fbpx

7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

by | Apr 20, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Siapa yang tidak mengenal teh? Teh bisa dikatakan merupakan minuman yang sangat populer terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Hampir di setiap rumah makan tentu memiliki menu minuman teh sebagai pendamping makanan. Apa saja khasiat teh bagi kesehatan?

Teh sendiri sangat cocok dikonsumsi sebagai teman berbincang dan teman makan. Selain menjadi minuman idaman, nyatanya teh ternyata juga memiliki beragam zat yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat teh yang baik untuk kesehatan.

Kandungan di Dalam Teh

Mengapa teh memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tentu jawabannya ada pada kandungan di dalam teh itu sendiri. Teh memang kaya akan berbagai zat aktif yang berperan baik bagi kesehatan. Teh yang umum dikonsumsi berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Camellia sinensis. 

Kandungan utama di dalam teh berupa kafein, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, polifenol atau katekin, dan asam amino. Kandungan mineral seperti fosfor, kalium, magnesium, mangan dan juga fluoride juga terkandung di dalam teh. 

Daun teh juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan ini berperan tidak hanya mencegah pertumbuhan sel-sel kanker namun juga mencegah serangan radikal bebas. Anda disarankan mengkonsumsi secangkir teh setiap harinya.

Khasiat Teh Bagi Kesehatan

Melihat kandungan di dalam secangkir teh yang sangat banyak di atas, tentu tidak heran lagi jika konsumsi teh ternyata dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Selain itu, teh juga dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit.

1. Menurunkan Risiko Terserang Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Hal ini dapat menimbulkan komplikasi berbahaya lainnya pada tubuh. Dengan mengkonsumsi teh tanpa tambahan pemanis secara rutin setiap hari, risiko diabetes pada tubuh pun akan berkurang. Jenis teh yang sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes adalah teh hitam dan teh hijau. Hal ini berkat kemampuan teh untuk menaikkan sensitivitas insulin sehingga risiko diabetes pun menurun.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi dapat meningkat tatkala seseorang mengkonsumsi teh secara rutin. Hal ini berkat kandungan kafein di dalam teh yang memiliki manfaat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi pada seseorang. Kafein yang mengalir melalui pembuluh darah akan dapat merangsang kinerja sistem saraf pusat sehingga peredaran darah pun semakin lancar ke dalam otak. karena itu, konsumsi kafein saat seseorang mengantuk dapat membuatnya terjaga.

3. Menjaga Kesehatan Rongga Gigi dan Mulut

Rongga gigi dan mulut dapat lebih sehat ketika seseorang mengkonsumsi teh secara rutin. Kandungan di dalam teh berupa antioksidan memiliki manfaat untuk menurunkan pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut.  Risiko karies gigi pun berkurang karena bakteri di dalam mulut telah dibunuh. Kesehatan gigi dan mulut Anda dapat meningkat. Selain itu, konsumsi teh juga sangat baik untuk mencegah bau mulut.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Anda yang memiliki masalah berupa tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi teh secara rutin. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi teh hitam secara rutin. Konsumsi teh hitam ini dapat menurunkan tekanan darah diastolic dan juga sistolik. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, penderita tekanan darah tinggi disarankan agar mengubah pola hidup termasuk pola makan seperti menghindari makanan tinggi garam.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat LDL dalam tubuh dapat diturunkan tatkala seseorang mengkonsumsi teh secara rutin. Kadar kolesterol jahat LDL ini dapat turun dikarenakan kandungan antioksidan di dalam teh yang tinggi. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kolesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat dalam darah tidak dapat teroksidasi.

6. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun teh dapat mencegah pertumbuhan kanker. Hal ini dikarenakan antioksidan akan bekerja melawan radikal bebas yang menyerang sel-sel dalam tubuh. Kerusakan sel yang ada di dalam tubuh inilah yang menjadi penyebab munculnya kanker. Oleh karena itu, konsumsi teh secara rutin sangat baik untuk mencegah serangan kanker.

7. Memperbaiki Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan di dalam tubuh akan semakin sehat dan bersih saat mengkonsumsi teh. Kandungan di dalam teh berupa polifenol berperan baik untuk menyingkirkan pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Dengan begitu, saluran pencernaan pun menjadi lebih sehat. 

Itulah khasiat teh bagi kesehatan. Bagi anda yang ingin memiliki gaya hidup sehat, download Jovee sekarang. Jovee adalah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk memberikan Anda rekomendasi suplemen paling tepat dan terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan seseorang. Berbagai suplemen seperti multivitamin tersedia di Jovee. Anda bisa membelinya langsung di Jovee dengan harga terbaik. 

Brands