fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat6 Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) adalah salah satu gaya hidup yang memiliki banyak manfaat. Untuk menjaga kesehatan, Anda perlu mengonsumsi bermacam-macam makanan bergizi seimbang. Dengan begitu, nutrisi yang Anda dapatkan pun bervariasi. Berbagai nutrisi dari makanan yang sehat tersebut tentunya akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Ditambah dengan perilaku hidup bersih dan sehat, Anda akan terhindar dari kemungkinan terinfeksi penyakit.

6 Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

 

Apa saja, sih, perilaku hidup bersih dan sehat alias PHBS itu?

Jika Anda menyayangi tubuh Anda dan ingin terus menikmati waktu dengan kondisi tubuh yang fit tanpa adanya keluhan penyakit yang berat atau badan yang lesu, menerapkan PHBS atau perilaku hidup sehat dan bersih adalah pilihan yang tepat. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan PHBS? 

Dikutip dari Kemenkes RI, perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sendiri. Tujuannya adalah mencegah risiko infeksi penyakit dan memelihara kesehatan secara keseluruhan. Nah, pada dasarnya, PHBS bisa diterapkan di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, sarana kesehatan, serta tempat umum lainnya.

Masing-masing PHBS di tempat tersebut sedikit berbeda, tetapi prinsipnya kurang lebih sama, yakni:

  • Makan makanan bergizi. Contoh perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah atau tempat kerja adalah membeli jajanan sehat. Pilihlah jus buah, susu, atau sayuran, bukan malah gorengan di pinggir jalan.
  • Olahraga teratur. Termasuk semua aktivitas fisik yang melibatkan gerakan dan mengeluarkan tenaga di tingkat rumah tangga.
  • Rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.
  • Menggunakan air bersih.
  • Tidak merokok, terutama di dalam ruangan.
  • Memberantas jentik nyamuk, minimal seminggu sekali.
  • Membuang sampah pada tempatnya.

Di tingkat rumah tangga, contoh perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat, yaitu:

  • Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan. Baik itu dokter, bidan ataupun paramedis yang punya standar dalam penggunaan peralatan bersih, steril juga aman. 
  • Pemberian ASI eksklusif, untuk bayi hingga 6 bulan.
  • Menimbang bayi dan balita secara berkala sebagai upaya pemantauan pertumbuhan bayi. Penimbangan tersebut dapat dilakukan di Posyandu sejak bayi berusia 1 bulan hingga 5 tahun. 

 

Manfaat praktik PHBS adalah

Jika Anda menerapkan gaya hidup di atas, Anda akan merasakan manfaat jangka pendek maupun panjangnya. Baik terhadap kesehatan fisik dan mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penerapan PHBS adalah:

 

1. Terhindar akan berbagai macam penyakit

Salah satu manfaat terbesar dari gaya hidup sehat yang Anda anut adalah membuat tubuh tidak mudah sakit. Konsumsi makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan membuat metabolism serta imunitas menjadi meningkat.

Ketika Anda menerapkan pola hidup yang baik, maka tubuh akan lebih tahan terhadap penyakit. Sistem imun pun mampu melawan virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh dengan sangat baik.

Hasilnya, risiko sakit pun akan lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang makan sembarangan dan jarang melakukan olahraga.

Beberapa jenis penyakit yang dapat Anda hindari karena menganut gaya hidup bersih serta sehat adalah maag serta obesitas, karena Anda makan dengan lebih teratur. Anda juga akan terhindar dari migrain karena kebutuhan tidur Anda terpenuhi. Bahkan dengan menerapkan pola hidup yang baik, Anda bisa menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung serta kanker.

 

2. Lebih berenergi dan bersemangat

Dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, rutin olahraga dan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih baik, tubuh Anda jadi lebih bertenaga. Penerapan pola hidup yang sehat akan membuat metabolisme meningkat.

Ketika metabolisme tersebut dapat bekerja dengan lebih cepat, tubuh pun dapat lebih banyak menghasilkan energi secara alami. Alhasil, Anda bisa menjalankan aktivitas yang padat dengan lebih bersemangat.

 

3. Produktivitas meningkat

Lingkungan rumah yang nyaman, tubuh yang sehat akan membuat produktivitas Anda menjadi lebih meningkat. Dengan energi yang cukup, Anda bisa menjalankan berbagai aktivitas tanpa adanya hambatan dari tubuh yang terlalu lelah atau kondisi yang rentan sakit.

Mengonsumsi makanan bernutrisi ternyata dapat membuat fungsi otak lebih baik, sehingga Anda bisa berpikir dengan lebih jernih dan melakukan banyak aktivitas. Tidak heran jika produktivitas Anda pun akan meningkat.

 

4. Berat badan terjaga

Menjaga pola makan dan asupan makanan akan memberikan dampak yang baik bukan hanya untuk kesehatan namun untuk penampilan Anda. Berat badan akan lebih ideal dan terjaga jika Anda menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga.

Bila berat badan Anda lebih terjaga, bukan hanya tampilan fisik Anda yang akan menjadi lebih ideal, namun tubuh juga akan terasa lebih ringan. Alhasil, Anda akan lebih nyaman untuk melakukan segala aktivitas.

Manfaat lain yang akan Anda peroleh dari rutin olahraga serta menjaga asupan makanan adalah kekebalan tubuh akan lebih meningkat dan kesehatan jantung pun terpelihara.

 

5. Hidup lebih teratur

Manfaat selanjutnya dari perubahan perilaku menjadi lebih bersih dan sehat adalah hidup Anda akan jauh lebih teratur. Hal ini dikarenakan Anda akan menjalani rutinitas dengan lebih tertata. Sebagai contoh, istirahat yang cukup membuat Anda bangun dengan tubuh yang segar dan mood bagus.

Anda pun merasa lebih siap dan bersemangat melakukan aktivitas. Aktivitas mandi, makan, dan kerja atau sekolah jadi tepat waktu. Dengan begitu, hidup Anda akan jauh lebih terorganisir. Untuk memastikan daya tahan tubuh tetap pada kondisi maksimal selama aktivitas, coba konsumsi Konimex Renovit Gold. Renovit gold adalah multivitamin dan mineral untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Dengan kombinasi multivitamin dan mineral yang lengkap dan seimbang, Renovit Gold dapat membantu proses metabolisme dan regenerasi sel serta membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

 

6. Bersikap positif

Setelah Anda melakukan pola hidup yang sehat, tubuh pun akan terasa lebih sehat pula. Misalnya, adalah ketika Anda melakukan olahraga, nantinya hormon endorfin akan dikeluarkan sehingga Anda merasa tenang dan lebih bahagia. Dengan hormon tersebut, Anda tentu akan memiliki cara pandang dan perasaan yang lebih positif ketika menjalani hidup.  

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat menerapkan pola hidup sehat serta bersih. Gaya hidup seperti ini bukan hanya akan menjaga kesehatan tubuh Anda, namun juga mental. PHBS juga dapat membantu Anda memiliki hidup yang lebih terorganisir.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Referensi:

Promkes Kemenkes RI. 2016. PHBS.

Promkes Kemenkes RI. 2017. Booklet “10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga”.

Taufik H. (Kemen PUPR RI). 2017. Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Dinkes Kabupaten Sleman. 2020. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Cegah COVID-19.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Makanan_Pemicu_Kanker

Waspadai Makanan Penyebab Kanker Yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   01/10/2021
Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021
Cara_Menenangkan_Pikiran

Ketahui Cara Menenangkan Pikiran secara Sederhana

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021

Organ Pencernaan Manusia, Bagaimana Cara Memeliharanya?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
Varian Mu

Varian Mu, Varian COVID-19 Terbaru Yang Mengancam

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021