fbpx

7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh

by | May 14, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Buah plum merupakan salah satu makanan superfood yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Plum termasuk dalam keluarga Rosaceae, yang terdiri dari buah apel, stroberi, persik, aprikot, dan nectarine. Beberapa kerabat buah plum seperti apel dan stroberi sudah sering kita jumpai dan makan, namun jarang masyarakat Indonesia mencicipi buah plum, bahkan mungkin melihatnya langsung pun belum pernah. 

Plum merupakan buah impor dan keberadaannya pun masih langka di Indonesia. Buah yang banyak dibudidayakan di Tiongkok ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk informasi lebih lengkap, simak terus ulasan mengenai manfaat buah plum berikut ini.

Dalam 100 gram buah plum (sekitar 1-2 buah plum ukuran kecil-sedang) mengandung:

  • Energi: 46 kkal
  • Karbohidrat: 11.4 g
  • Protein 0.7 g
  • Serat 1.4 g
  • Lemak 0.3 g
  • Omega 6 44 mg
  • Vitamin A 350 IU
  • Vitamin C 9.6 mg
  • Vitamin K 6.4 mg
  • Kalium 157 mg
  • Phytosterol 7 mg

Berbagai Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh. 

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat yang paling dikenal dari buah plum adalah mencegah sembelit. Plum mengandung serat yang dapat memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya.

Sedangkan untuk serta buah plum yang tidak larut, berperan sebagai makanan untuk bakteri baik yang hidup di usus, sehingga dapat melestarikan populasinya. Bakteri baik yang tinggal di usus menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dinamakan dengan asam butirat yang berfungsi sebagai bahan bakar utama sel-sel di usus besar dan membantu menjaga kesehatan organ. 

Menurunkan Kolesterol

Serat buah plum menghasilkan asam propionat yang memiliki sifat menurunkan kolesterol. Selain itu, buah plum mengandung asam omega dan phytosterol yang berfungsi menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Dalam proses ini, asam propionat membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu, lalu mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu merupakan senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak di hati. Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serta plum, maka hati harus memproduksi asam empedu baru. Dalam proses ini, hati juga akan memecah banyak kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar dalam tubuh. 

Mengandung Antioksidan Tinggi

Buah plum mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup, sehingga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, buah plum mengandung vitamin E yang berfungsi memutus rantai radikal bebas. Buah plum juga memiliki fitonutrien unik yang disebut dengan asam neo-chlorogenic dan chlorogenic yang tergolong sebagai fenol. Fenol merupakan salah satu jenis antioksidan yang ampuh menetralkan radikal bebas berbahaya. Fenol juga membantu mencegah terjadinya kerusakan oksigen dalam lemak. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah plum merupakan sumber kalium yang baik dan berperan dalam membantu berbagai fungsi vital tubuh. Jenis mineral ini juga membantu memelihara irama jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke. 

Tubuh tidak dapat menghasilkan kalium secara alami, sehingga rutin mengonsumsi buah plum baik dengan cara memakan langsung ataupun membuat jus, dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan harian kalium dalam tubuh. Selain itu, zat pewarna alami buah plum, yaitu antosianin, juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
8 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?
Pentingnya Mengonsumsi Zinc Untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh
Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin
7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Mengobati Osteoporosis

Buah plum kering merupakan sumber mineral boron, yang berfungsi untuk membangun tulang dan otot yang kuat, serta membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot.

Menurunkan Gula Darah

Plum merupakan buah yang mengandung tingkat indeks glikemik yang rendah. Hal ini berarti buah plum dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe-2.
Banyak kan manfaat buah plum untuk tubuh kita? Ya, coba saja untuk sering-sering mengkonsumsinya! Ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai kesehatan? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Brands