fbpx
BerandaMakanan Sehat7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Vegetarian dikenal sebagai pola makan yang menganut prinsip kesejahteraan hewan, di mana individunya tidak konsumsi jenis daging apa pun, termasuk ayam, seafood, sapi, maupun produk lainnya yang diproduksi dari penyembelihan hewan.

contoh-makanan-vegetarian

Dengan begitu, individu vegetarian hanya mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics dan berbagai studi, baik vegetarian maupun vegan dianggap baik untuk kesehatan selama pola makan tersebut direncanakan dengan baik.

Bahkan, menjadi vegetarian terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup serta tidur, menurunkan kejadian penyakit kronis, kecemasan, depresi, bahkan penyakit autoimun loh!

Untuk mempromosikan pola makan sehat ini, bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan vegetarian. Nah, dalam rangka merayakan Hari Vegetarian Sedunia, cobain makanan vegetarian ini yuk!

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan

Konsumsi sayur dan buah-buahan tak hanya dikenal baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menunjang tampilan kulit yang lebih sehat. Dapatkan manfaat vegetarian untuk kecantikan, cobain sejumlah menu vegetarian lokal ini deh!

1. Gado-gado

Murah meriah, mudah dibuat di rumah. Sering disebut sebagai salad versi lokal, kamu bisa cobain gado-gado untuk memulai pola makan vegetarian. Kaya akan asupan nutrisi dari sayur-sayuran rebus yang baik untuk kulit dan tubuhmu.

Isi gado-gado juga bisa kamu sesuaikan dengan selera. Kamu bisa memasukkan berbagai sayuran seperti kacang panjang, kol, selada, toge, tahu, timun, hingga tempe, lalu diberi kuah kacang yang gurih dan lezat.

2. Pecel Sayur

Contoh makanan vegetarian selanjutnya adalah pecel sayur. Siapa bilang makanan vegetarian harus mahal? Makanan lokal ini juga sangat mudah ditemukan dan dibuat di rumah, dengan harga yang ekonomis pula. Meski sama-sama identik dengan bumbu kacang, pecel sayur biasanya dikonsumsi dengan nasi, sayur bayam, toge, dan tempe bacem. Tak hanya vegetarian, menu ini juga cocok dikonsumsi untuk memulai pola makan sehat.

Baca juga: Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

3. Sup Krim Jagung

Cukup berbeda dari yang lainnya, contoh makanan vegetarian yang satu ini dibuat dengan bahan utama jagung. Menurut The Health Site, jagung sangat kaya akan vitamin C dan likopen, yang berperan sebagai antioksidan kuat untuk mencegah kulitmu dari kerusakan radikal bebas dan membantu mempertahankan elastisitas kulit.

Selain itu, antioksidan ini juga akan meningkatkan produksi kolagen, yang bisa buat kulitmu jadi lebih halus loh Jovians! Cara membuat sup krim jagung juga sangat mudah, yang cocok bagi para pemula vegetarian.

4. Pepes Tahu

Makanan khas Sunda ini bisa jadi pilihan kamu sebagai menu vegetarian. Tak hanya sehat dan lezat, pepes tahu juga punya aroma yang khas berkat daun pisang yang digunakan sebagai bungkusnya loh! Tahu sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit kita, salah satunya mengurangi kerutan kulit.

Untuk pembuatannya sendiri, kamu bisa kreasikan bahan makanan lain untuk dipepes, seperti jamur atau tempe. Coba kreasikan di rumah bersama keluarga juga seru nih, Jovians!

5. Olahan Jamur

Contoh makanan vegetarian yang punya manfaat untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah olahan jamur. Mudah didapat, dan punya rasa yang lezat dalam berbagai macam olahan, jamur kaya akan antioksidan yang juga berperan sebagai antiinflamasi, sehingga dapat melindungi sel kulit dari penuaan dini serta melawan bakteri dan mencegah kerusakan kolagen dan elastin.

6.Urap

Selain gado-gado, urap juga merupakan pilihan salad lokal lainnya yang bisa kamu konsumsi sebagai menu vegetarian. Terbuat dari sayur-sayuran yang direbus dan kelapa parut, urap juga bisa dikonsumsi sebagai menu pelengkap vegetarian kamu.

7. Tumis Kangkung

Nah, untuk menu vegetarian yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bukan? Tumis kangkung ataupun plecing kangkung bisa dijadikan sebagai menu vegetarian harian kamu. Renyah, gurih, dan sehat, kangkung kaya akan iron, vitamin C, dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Itulah 7 contoh makanan vegetarian yang bisa kamu coba konsumsi sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa menjadi vegetarian perlu perencanaan makanan yang baik agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap tercukupi.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

benzoyl-peroxide-acne

Baik untuk Jerawat, Apa Itu Benzoyl Peroxide Acne?

Kesehatan Kulit   01/12/2022
manfaat-sandalwod-untuk-kulit

Tak Hanya Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Kesehatan Kulit   29/11/2022
kandungan-gliserin

Gliserin untuk Skincare, Apa Kegunaannya bagi Kulit?

Kesehatan Kulit   22/11/2022
manfaat-cleansing-balm

Bersih Maksimal, Ini 4 Manfaat Cleansing Balm

Kesehatan Kulit   21/11/2022
hydroquinone-tretinoin

Tretinoin dan Retinol: Apa Perbedaan dan Fungsinya?

Kesehatan Kulit   18/11/2022