fbpx
BerandaKesehatan Lainnya7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh

Sariawan bisa terjadi pada siapa pun, tidak mengenal usia atau jenis kelamin. Penyebab dari penyakit sariawan pun beraneka ragam, seperti kekurangan vitamin dan mineral, infeksi, stres, lidah tergigit, perubahan hormon, serta alergi. Sariawan ringan biasanya memerlukan pengobatan karena waktu sembuh sendirinya memakan waktu hingga 1 hingga 2 minggu. Bagaimana cara mengobati sariawan yang cepat?

7 CARA MENGOBATI SARIAWAN SECARA ALAMI DAN AMPUH

Pengobatan sariawan dengan menggunakan obat bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri serta gejala yang disebabkan oleh sariawan. Namun selain obat, kamu yang tidak tahan berlama-lama merasakan sakit akibat sariawan dapat menerapkan beberapa cara mengobati sariawan secara alami berikut.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Agar dapat meredakan nyeri serta mempercepat penyembuhan dari penyakit ini, ada beberapa bahan dan cara mengobati sariawan secara alami, antara lain:

1. Akar manis dan daun saga

Akar manis serta daun saga sudah lama dipercaya sebagai obat sariawan. Kedua tanaman ini begitu sering digunakan untuk obat herbal karena mempunyai efek anti-bakteri, antioksidan dan anti-radang.

2. Madu

Madu sangat efektif untuk membantu dan mencegah infeksi luka yang disebabkan oleh sariawan. Untuk menyembuhkan penyakit ini, kamu hanya perlu mengoleskan madu ke area mulut yang terkena sariawan sebanyak empat kali dalam sehari. Pilihlah madu murni yang belum pernah dipanaskan.

3. Daun sirih

Daun sirih dikenal karena potensinya dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Perawatan sariawan pun bisa dilakukan lewat tumbuhan ini dengan cara mengunyahnya.

Tanaman yang biasanya diaplikasikan dalam pengobatan tradisional ini pun mempunyai beberapa kelebihan. Di antaranya adalah anti-radang, antioksidan, hingga anti-bakteri. Inilah sebabnya daun sirih digunakan sebagai salah satu cara mengatasi sariawan dengan cepat dan ampuh.

4. Es batu

Nyeri yang disebabkan oleh sariawan pasti sering membuat kamu menjadi susah minum dan makan. Agar dapat mengunyah makanan serta minum air dengan nyaman, kamu dapat mengemut es batu di area sariawan, sehingga nyeri sariawan bisa berkurang.

5. Minyak kelapa

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara mengaplikasikan minyak kelapa untuk obat sariawan. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat sariawan, kamu hanya cukup mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan.

Minyak kelapa dipercaya dapat mencegah penyebaran sariawan dikarenakan infeksi bakteri. Minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi ruam atau kemerahan.

Perawatan Sariawan

Selain menggunakan obat alami di atas, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

1. Menyikat gigi secara teratur

Untuk menjaga kebersihan mulut, menyikat gigi secara teratur begitu dianjurkan. Kamu bisa menggunakan benang gigi serta dental floss sebanyak satu kali dalam sehari. Selain itu, sering-seringlah mengganti sikat gigi jika sudah digunakan selama berbulan-bulan. Tak perlu menunggu hingga sikatnya rusak.

2. Tidak menggunakan obat kumur

Mengapa harus berhenti berkumur menggunakan obat kumur? Obat kumur ternyata dapat menghindari pertumbuhan flora normal di mulut yang menangkal bakteri buruk. Karenanya, kamu perlu menghentikan menggunakan obat kumur untuk sementara waktu. Namun bila dokter menyarankan, kamu bisa kembali menggunakan obat kumur.

3. Memperbanyak mengonsumsi air putih

Bila sariawan sangat terasa perih, kamu bisa memperbanyak mengonsumsi air putih. Selain itu, jika sariawan terasa sangat sakit ketika sedang minum. Kamu dapat mencoba minum dengan menggunakan sedotan.

4. Berkumur dengan menggunakan air garam

Kamu dapat mencampurkan garam dan air hangat, kemudian kumur menggunakan campuran itu berulang kali. Berkumur dengan air garam bisa dilakukan beberapa kali sehari.

5. Memilih makanan yang tidak banyak dikunyah

Makanan-makanan yang tidak perlu banyak dikunyah, seperti agar-agar, es krim, dan berbagai makanan lembut akan menghindarkanmu dari kemungkinan menggigit sariawan secara tidak sengaja yang mungkin malah dapat memperparah sariawan itu sendiri.

6. Mengonsumsi yoghurt plan

Agar dapat mengembalikan bakteri baik di dalam tubuh, kamu dapat mengonsumsi yoghurt tanpa pemanis atau bisa pula meminumnya dalam bentuk kapsul.

7. Membatasi asupan makanan yang mengandung ragi serta gula

Makanan yang mengandung gula dan ragi seperti bir, minuman anggur, dan roti sebaiknya juga perlu dihindari ketika kamu sariawan. Hal ini disebabkan potensi makanan-makanan tersebut dalam mendorong perkembangan jamur.

8. Mengonsumsi vitamin B kompleks

Orang yang kekurangan asupan vitamin B, khususnya vitamin B12, bisa rentan terhadap risiko sariawan. Untuk itu, mengonsumsi makanan dengan sumber vitamin B12 seperti daging, ikan, telur, dan keju dapat membantu pemulihan sariawan. Selain itu, suplemen vitamin B kompleks dapat memberikan efek yang sama, dalam hal mengecilkan sariawan serta jadi cara menghilangkan rasa sakit sariawan.

Salah satu suplemen vitamin B yang dapat kamu coba adalah Blackmores Multi B (Rp145.655) yang dapat diperoleh dengan mudah di Jovee.

Tips Cegah Sariawan Agar Tidak Berulang

Agar sariawan tidak kembali datang, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan, di antaranya:

1. Berhati-hati ketika makan

Biasanya sariawan bisa disebabkan oleh lidah atau bibir yang tidak sengaja tergigit. Saat makan, lebih baik kamu menggigit atau mengunyah dengan lebih berhati-hati. Hindari pula terlalu sering bicara saat makan.

2. Mencukupi cairan tubuh

Usahakan menjaga tubuh agar selalu terhidrasi dengan baik. Kamu bisa mencukupi cairan tubuh dengan rutin meminum air putih. Jus juga baik untuk menghidrasi tubuh sekaligus memberikan beragam manfaat yang diperlukan tubuh.

3. Menghindari makan makanan tertentu

Bila sariawan yang sebelumnya kamu derita disebabkan oleh makanan pedas dan asam, lebih baik hindari jenis makanan-makanan tersebut agar sariawan tidak kembali.

4. Mencukupi nutrisi harian

Agar sariawan tidak datang kembali, pastikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, terutama vitamin B dan vitamin C. Ada beberapa makanan yang mengandung vitamin tersebut, seperti asparagus, kacang-kacangan, paprika, hati sapi, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian dari suplemen vitamin.

Penanganan dokter

Meski kemungkinannya kecil, sariawan dapat menjadi masalah besar apalagi bila efek yang ditimbulkannya begitu terasa mengganggu. Jika hal itu pun terjadi, kamu disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter. Berikut beberapa tanda-tanda sariawan yang memerlukan penanganan lanjut dari dokter:

  • Sariawan lebih besar dari biasanya
  • Sariawan muncul dalam jumlah yang banyak
  • Sariawan baru muncul sebelum yang lama sudah sembuh
  • Sariawan tidak sembuh lebih dari 2 minggu
  • Sariawan menyebar ke bibir
  • Sariawan sangat perih
  • Sariawan mulai mengganggu aktivitas makan dan minum
  • Sariawan diiringi demam

Selain itu, jika sariawan yang kamu alami disebabkan gigi yang tajam atau bergerigi atau masalah kebersihan gigi, segera konsultasikan ke dokter umum ataupun dokter gigi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –

Manfaat Lutein oil untuk Kesehatan Mata

Pelajari Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita

8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Rusak

5 Suplemen yang Tepat Untuk Musim Hujan

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Itulah beberapa cara mengobati sariawan secara alami dan ampuh. Personalisasikan kebutuhan vitamin dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee sekarang di Google Play Store dan App Store sekarang.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
tipes-bisa-menular

Apakah Penyakit Tipes Bisa Menular?

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
pengobatan-hepatitis

Hepatitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   12/05/2022