fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat6 Tips Diet Sehat Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

tips-diet-sehat

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi impian dari setiap orang khususnya wanita. Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah dengan melakukan diet. Namun banyak orang yang salah dalam melakukan diet sehingga berdampak negatif pada kesehatan tubuh, penting untuk mengetahui cara diet sehat agar tubuh tidak mengalami kerusakan.

Panduan Diet Sehat Tanpa Menyiksa Tubuh

Diet yang sehat adalah diet yang tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian dalam tubuh. Banyak orang yang mengira bahwa diet adalah mengurangi asupan nutrisi sehingga berat badan dapat berkurang. Padahal berbagai penyakit dapat menyerang tubuh akibat kurangnya asupan nutrisi harian.

Mengonsumsi obat diet bukanlah salah satu cara yang dianjurkan oleh ahli gizi dan dokter, karena dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Berikut ini beberapa tips untuk menjalani diet yang sukses dan tetap sehat:

  1. Rutin Sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting, sarapan di pagi hari secara teratur dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Metabolisme bekerja untuk membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi, jika metabolisme tubuh bekerja dengan baik maka kalori tidak akan menumpuk dan berubah menjadi energi.

Sarapan juga dapat mencegah dorongan untuk makan di luar jam makan atau ngemil, salah satu faktor kegemukan adalah terlalu banyak memakan makanan yang tidak sehat.

  1. Perbanyak Air Putih

Sebaiknya konsumsi air putih sebelum makan dan sesudah makan, hal ini untuk membantu anda mencegah makan dalam porsi yang besar. Kebutuhan air putih yang tercukupi dapat membuat tubuh terhidrasi sehingga tubuh tidak kekurangan cairan yang penting. Dehidrasi ringan dapat menyebabkan rasa lapar palsu yang dapat menggagalkan program diet.

  1. Hindari Minuman Dan Makanan Manis

Makanan dan minuman manis yang dikonsumsi berlebihan memicu penumpukan glikogen dalam darah. Sehingga proses pembakaran lemak dan kalori menjadi tidak maksimal, yang dapat menyebabkan sulit menurunkan berat badan. Cara diet sehat adalah dengan menghindari konsumsi makanan dan minuman manis.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin dapat membantu tubuh membakar kalori yang tersisa. Selain itu, tubuh dapat mengeluarkan racun melalui keringat sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan mengurangi berat badan secara sehat.

  1. Istirahat Yang Cukup

Mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap hari dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Kualitas tidur yang baik dapat mencegah terjadinya kenaikan berat badan yang tidak normal, sebab kurang tidur dapat memicu stres.

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung serat pangan dalam jumlah banyak sehingga mampu mencukupi kebutuhan serat pangan harian. Apabila anda sedang merasa lapar di luar jam makan maka anda dapat mengonsumsi buah sebagai camilan diet yang sehat.

Perbanyak juga mengonsumsi sayur-sayuran agar pencernaan menjadi lebih sehat. Pencernaan yang sehat dapat menghindari resiko terkena sembelit yang menjadi faktor penghambat dalam program diet. Pencernaan yang lancar membantu berat badan turun dengan lebih cepat.

Selain melakukan cara diet sehat yang telah disebutkan, anda bisa mengatur jumlah asupan kalori harian dengan menggunakan metode kalori defisit. Metode tersebut digunakan untuk menentukan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan jumlah kalori yang dibakar. Sehingga tidak adanya kalori yang tertimbun sebagai penyebab munculnya lemak di dalam tubuh.

Bergabunglah dengan Jovee dan mulai hidup sehat sekarang. Unduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store atau ambil konsultasi nutrisionis Jovee, gratis! Dengan Jovee, kamu bisa melihat rekomendasi suplemen sesuai kebutuhan personalmu. Dapatkan yang kamu perlukan hanya di pusat vitamin terlengkap, Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

7-manfaat-pilates

Ketahui 7 Manfaat Pilates bagi Tubuh

Gaya Hidup Sehat   28/07/2021
purging-kulit-wajah-1

Mengenal Tentang Purging Pada Kulit Wajah

Gaya Hidup Sehat   07/07/2021
karang-gigi

Kenali Karang Gigi dan Cara Membersihkannya!

Gaya Hidup Sehat   07/07/2021
penderita-diabetes

7 Kewajiban yang Penting untuk Dipenuhi oleh Penderita Diabetes

Gaya Hidup Sehat   17/05/2021
aktivitas-olahraga-anak-selama-pandemi

6 Aktivitas Olahraga Anak selama Pandemi

Gaya Hidup Sehat   29/04/2021