fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat7 Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

7 CARA MENCEGAH DAN MENGOBATI JERAWAT

Jerawat adalah kelainan kulit umum yang dapat menyebabkan beberapa jenis noda. Beberapa di antaranya jerawat dan komedo. Ada banyak cara untuk mencegah jerawat. Jerawat pada kulit ditandai dengan jerawat merah yang biasanya muncul di wajah dan leher dan kadang-kadang di punggung atas, dada, atau bahu.

Jerawat biasanya hasil dari peradangan atau infeksi kelenjar sebaceous penghasil minyak. Tergantung pada tingkat keparahannya, jerawat dapat menyebabkan jaringan parut pada kulit, menyebabkan frustasi dan tekanan emosional.

Tips Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Keberadaan jerawat memang sangat mengganggu. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Apa saja itu? Ini dia ulasannya.

1. Cucilah Wajah Anda dengan Benar

Untuk membantu mencegah jerawat, penting untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan keringat setiap hari. Namun, mencuci wajah lebih dari dua kali sehari dapat memperburuk jerawat.

Jangan mencuci wajah dengan pembersih kasar yang mengeringkan kulit. Gunakan pembersih bebas alkohol.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencuci muka:

  • Basahi wajah Anda dengan air hangat, bukan panas.
  • Oleskan pembersih ringan dalam gerakan melingkar yang lembut menggunakan jari-jari Anda, bukan waslap.
  • Bilas sampai bersih, dan keringkan.

2. Kenali Jenis Kulit Anda

Siapa pun bisa terkena jerawat, apa pun jenis kulitnya. Kulit berminyak adalah yang paling rentan berjerawat. Ini disebabkan oleh kelenjar sebaceous kulit Anda yang memproduksi terlalu banyak sebum berminyak.

Jenis kulit lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah kulit kombinasi. Kulit kombinasi berarti Anda memiliki area kering dan berminyak. Daerah berminyak cenderung menjadi dahi, hidung, dan dagu Anda, juga disebut zona-T Anda.

Mengetahui jenis kulit Anda akan membantu Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat. Misalnya, jika kulit Anda berminyak, pilih produk non comedogenic yang diformulasikan untuk tidak menghalangi pori-pori.


3. Gunakan Pelembab untuk Kulit

Pelembab membantu kulit tetap terhidrasi. Tetapi banyak pelembab yang mengandung minyak, pewangi sintetis, atau bahan-bahan lain yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

Untuk membantu mencegah jerawat, gunakan pelembab bebas pewangi dan non comedogenic setelah Anda mencuci wajah atau ketika kulit Anda terasa kering. Salah satu jenis pelembab yang bisa digunakan yaitu aloevera.

Oleskan lidah buaya. Satu studi menemukan bahwa 90 persen luka kulit sembuh sepenuhnya dengan lidah buaya dalam waktu lima hari. Beli produk yang mengandung lidah buaya, atau peras gel dari tengah daun yang baru dipotong dan oleskan ke kulit

4. Cobalah produk jerawat yang dijual bebas

Produk jerawat ini tidak memerlukan resep dokter. Kebanyakan dari mereka memiliki bahan-bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat, yang mengekang bakteri dan mengeringkan kulit Anda. Mereka dapat menyebabkan pengeringan atau pengelupasan, jadi mulailah dengan sedikit pada awalnya.

Anda dapat menyesuaikan berapa banyak yang Anda gunakan dan seberapa sering. Pilihan lain adalah gel retinoid topikal OTC baru (Differin 0,1% gel). Ini berfungsi untuk benar-benar menjaga jerawat dari pembentukan. Gunakan produk ini dengan hati-hati jika Anda memiliki kulit sensitif.

5. Gunakan Riasan yang Sesuai

Selama breakout, hindari memakai alas bedak, bedak, atau blush on. Jika Anda menggunakan riasan, cucilah di penghujung hari. Jika memungkinkan, pilih kosmetik bebas minyak tanpa pewarna dan bahan kimia tambahan.

Pilih rias wajah yang berlabel “non comedogenic,” yang berarti tidak boleh menyebabkan jerawat. Baca daftar bahan pada label produk sebelum membeli.

6. Jauhkan Tangan Anda dari Wajah

Hindari menyentuh wajah Anda atau menyangga pipi atau dagu Anda. Anda tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, Anda juga dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang. Jangan pernah memetik atau memencetnya dengan jari Anda, karena dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut.

7. Jauhi Sinar Matahari

Sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan, dan dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi (perubahan warna gelap). Beberapa obat dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari, terutama antara jam 10 pagi dan 4 sore, dan kenakan pakaian pelindung, seperti kemeja lengan panjang, celana, dan topi berpinggiran lebar.

Gunakan tabir surya spektrum luas dengan seng oksida 6% atau lebih tinggi dan SPF 30 atau lebih tinggi setidaknya 20 menit sebelum paparan sinar matahari. Cari “noncomedogenic” pada label tabir surya untuk membuat jerawat baru lebih kecil kemungkinannya. Baca bahan-bahan pada label produk untuk mengetahui apa yang Anda kenakan di kulit Anda.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –
Cara Mencegah Rambut Rontok dan Rusak
Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan
10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit
Curcuma Xanthorrhiza Extract: Penjelasan dan Manfaat
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu
Cardio VS Weight Lifting, Apa Bedanya?

Selain melakukan tindak pencegahan dan pengobatan yang sesuai, Anda juga bisa mendukung pencegahannya dengan konsumsi vitamin yang direkomendasikan oleh Jovee. Salah satunya adalah vitamin e yang mengandung antioksidan. Dikenal sebagai vitamin yang berperan besar bagi kulit, vitamin E mendukung penampilan kulit agar selalu sehat. Secara instan, vitamin E berguna untuk mengatasi masalah kulit seperti psoriasis, jerawat, maupun kondisi kulit menua karena terkena sinar matahari.

Ditambah dengan evening primrose oil yang dipercaya dapat mengobati jerawat sekaligus mengurangi eksim. Evening primrose adalah tanaman dengan bunga berwarna kuning yang ekstraknya diambil dari bibit bunga tersebut. Ekstrak evening primrose mengandung lemak asam gamma linolenik atau yang dikenal GLA. Anda dapat mulai mengkonsumsi Wellness Evening Primrose Oil – Kecantikan Kulit – 60 Kaplet (Rp253.000) untuk merawat kesehatan kulit Anda dan membantu menyembuhkan jerawat.

Selain lebih praktis, Anda juga tidak perlu repot-repot lagi berkonsultasi ke dokter untuk menemukan suplemen yang tepat.

Referensi:
Medical News Today

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-mengatasi-sesak-napas-karena-batuk

7 Cara Mengatasi Sesak Napas karena Batuk

Gaya Hidup Sehat   14/01/2022
cara-mengatasi-kulit-kering

7 Cara Mengatasi Kulit Kering

Gaya Hidup Sehat   03/01/2022
cara-mengatasi-flu-pada-ibu-hamil

5 Cara Mengatasi Flu pada Ibu Hamil

Gaya Hidup Sehat   31/12/2021
pemeriksaan-fungsi-ginjal

Jenis-jenis Pemeriksaan Fungsi Ginjal

Uncategorized   31/12/2021
bahan-makanan-pemicu-kanker

7 Bahan Makanan Pemicu Kanker yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   30/12/2021