fbpx

7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh

by | Apr 29, 2020 | Lainnya | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Sariawan bisa terjadi pada siapa pun, tidak mengenal usia atau jenis kelamin. Penyebab dari penyakit sariawan pun beraneka ragam seperti kekurangan vitamin, infeksi, mineral stres, tak sengaja menggigit lidah, perubahan hormon serta alergi. Sariawan ringan biasanya memerlukan pengobatan secara khusus, karena bisa sembuh sendirinya dengan waktu 1 hingga 2 minggu. Bagaimana cara mengobati sariawan?

Jika menggunakan obat, hal ini ditujukan untuk mengurangi nyeri serta gejala yang disebabkan oleh sariawan. Bila Anda tak tahan berlama-lama merasakan sakit akibat sariawan ini, ada beberapa cara mengobati sariawan secara alami.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Agar dapat meredakan nyeri serta mempercepat penyembuhan dari penyakit ini, berikut beberapa bahan dan cara mengobati sariawan secara alami, antara lain:

1. Akar manis dan daun saga

Akar manis serta daun saga sudah lama dipercaya sebagai obat sariawan. Tanaman ini begitu sering digunakan untuk obat herbal karena mempunyai efek antibakteri, antioksidan dan anti radang. 

2. Madu

Madu sangat efektif untuk membantu dan mencegah infeksi luka yang disebabkan oleh sariawan. Untuk menyembuhkan penyakit ini, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke area mulut yang terkena sariawan 4X dalam sehari, pilih madu yang belum pernah dipanaskan. 

3. Daun sirih

Penggunaan daun sirih sebagai obat sariawan bisa dilakukan dengan cara dikunyah. Tanaman yang biasanya digunakan dalam pengobatan tradisional ini mempunyai beberapa khasiat seperti antiradang, antioksidan, hingga antibakteri, inilah sebabnya daun sirih bisa digunakan sebagai obat yang menjaga kesehatan mulut dan gigi. 

4. Es batu

Nyeri yang disebabkan oleh sariawan pasti sering membuat Anda menjadi susah minum dan makan. Agar dapat mengunyah makanan serta minum air dengan nyaman, Anda dapat mengemut es batu di area sariawan, sehingga nyeri sariawan bisa berkurang.

5. Minyak kelapa

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengaplikasikan minyak kelapa untuk obat sariawan. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat sariawan, Anda hanya cukup mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan. Minyak kelapa dipercaya dapat mencegah penyebaran sariawan yang dikarenakan infeksi bakteri serta membantu mengurangi kemerahan.

Perawatan Sariawan

Selain menggunakan obat alami diatas, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan, antara lain:

Menyikat gigi secara teratur

Untuk menjaga kebersihan mulut, menyikat gigi secara teratur begitu dianjurkan. Anda bisa menggunakan benang gigi serta dental floss sekali dalam sehari. Selain itu sering-sering mengganti sikat gigi jika sudah digunakan selama berbulan-bulan. Tak perlu menunggu hingga sikat rusak.

Tidak menggunakan obat kumur

Mengapa harus berhenti berkumur menggunakan obat kumur? Obat kumur ternyata dapat menghindari pertumbuhan flora di mulut. Sehingga, Anda bisa menghentikan menggunakan obat kumur untuk sementara waktu, kecuali atas saran dokter, Anda harus menggunakan obat kumur.

Memperbanyak mengkonsumsi air putih

Bila sariawan sangat terasa sakit, Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi air putih, selain itu jika sariawan terasa sangat sakit ketika Anda minum, Anda dapat minum dengan menggunakan sedotan. 

Berkumur dengan menggunakan air garam

Anda dapat mencampurkan garam dan air hangat, kemudian kumur berulang kali. Berkumur dengan air garam ini bisa dilakukan beberapa kali sehari. 

Memilih makanan yang tidak banyak dikunyah

Makanan-makanan yang tidak banyak dikunyah ini seperti agar-agar, es krim, dan berbagai makanan lembut. 

Mengkonsumsi yoghurt plan

Agar dapat mengembalikan bakteri baik di dalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi yoghurt tanpa pemanis atau bisa diminum dalam bentuk kapsul.

Membatasi asupan makanan yang mengandung ragi serta gula

Makanan yang mengandung gula dan ragi ini seperti bir, wine dan roti. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut bisa mendorong perkembangan jamur. 

Tips Cegah Sariawan Agar Tak Berulang

Agar sariawan tidak kembali datang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, antara lain:

1. Berhati-hati ketika makan

Biasanya sariawan juga disebabkan oleh lidah yang tergigit, atau bibir yang tergigit. Saat makan, lebih baik Anda lebih berhati-hati, hindari bicara ketika makan. 

2. Mencukupi cairan tubuh

Usahakan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Anda bisa mencukupi cairan tubuh dan cairan lainnya. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Lutein oil untuk Kesehatan Mata
Pelajari Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu
Cara Mencegah Rambut Rontok dan Rusak
5 Suplemen yang Tepat Untuk Musim Hujan

3. Menghindari makan makanan tertentu

Bila sariawan hyang sebelumnya Anda derita disebabkan oleh makanan pedas dan asam, lebih baik hindari makanan tersebut agar sariawan tidak kembali. 

4. Mencukupi nutrisi harian

Agar sariawan tidak datang kembali, pastikan mencukupi kebutuhan nutrisi harian, terutama vitamin B dan C. ada beberapa makanan yang mengandung vitamin ini seperti asparagus, kacang-kacangan, paprika, hati sapi dan masih banyak lagi. Anda juga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian dari suplemen vitamin. 

Itulah beberapa cara mengobati sariawan dengan alami dan ampuh. Personalisasikan kebutuhan vitamin dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional