fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat6 Tips Senam Zumba yang Wajib Anda Ketahui

Mungkin Anda sudah tahu betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Olahraga memiliki berbagai macam jenisnya, seperti latihan aerobik, boxing, angkat beban, yoga, tai chi, senam, dan lain sebagainya. Anda penggemar olahraga yang menyenangkan tapi menyehatkan? Nah, mungkin senam zumba cocok untuk Anda. Senam ini termasuk jenis olahraga yang menggunakan tarian guna membakar kalori Anda. Apa saja manfaat senam zumba bagi kesehatan tubuh? Adakah tips khusus senam zumba untuk pemula?

senam-zumba-dan-tips-untuk-pemula

 

Dari mana asal senam zumba?

manfaat-senam-zumba-dance

Kata zumba sendiri berasal dari bahasa Kolombia yang artinya bersenang-senang dan bergerak cepat. Senam ini termasuk rangkaian olahraga atau senam jantung yang gerakannya mudah diikuti. 

Zumba pertama kali dikenalkan oleh Alberto Perez, seorang instruktur aerobik. Ia memutar musik yang biasa digunakan untuk menari ketika sedang mengajar senam. Ternyata, banyak orang yang menyukainya. Kemudian, ia mulai menjual DVD musik Latin untuk senam yang diberi nama Zumba. 

Hingga kini, senam zumba telah dipraktikkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Musik yang mengiringinya juga menjadi lebih beragam, seperti genre hip-hop. Di Indonesia, beberapa contoh lagu yang umumnya digunakan saat senam zumba adalah Despacito, Syantik, Maumere, hingga dangdut.

Diiringi musik cepat yang gembira, salah satu gerakan senam zumba berupa tarian beat merengue. Tarian tersebut melibatkan beberapa set gerakan jongkok yang diikuti dengan lompatan plyometric. Gerakan tersebut dapat membakar lemak dan menguatkan otot tubuh.

 

Berbagai manfaat senam zumba bagi kesehatan

Dilansir dari Mayo Clinic, senam zumba merupakan salah satu latihan aerobik yang dapat membakar banyak kalori di tiap gerakannya. Satu kali latihan diperkirakan bisa membakar 400 sampai 600 kalori per jam. Olahraga ini cocok untuk dilakukan oleh Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Gerakan senam zumba memang dirancang untuk dilakukan berkali-kali menggunakan sebagian besar otot tubuh. Karenanya, latihan zumba dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, serta meningkatkan detak jantung. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari zumba, diantaranya:

  • Membakar kalori. Olahraga zumba yang dilakukan selama 60 menit akan membakar kalori sebanyak 450 kalori.
  • Membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh karena perpaduan berbagai gerakannya, mulai dari hip-hop, cha-cha, salsa, hingga tari perut.
  • Membuat pikiran lebih tajam. Rangkaian gerakan senam zumba cukup rumit, sehingga Anda perlu mengingatnya. Hal ini diduga dapat membantu daya ingat seseorang jadi lebih tajam.
  • Meningkatkan koordinasi antar anggota tubuh.
  • Menambah stamina tubuh.
  • Meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. Gerakan-gerakan zumba difokuskan untuk melatih fleksibilitas dan ketahanan tulang belakang.
  • Melatih kekuatan otot punggung, bokong, perut, dan paha.
  • Menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh. Secara tidak langsung, senam zumba dilakukan untuk mengecilkan perut.
  • Meningkatkan rasa percaya diri, mood, dan energi.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Bersama Keluarga untuk Mengurangi Stres

 

Berapa kali zumba harus dilakukan?

Zumba menggabungkan latihan interval dengan ritme cepat dan lambat, juga latihan ketahanan otot. Sebagai latihan aerobik, sebaiknya lakukan senam jenis ini minimal 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Anda pun dapat melakukan senam zumba minimal selama 75 menit per minggu dengan intensitas yang lebih berat.

Sebagai contoh, Anda menargetkan olahraga selama 160 menit per minggu. Waktu tersebut bisa Anda bagi menjadi, minimal 40 menit, setiap hari dalam 4 hari. Senam zumba yang dilakukan selama 40 menit sudah dapat membakar sekitar 369 kalori tubuh.

Karena ini hanya rekomendasi minimal, Anda bisa melakukannya lebih dari waktu tersebut. Makin sering banyak Anda melakukan senam aerobik ini, makin banyak pula manfaat kesehatan yang didapatkan. Asalkan, Anda harus bisa mengukur kemampuan diri sendiri.

Senam yang dilakukan berlebihan dan mati-matian (overtraining) bisa menyebabkan masalah kesehatan. Pantaulah kesehatan Anda sendiri, misalnya segera istirahat jika Anda merasa kelelahan. Kurangi intensitas latihan bila napas sudah terengah-engah dan Anda tidak bisa bicara.

Apabila Anda mulai merasa sensitif dan mudah marah, serta nafsu makan menurun, mungkin itu tandanya Anda perlu beristirahat dan menurunkan intensitas.

Olahraga memang bermanfaat, tetapi tubuh Anda tetap butuh waktu untuk memulihkan diri. Lain halnya, bila tubuh Anda memang sudah terlatih dan terbiasa olahraga setiap hari. 

Baca juga: Cara Memulai Gaya Hidup Aktif Meski Jarang Berolahraga

 

Tips senam zumba untuk pemula

Karena gerakannya terbilang mudah dan menyenangkan, zumba bisa diikuti oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Seperti olahraga lainnya, senam zumba tetap harus dilakukan sesuai tahapan dan cara yang tepat. Tujuannya adalah mengecilkan kemungkinan cedera. Terlebih lagi, untuk pemula. Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa dijadikan panduan jika Anda, para pemula, ingin mengikuti zumba pertama kalinya, yakni:

  • Tanya dokter.
    Sebelum mulai melakukan zumba, berkonsultasilah dengan dokter, terutama kalau Anda memiliki penyakit tertentu.
  • Mengikuti kelas pemula dengan instruktur berpengalaman dan bersertifikasi.
  • Memilih kelas zumba sesuai usia dan kemampuan.
    Kelas Aqua Zumba menggunakan irama yang lebih lambat dan Gold Zumba yang dikhususkan untuk para lansia.
  • Melakukan pemanasan sebelum senam dan pendinginan setelahnya.
  • Mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk bergerak dengan bebas.
  • Meminum air untuk mencegah dehidrasi.
    Kalau bisa sebelum Anda merasa haus. Kalau sudah haus, artinya Anda dehidrasi.

Khusus untuk ibu hamil, hindari bergerak secara berlebihan karena bisa memicu kebocoran cairan vagina. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengikuti kegiatan olahraga selama kehamilan.

Baca juga: 6 Tips Olahraga Aman untuk Ibu Hamil Muda

Latihan aerobik zumba dapat mengurangi risiko penyakit kronis, memperkuat jantung, dan meningkatkan suasana hati. Manfaat senam zumba untuk mengecilkan perut bisa didapat karena perpaduan gerakannya yang membakar kalori serta lemak tubuh. Tidak cuma bagi kesehatan fisik, zumba pun berdampak positif terhadap mood dan kesehatan emosional.

Walaupun menari zumba terlihat mudah, Anda harus tetap melakukan ketentuan dasar olahraga, terutama untuk pemula, guna mencegah cedera. Agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik, lengkapi aktivitas senam zumba dengan konsumsi vitamin daya tahan tubuh seperti Sidomuncul Echinacea 500MG 30 Kap (Rp 72.800).

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Edward LR. (Mayo Clinic). 2019. I’ve heard friends talk about Zumba. What does it involve, and is it an effective workout?

NHS UK. 2016. Dance for Fitness.

Iliades, C. (Everyday Health). 2011. Getting Fit With Zumba.

Sarnataro, B. (WebMD). 2010. Zumba: Fun is Secret Ingredient of Latin Dance Workout.

Jodi H. (WebMD). 2020. Zumba.

Faith W. (Livestrong). 2018. Benefits of Zumba Workouts.

Erin K. (Healthline). 2018. The Surprising Health Benefits of Zumba.

Pam M. (Livestrong). 2018. Origins of Zumba.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara Aman Untuk Mempercepat Pembukaan Persalinan

Gaya Hidup Sehat   26/11/2021

Cara Alami Atasi Ambeien Dengan Mudah

Gaya Hidup Sehat   22/11/2021

Tahapan Pertumbuhan Gigi Pada Anak

Gaya Hidup Sehat   17/11/2021

Tahapan Fase Pertumbuhan Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Gaya Hidup Sehat   17/11/2021
Makanan_Pemicu_Kanker

Waspadai Makanan Penyebab Kanker Yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   01/10/2021