fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat7 Cara Mengatasi Sesak Napas karena Batuk

Umumnya, batuk adalah penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan obat bebas. Saat terserang batuk, gejala yang sering mengikuti biasanya adalah hidung tersumbat dan sesak napas. Sesak napas dalam hal ini terjadi karena adanya penumpukan lendir kental pada saluran napas (tenggorokan) sehingga pasokan udara ke paru-paru jadi terhambat.

cara-mengatasi-sesak-napas-karena-batuk

Sebenarnya, lendir ini dibutuhkan dalam saluran pernapasan untuk menjebak partikel debu, bakteri, dan kotoran lainnya yang terhirup. Lendir yang diproduksi tubuh ini juga mengandung antibiotik alami, yang membantu menghancurkan bakteri dengan lisozim (enzim anti bakteri). Normalnya, saluran pernapasan menghasilkan sekitar dua liter lendir sehari.

Infeksi yang disebabkan penyakit batuk menyebabkan produksi lendir menjadi berlebihan. Terutama saat tidur, penyumbatan lendir ini sering kali menyebabkan kesulitan bernafas. Lalu, bagaimana cara mengatasi sesak napas karena batuk? Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi sesak napas yang telah dirangkum oleh Jovee

1. Gunakan Humidifier

Menggunakan humidifier dalam ruangan dapat menambah kelembapan udara untuk mencegah kekeringan yang dapat menyebabkan iritasi di banyak bagian tubuh. Humidifier juga dapat meringankan beberapa gejala yang disebabkan oleh flu dan batuk, seperti sesak napas.

Menghirup udara yang lembab dapat menenangkan jaringan di saluran pernafasan yang mengalami iritasi. Beberapa orang juga mengklaim bahwa udara yang lembab dapat membantu lendir yang tersumbat mengalir lebih baik.

2. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat menjadi salah satu cara mengatasi sesak napas karena batuk. Uap dari air hangat dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Mandi dengan cara ini setidaknya dapat membuat pernapasan kamu kembali normal untuk sementara waktu.

Selain mandi, kamu juga dapat gunakan kompresan handuk dengan air hangat untuk meredakan penyumbatan lendir dan membuka saluran hidung.

3. Banyak Minum Air Putih

Cara mengatasi sesak napas karena batuk lainnya adalah dengan banyak minum air putih. Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat terserang batuk dan flu. Melansir dari Healthline, mempertahankan tingkat hidrasi yang optimal dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus.

4. Posisi Tidur yang Baik

Sesak napas karena batuk bisa jadi sangat mengganggu di malam hari. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menambah tinggi bantal agar posisi kepala tetap tinggi. Menjaga posisi kepala lebih tinggi dari badan saat tidur dapat membuat pernafasan menjadi lebih lancar.

5. Konsumsi Teh Panas

Cara lain untuk meredakan sesak napas karena batuk adalah dengan mengonsumsi minuman panas. Ini karena uap dari panas yang dihasilkan akan membantu membuka dan melemaskan saluran udara dari lendir, sehingga pernapasan dapat menjadi lebih lega.

Selain itu, teh herbal tertentu mengandung herbal yang bersifat dekongestan ringan. Minumlah teh yang mengandung antiinflamasi dan antihistamin, seperti chamomile, jahe, mint, atau jelatang. Minum secangkir teh herbal panas juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

6. Mengonsumsi Obat Batuk & Suplemen Daya Tahan Tubuh

Kamu dapat mengonsumsi obat yang dijual bebas (OTC) untuk meredakan saluran pernapasan akibat batuk. Beberapa jenis obat yang dapat membantu adalah dekongestan, antihistamin, atau obat alergi. Namun, jika kondisi tidak membaik setelah tiga hari, segera periksakan diri ke dokter.

Selain mengonsumsi obat, kamu juga perlu mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh untuk melawan virus dan bakteri yang menyerang tenggorokan. Suplemen ini akan membantu proses pemulihan lebih cepat, dan mengurangi beberapa gejala yang ditimbulkan dari batuk. Salah satu suplemen daya tahan tubuh yang dapat dicoba adalah Blackmores Bio C 1000 mg (Rp299.935).

Blackmores Bio C mengandung Acerola dan Rosehips, yang mana keduanya merupakan sumber vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Suplemen ini juga aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung karena dibuat dari mineral-mineral askorbat.

7. Periksakan Diri ke Dokter

Cara terakhir untuk mengatasi sesak napas karena batuk adalah memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika kamu mengalami sesak napas yang disertai dengan demam tinggi dan mimisan, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Itulah 7 cara mengatasi sesak napas karena batuk. Cara paling baik untuk mencegah penyakit adalah dengan hidup sehat dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar proteksi diri makin maksimal, sebaiknya konsumsi suplemen daya tahan tubuh harian seperti Vitalong C, Interbat Vitazet, atau Holisticare Ester C yang kaya akan vitamin C untuk jaga daya tahan tubuh.

Kamu juga bisa dapatkan suplemen daya tahan tubuh lainnya di Jovee, pusat vitamin personal terlengkap.Unduh juga aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan ikuti kuisnya untuk dapatkan rekomendasi vitamin yang sesuai dengan kondisi kamu. Dapatkan beragam vitamin, dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022
cara-mengontrol-berat-badan-saat-hamil

6 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Gaya Hidup Sehat   07/06/2022
damapk-kurang-tidur-pada-perkembangan-otak-anak

Dampak Kurang Tidur pada Perkembangan Otak Anak

Gaya Hidup Sehat   06/06/2022
tips-anak-rajin-membaca

8 Tips Agar Anak Lebih Rajin Membaca

Gaya Hidup Sehat   02/06/2022
apakah-begadang-menyebabkan-jerawat

Begadang Bikin Jerawat? Ini Dia 7 Efek Begadang

Gaya Hidup Sehat   23/05/2022