat, harap berhati-hati dalam penggunaannya. Cuka apel merupakan bahan makanan yang tinggi akan asam sehingga berisiko memberi iritasi atau korosif pada kulit ataupun lambung kita. Bila memiliki riwayat lambung atau kulit sensitif, harap berhati-hati dalam penggunaannya. Konsultasikan kepada dokter untuk penggunaannya. Makan makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga berat normal atau ideal.”

Sebagai alternatif, kamu dapat mengkonsumsi Frozen Collagen 2 in 1 Powder Drink Ecer – Kolagen, Glutathione, dan Vitamin Kulit (Rp87.134) untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan. Karena belum banyak bukti ilmiah terkait efektivitas cuka apel terhadap kondisi-kondisi di atas, sebaiknya Anda tidak meminumnya berlebihan. Akan lebih lagi jika Anda konsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsinya.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022