fbpx
BerandaMakanan Sehat7 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan, Apa Saja?

Nanas merupakan minuman tropis yang populer. Minuman itu terbuat dari buah nanas yang berasal dari Negara-negara seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, Kenya, India, Cina, dan juga Filipina. Apa saja manfaat jus nanas untuk kesehatan?

7 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan, Apa Saja?

Banyak budaya yang juga menggunakan buah dan jus nanas untuk obat tradisional untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit.

Sebuah penelitian modern mencoba menghubungkan jus nanas dengan senyawa yang memiliki manfaat kesehatan seperti peningkatan pencernaan dan kesehatan jantung, mengurangi terjadinya peradangan, dan juga memberikan perlindungan terhadap kanker. Tetapi tidak semua bukti konklusif. Anda dapat menemukan kandungan nanas dalam suplemen NATURES PLUS ANIMAL PARADE – MULTIVITAMIN DAYA TAHAN TUBUH – 90 KAPLET (Rp468.000).

Manfaat Jus Nanas

Berikut adalah beberapa manfaat jus nanas yang diperoleh berdasarkan penelitian yang dilakukan pada saat ini:

1. Kaya Nutrisi

Jus nanas memberikan dosis dengan berbagai nutrisi yang terkonsentrasi. Dengan mengkonsumsi satu gelas yaitu sekitar 240 ml maka mengandung sekitar:

  • Kalori = 132
  • Protein = kurang dari 1 gram
  • Lemak = kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat = 33 gram
  • Gula = 25 gram
  • Serat = kurang dari 1 gram
  • Mangan = 55% dari kebutuhan konsumsi harian
  • Tembaga = 19% dari kebutuhan konsumsi harian
  • Vitamin B6 = 15% dari kebutuhan konsumsi harian
  • Vitamin C = 14% dari kebutuhan konsumsi harian
  • Tiamin = 12% dari kebutuhan konsumsi harian
  • Folat = 11% dari kebutuhan konsumsi harian
  • Kalium = 7% dari kebutuhan konsumsi harian
  • Magnesium = 7% dari kebutuhan konsumsi harian

Jus nanas kaya akan mangan, tembaga, dan juga vitamin B6 dan C. Nutrisi ini memiliki peran penting untuk kesehatan tulang, kekebalan, menyembuhkan luka, memproduksi energi, dan juga untuk sintesis jaringan.

2. Mengandung Tambahan Senyawa Bermanfaat Lain

Selain kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral, jus nanas juga merupakan sumber antioksidan yang baik yang merupakan senyawa tanaman yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Antioksidan membantu untuk menetralkan senyawa yang tidak tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas yang dapat menumpuk di tubuh karena faktor-faktor seperti polusi, stres, atau pola makan yang tidak sehat yang menyebabkan kerusakan sel.

Para ahli mempercayai bahwa antioksidan dalam jus nanas, terutama vitamin C, beta karoten, dan berbagai flavonoid.

Jus nanas juga mengandung bromelain yaitu sekelompok enzim yang berkaitan dengan manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan, meningkatkan pencernaan dan juga kekebalan tubuh yang lebih kuat.

3. Menekan Peradangan

Jus nanas membantu mengurangi peradangan yang diyakini sebagai akar penyebab berbagai penyakit kronis. Nanas dapat menekan peradangan karena kandungan bromelain-nya. Penelitian ini menunjukkan bahwa senyawa ini mungkin sama efektifnya dengan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) tetapi dengan efek samping yang lebih lebih sedikit.

Di Eropa, bromelain disetujui untuk digunakan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh trauma atau pembedahan, dan juga untuk mengobati luka bedah atau luka bakar yang dalam.

Selain itu, ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi bromelain sebelum melakukan operasi juga dapat mengurangi tingkat peradangan dan juga rasa sakit yang disebabkan oleh pembedahan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan juga peradangan yang disebabkan oleh cedera olahraga, rheumatoid arthritis atau osteoarthritis lutut.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jus nanas berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Sebuah studi menunjukkan bahwa bromelain yaitu campuran enzim yang ditemukan secara alami dalam jus nanas dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Bromelain juga bermanfaat untuk meningkatkan pemulihan dari infeksi, seperti pneumonia, sinusitis, dan bronkitis, terutama apabila digunakan dalam kombinasi dengan antibiotik.

Tetapi. Sebagian besar studi yang sudah tertinggal oleh zaman tidak ada yang meneliti efek peningkatan imunitas jus nanas pada manusia. Sehingga diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hasil ini.

5. Membantu Pencernaan

Enzim dalam jus nanas berfungsi sebagai protease. Protease membantu untuk memecah protein menjadi sub unit yang lebih kecil seperti asam amino dan juga peptide yang kecil yang dapat lebih mudah diserap dalam usus.

Bromelain merupakan sekelompok enzim dalam jus nanas yang dapat membantu meningkatkan pencernaan pada orang yang pankreasnya tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup yang disebut dengan dengan kekurangan pancreas. Selain itu hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu untuk mengurangi peradangan usus pada orang dengan gangguan radang usus, seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa.

6. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian membuktikan bahwa bromelain yang ditemukan dalam jus nanas dapat meningkatkan kesehatan jantung tetapi dibutuhkan penelitian yang lebih spesifik kembali untuk membuktikannya.

7. Membantu melawan kanker

Kandungan bromelain dalam nanas dapat membantu tubuh untuk melawan tumor seperti mengurangi ukuran dari tumor dan juga mematikan sel-selnya.

Itulah beberapa manfaat dari jus nanas. Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022