fbpx
BerandaVitamin & Suplemen6 Manfaat Vitamin B6 bagi Ibu Hamil

Perempuan yang sedang mengandung membutuhkan vitamin B6 untuk ibu hamil. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan apabila kebutuhan akan nutrisi ini tercukupi. Bahkan, ibu hamil jangan sampai mengalami malnutrisi vitamin B6.

manfaat vitamin b6

Vitamin B6 sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan darah, kulit dan saraf. Maka dari itu, perannya bagi tubuh manusia sangat penting. Sehingga wajar kalau vitamin B6 disebut multivitamin yang layak untuk dikonsumsi.

Ada banyak manfaat vitamin B6 terutama untuk ibu yang sedang hamil. Berikut dijelaskan manfaat-manfaat tersebut yang semoga bisa menjadi tambahan ilmu pengetahuan. Ini penjelasan lengkapnya:

1. Membantu membentuk sel darah merah baru

Ibu hamil membutuhkan sel darah yang terevitalisasi dengan baik. Takarannya harus cukup dari usia kandungan satu hari hingga nanti ketika menjelang lahiran. Di periode waktu tersebut sel darah tidak boleh ada masalah.

Sejatinya, metabolisme tubuh bisa membentuk sel darah merah baru secara alami. Namun, terkadang jumlahnya tidak cukup terutama disesuaikan dengan kondisi si ibu. Oleh sebab itu, dibutuhkan pembentukan dari luar tubuh.

Salah satu solusinya adalah mengkonsumsi suplemen vitamin B6 seperti yang terkandung dalam suplemen Blackmores Multi B performance 30 Kap (Rp 170.000). Sebuah multivitamin yang akan ikut membantu menjaga sel darah merah tetap sehat. Termasuk juga membantu melahirkan sel darah yang baru.

2. Meringankan mual dan muntah

Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil yang kedua adalah untuk meringankan mual dan muntah. Penyebabnya adalah gangguan hormon yang disebabkan oleh abnormalitas morning sickness.

Sejatinya mual dan muntah adalah hal yang wajar. Namun jika keterusan ibu hamil juga bisa terganggu. Oleh sebab itu, masalah ini tetap harus diatasi secepatnya sebelum gangguan semakin parah. Apalagi kalau sudah kronis ternyata juga bisa membuat ibu hamil pingsan.

Solusi terbaik untuk mencegah mual dan muntah bagi ibu hamil adalah memperbanyak asupan vitamin B6. Jika tidak mendapatkan dari makanan, bisa menggunakan suplemen vitamin yang banyak dijual di apotik.

3. Mendorong perkembangan otak dan saraf janin

Vitamin B6 tidak hanya membantu menjaga kesehatan saraf ibu hamil, saraf janin juga lebih bagus dan sehat karenanya. Bahkan, adanya vitamin B6 bisa membuat jaringan otak janin juga berkualitas.

Karena hal itulah maka kebutuhan vitamin ini untuk ibu hamil harus dipenuhi. Jangan sampai mengalami malnutrisi karena potensi janin mengalami gangguan saraf dan otak cukup besar.

Jika ini sampai terjadi, tentu anak akan terlahir dalam keadaan cacat. Baik cacat mental maupun gangguan pada perkembangan otaknya. Ini yang berbahaya bahkan menjadi pemicu anak menjadi berkebutuhan khusus.

4. Bobot bayi lebih ideal

Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil yang berikutnya adalah membuat bobot bayi lebih ideal ketika sudah dilahirkan ke dunia. Maksudnya, berat bayi tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu ringan. Karena keduanya sama berbahaya bagi janin dan si ibu.

Sebagian besar masalah akibat kekurangan vitamin B6 adalah ukuran bayi terlalu ringan atau terlalu kecil. Bahkan, sekalipun tidak terlahir prematur ukuran bayi tetap tidak maksimal. Ini yang juga berefek pada pertumbuhan tubuhnya ketika remaja.

Jika kebutuhan vitamin ini terpenuhi, maka bobot bayi lebih maksimal karena di dalam tubuhnya sudah tersimpan nutrisi yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan tubuhnya sejak dini. Artinya, tidak ada hambatan dalam peningkatan massa otot dan pendukungnya.

5. Menguatkan tubuh ibu hamil dari penyakit

Vitamin B6 juga bermanfaat sebagai antibodi bagi penyakit. Makanya sangat bagus jika suplemennya dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Sebab, kondisi inilah yang rentan diserang oleh virus, bakteri dan jamur.

Jika antibodi sudah kuat tentu tubuh juga sehat. Efeknya, ibu hamil bisa menjalankan kehamilannya dengan tenang dan nyaman. Sebaliknya, kalau antibodi sudah rusak, tentu penyakit akan mudah untuk bersarang.

Sejatinya antibodi ini bisa ditemukan di vitamin B6 yang bisa diproses secara alami di dalam tubuh. Namun, untuk mencapai kadar yang seimbang ibu hamil bisa mendapatkannya juga dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.

6. Mengekstrak lemak menjadi energi

Ibu hamil berpotensi memasukkan lemak ke dalam tubuhnya akibat malasnya melakukan olahraga. Akibatnya, tubuh menjadi melar yang berefek pada bobot tubuh semakin berat. Kehamilan juga beresiko terganggu karenanya.

Namun, jika kebutuhan vitamin B6 terpenuhi, tentu obesitas bagi ibu hamil tidak akan terjadi. Karena salah satu fungsinya adalah untuk mengekstrak lemak menjadi energi. Artinya, lemak yang tertahan di tubuh hancur menjadi tenaga.

Tentu, untuk mendapatkan hasil maksimal ibu hamil harus juga beraktivitas ringan. Bahkan dianjurkan untuk berolahraga seperti melakukan senam aerobik dan yoga. Dua olahraga yang memang dianjurkan untuk dilakukan ibu yang hamil muda maupun yang tua.

Itulah beberapa manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Semoga dengan adanya penjelasan di atas, ibu hamil lebih bersemangat untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin tersebut.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

amunizer-adalah

Amunizer, Suplemen Herbal Peningkat Sistem Imun

Vitamin & Suplemen   10/08/2022
vitamin-anak-yang-mengandung-zinc

Pentingnya Vitamin C dan Zinc untuk Anak

Vitamin & Suplemen   11/07/2022
blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022