fbpx
BerandaMakanan Sehat7 Makanan dan Minuman Lezat untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering disebut sebagai silent killer karena dapat secara tiba-tiba membunuh seseorang yang menderitanya. Bagaimana tidak, gejala hipertensi hampir tidak terlihat dan seseorang bisa mengalami hipertensi diwaktu yang tidak terduga-duga. Bahkan, tekanan darah tinggi ini mampu memicu berbagai penyakit komplikasi yang lebih serius.Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita hipertensi sebaiknya selalu rutin minum obat dan mengonsumsi makanan sehat. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa membuat minuman alami yang rasanya enak, namun juga ampuh menurunkan tekanan darah sekaligus. Paket lengkap bukan?

makanan-dan-minuman-untuk-hipertensi

Normalnya, tekanan darah seseorang antara 140/90 mmHg. Jika lebih dari itu, maka dapat dikategorikan memiliki tekanan darah tinggi. Ada beberapa hal yang dapat memperburuk kesehatan penderita tekanan darah tinggi yaitu pola makan yang tidak sehat, durasi bekerja yang panjang, dan stres. Pada tingkat yang masih ringan, hipertensi tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Namun, jika tidak ditangani dengan baik, juga akan berakibat fatal seperti serangan jantung dan stroke. Jadi, bagi penderita hipertensi, upayakan untuk selalu memperhatikan pola makan yang seimbang dengan memasukkan buah dan sayur supaya menurunkan tekanan darah.

Para pakar kesehatan pun menambahkan jika penderita hipertensi harus menghindari makanan dengan kandungan sodium tinggi dan memperbanyak konsumsi potassium. Tidak hanya makanan, minuman penunjang juga sangat dianjurkan. Berikut ini adalah beberapa minuman penurun darah tinggi yang dapat membantu Anda.

 

Beragam Makanan dan Minuman untuk Penderita Hipertensi

1. Dark Chocolate

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita penyakit jantung adalah memiliki tekanan darah serta kolesterol tinggi. Untuk mencegah hal tersebut, konsumsi dark chocolate bisa menjadi pilihan. Kandungan antioksidan dan kalium yang tinggi diyakini bisa membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Tidak hanya diseduh, Anda pun bisa memakan cokelat hitam batangan.

Flavonoid berfungsi menghasilkan oksida nitrat yang membuat pembuluh darah relaksasi dan melebar. Alhasil, aliran darah jadi lebih lancar dan tekanan darah pun menurun.

Zat gizi dan antioksidan dalam jenis cokelat ini juga diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis). Keduanya dikenal sebagai penyebab penyakit jantung dan stroke.

 

2. Jus Delima

Minuman penurun tekanan darah pertama yang bisa Anda coba adalah jus delima. Ya, jus delima mengandung vitamin penting dan potassium yang mampu melancarkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu, buah delima juga dikenal mampu melawan dan meminimalisir ACE, sebuah enzim pengonversi angiotensin yang menyempitkan pembuluh darah.

Fakta ini sesuai dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi jus delima dapat memperbaiki tekanan darah sistolik seseorang. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang menderita hipertensi dan mengonsumsi 150 ml jus delima setiap hari selama dua minggu, akan mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

 

3. Jus Jeruk

Minuman selanjutnya yaitu jus jeruk. Tahukah Anda, buah jeruk mengandung potassium yang sangat tinggi. Jadi, kandungan makanan yang tidak bagi bagi penderita tekanan darah tinggi, dapat dinetralkan dengan mengonsumsi jus jeruk secara rutin. Ada juga kandungan folat dan bioflavonoid sitrus alami yang membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu memelihara kesehatan jantung.

 

4. Susu

Semua orang pasti sudah tahu bahwa susu mengandung nutrisi lengkap yang baik bagi tubuh. Ya, dalam segelas susu, terdapat fosfor, potassium, dan kalsium yang baik bagi kesehatan tekanan darah seseorang. Ditambah lagi, susu juga mengandung vitamin D yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mengontrol aliran darah. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrient pun menyatakan bahwa mengonsumsi susu atau produk olahan susu tinggi lemak atau rendah lemak mampu menurunkan tekanan darah.

Sebab, susu tinggi lemak mengandung asam palmitic dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga mampu memblokir sinyal dan membuat pembuluh darah tetap rileks. Inilah yang memungkinkan darah supaya mengalir dengan lancar. Perlu Anda ketahui bahwa pembuluh darah arteri yang ketat akan menimbulkan peningkatan tekanan darah.

 

5. Teh Hibiskus

Alternatif minuman lainnya yang bisa Anda masukkan dalam menu harian adalah teh hibiskus. Mengonsumsi secangkir teh hibiskus mampu menurunkan tekanan darah seseorang, terutama saat sedang melonjak drastis. Hal ini juga dikemukakn oleh Jornal of Nutrition, dimana peneliti menyatakan bahwa teh hibiskus mengandung antosianin dan antioksidan yang membantu darah menahan kerusakan yang mengakibatkan penyempitan. Ada banyak teh herbal dipasaran yang mengandung hibiskus. Jadi, Anda tidak perlu kesulitan menemukannya.

Salah satu ciri teh hibiskus ini adalah warna yang kemerahan saat diseduh dan memberikan rasa asam (tart). Penelian serupa lainnya juga mendapatkan hasil yang sama. Intinya, peneliti menganjurkan bagi penderita hipertensi untuk mengonsumsi 3 cangkir teh hibiskus setiap hari. Biar hasilnya lebih maksimal, diamkan teh ini selama 6 menit terlebih dulu usai diseduh, sebelum akhirnya diminum.

 

6. Jus Buah Bit

Tahukah Anda, buah bit dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menemukan adanya penurunan tekanan darah sistolik, enam jam setelah mengonsumi buah ini. Dalam buah ini mengandung potassium dan nitrat yang tinggi dan berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya jadi jus buah bit.

 

7. Jus Alpukat

Makanan yang dianjurkan untuk penderita hipertensi berikutnya adalah alpukat. Buah satu ini termasuk dalam buah dengan sumber lemak baik bagi tubuh. Tidak hanya itu saja, alpukat juga dapat menjadi buah penurun darah tinggi seseorang. Didalamnya, terdapat kalium, serat, antioksidan, folat, vitamin B6, vitamin C, asam pantotenat, dan vitamin K yang baik bagi tubuh.

Selain mengonsumsi minuman penurun tekanan darah tinggi diatas, Anda juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, rutin berolahraga. Anda juga dapat mengonsumsi obat herbal seperti Sidomuncul Herbal Celery (Rp 131.600) untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Yuk awali dari sekarang!

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022