fbpx
BerandaMakanan Sehat7 Manfaat Buah Anggur untuk Ibu Hamil

Buah anggur dikenal memiliki banyak vitamin. Buah ini pun menjadi kegemaran banyak orang karena mudah ditemukan dan rasanya yang manis. Tapi, tahukah Anda kalau buah anggur menyimpan kebaikan bagi wanita yang sedang mengandung? Mari simak berbagai manfaat buah anggur untuk ibu hamil di bawah ini.

manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Manfaat Buah Anggur yang Perlu Ibu Ketahui

Buah anggur kaya akan kandungan vitamin C dan K. Masing-masing menawarkan 27% dan 28% kecukupan gizi harian per 151 gram anggur merah atau hijau.

Selain ragam vitamin ini yang bagus bagi kehamilan, anggur masih menyimpan nutrisi penting lainnya. Sebut saja folat dan serat, serta berbagai mineral seperti tembaga. Berikut beberapa manfaat buah anggur yang baik untuk ibu hamil.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menurut beberapa studi, buah anggur sangat baik untuk dimasukkan ke dalam pola makan ibu hamil karena adanya nutrisi penting bagi perkembangan bayi.

Buah anggur menyimpan vitamin C dan K yang punya ciri antioksidan. Lalu, ada folat dan serat. Ragam nutrisi tersebut juga ditambah dengan asam organik dan pektin yang membantu dalam peningkatan sistem imunitas tubuh.

Berbagai antioksidan di dalam anggur ini menyeimbangkan kelebihan perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Ada pula antioksidan lainnya, seperti flavonoid, tanin, linalool, antosianin, dan geraniol. Kumpulan antioksidan tersebut membantu mencegah penyebaran infeksi.

Riset lainnya menemukan kalau buah anggur merah dan blueberry dapat meningkatkan sistem imun. Kedua buah tersebut mengandung stilbenoid. Senyawa ini membantu vitamin D dalam meningkatkan gen peptida antimikroba (CAMP). Gen ini terhubung dengan fungsi imun.

  • Perkembangan Janin yang Sehat

Anggur merupakan salah satu buah dengan sumber asam folat. Nutrisi tersebut sangat diperlukan ibu untuk pertumbuhan kandungannya. Terutama untuk menghindarinya dari cacat lahir, seperti kerusakan otak (anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida).

Asam folat memiliki peranan penting, terlebih saat masa awal kehamilan. Pada masa tersebut, asam folat membantu pembentukan tabung saraf. Tabung tersebut nantinya akan tumbuh menjadi otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Kemungkinan cacat lahir tersebut bisa ditekan hingga 50% dengan asam folat. Ibu yang pernah melahirkan anak dengan cacat tabung saraf bisa menekan kemungkinan cacat yang sama pada kelahiran selanjutnya sebesar 70%.

Bahkan, konsumsi asam folat sangat dianjurkan, baik bagi ibu hamil ataupun yang merencanakan kehamilan. Asupan harian yang direkomendasikan adalah 4.000 mkg.

Masalah kelahiran lainnya yang mungkin dicegah oleh asam folat adalah keguguran, lahir prematur, dan bayi yang kekurangan berat badan. Bagi ibu hamil, asam folat dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan, beberapa tipe kanker, dan penyakit jantung.

  • Menghindari Sembelit

Permasalahan umum yang terjadi pada wanita hamil adalah susah buang air besar. Kondisi ini timbul karena kenaikan hormon yang memperlambat sistem pencernaan dan adanya pergeseran rahim dengan organ lain. Hal ini juga mungkin menjurus ke penyakit ambeien.

Menyantap serat tentunya dapat mengatasi kondisi di atas. Buah anggur yang memiliki serat dapat membantu membersihkan usus dari sisa kotoran yang merugikan kesehatan serta memperlancar pergerakan usus. Konsumsi serat juga baik untuk mengatur berat badan.

  • Meredakan Otot yang Kram

Otot kram, terlebih di bagian kaki atau betis, merupakan gejala yang umum saat masa kehamilan. Para ibu biasanya merasakan nyeri otot akibat kontraksi di bagian betis, kaki, atau kedua-duanya.

Tambahan nutrisi magnesium yang terdapat di buah anggur dapat mencegah dan menenangkan kram kaki selama kehamilan. Selain itu, mineral ini juga berguna dalam meredakan morning sickness. Ini adalah kondisi di mana peningkatan hormon progesteron dan estrogen memicu perasaan mual dan muntah.

  • Mencegah Anemia

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi disarankan bagi wanita yang merencanakan kehamilan. Asupan zat besi tersebut akan jadi pasokan cadangan dalam melawan anemia saat hamil.

Anemia merupakan kondisi yang terjadi pada orang yang tidak punya sel darah merah yang cukup. Fungsi sel tersebut adalah membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Proses pengangkutan oksigen tersebut didukung protein bernama hemoglobin. Protein ini diproduksi oleh zat besi.

Wanita hamil yang mengalami anemia yang hebat memiliki risiko kelahiran prematur, bayi kekurangan berat, dan depresi setelah persalinan. Beberapa studi bahkan menyebut adanya kemungkinan bayi meninggal sesaat setelah melahirkan.

Kurangnya zat besi juga tidak baik bagi ibu hamil. Sebab, minimnya nutrisi tersebut bisa menimbulkan kelelahan, sakit kepala, detak jantung yang tidak teratur, dan sesak nafas.

Kebutuhan akan zat besi meningkat dua kali lipat pada para ibu yang sedang hamil. Makanya, para ibu disarankan untuk memenuhi asupan zat besi hingga 27 mg per harinya.

  • Menjaga Tingkat Kolesterol

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil lainnya adalah menekan jumlah kolesterol dan lemak darah. Senyawa di dalam anggur yang bernama pterostilbene dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Beberapa peneliti pernah mengukur seberapa kuat senyawa tersebut memengaruhi enzim yang terlibat dalam mengontrol tingkat lemak darah. Hasilnya, mereka menemukan bahwa pengaruh senyawa buah anggur terhadap enzim itu punya efek yang sama dengan obat yang khusus digunakan untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol.

Pterostilbene pun memiliki performa yang melampaui resveratrol. Senyawa tersebut juga dipercaya dapat menekan kolesterol dan lemak darah.

  • Menekan Risiko Radang Sendi dan Asma

Selain ciri antioksidannya yang baik untuk imunitas, anggur juga memiliki ciri anti-inflamasi yang berguna dalam menjauhkan tubuh dari radang sendi dan asma.

Selain menghidrasi tubuh, buah anggur juga dapat meningkatkan kelembaban paru-paru. Hal ini mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit asma.

Studi dari jurnal OAT memperlihatkan kalau polifenol pada buah anggur dapat menurunkan inflamasi kronis. Inflamasi kronis ini merupakan pemicu berkembangnya penyakit serius, seperti kanker, Alzheimer, diabetes, radang sendi, dan penyakit kardiovaskular.

Senyawa natural anggur, yaitu flavonoid dan proanthocyanidins bekerja lebih efektif daripada obat anti-inflamasi sintetis lainnya. Sebab, kedua senyawa anggur tersebut dapat menargetkan banyak jalur dalam mengatasi inflamasi kronis daripada obat yang hanya menargetkan satu jalur. Anda dapat mengkonsumsi suplemen dengan kandungan ekstrak biji anggur seperti Blackmores Grape Seed 12000 – Suplemen Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit (Rp256.363).

Itu dia berbagai manfaat buah anggur untuk ibu hamil. Kesehatan ibu saat hamil mesti dijaga dengan mengonsumsi buah kaya manfaat seperti anggur.

Hal tersebut juga harus perlu diimbangi dengan memerhatikan pola makan dan gaya hidup yang teratur. Sehingga, bayi di dalam kandungan ibu bisa sehat hingga proses persalinan nanti.

Baca juga:

5 Macam Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

11 Camilan Sehat untuk Anda yang Sedang Diet

Makanan Penambah Hb untuk Cegah Anemia pada Ibu Hamil

Ingin tahu apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee, Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Dapatkan suplemen dan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022