fbpx
BerandaMakanan Sehat7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Temu ireng atau temu hitam, merupakan salah satu tanaman herbal yang telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai macam masalah kesehatan. Apa saja manfaat temu ireng bagi kesehatan? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

manfaat-temu-ireng

Kandungan temu ireng

Temu ireng atau Curcuma aeruginosa merupakan tanaman herbal yang sering dijadikan sebagai jamu untuk kesehatan tubuh. Berasal dari Asia Tenggara, tanaman ini tumbuh liar dan punya rasa yang pahit. Batangnya berwarna hijau, berbentuk seperti sekumpulan pelepah daun dengan panjang batang sekitar 50 cm dan tinggi mencapai 2 meter.

Sebuah penelitian yang berjudul Pharmacognostic evaluation of Curcuma aeruginosa Roxb., tanaman yang memiliki nama latin curcuma aeruginosa roxb. ini lebih dikenal dengan sebutan ‘jahe merah muda dan biru’ dan banyak digunakan dalam sistem pengobatan India sejak jaman dahulu.

Dipercaya punya banyak khasiat bagi tubuh, berikut kandungan yang terdapat dalam temu ireng.

  • Flavonoid
  • Kurkumin
  • Minyak atsiri
  • Alkaloid
  • Saponin

Manfaat temu ireng bagi kesehatan

Ada banyak manfaat temu ireng bagi kesehatan. Sering ditemukan dalam olahan jamu, manfaat temu ireng untuk kesehatan tubuh telah lama dipercaya oleh masyarakat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat temu ireng untuk kesehatan tubuh.

1. Sebagai antibakteri

Manfaat temu ireng yang pertama adalah sebagai antibakteri. Menurut penelitian dari Institut Pertanian Bogor, temu ireng dimanfaatkan sebagai obat herbal karena mengandung berbagai senyawa bioaktif. Dengan kandungan flavonoid di dalamnya, penelitian ini menemukan adanya aktivitas antibakteri untuk bakteri staphylococcus aureus dan escherichia coli.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Luka terbuka punya risiko infeksi yang tinggi. Karena itulah luka luar harus segera diobati. Tahukah kamu temu ireng dapat mempercepat penyembuhan luka? Berkat sifat antibakteri dalam temu ireng, proses penyembuhan luka bisa jadi lebih cepat. Tak hanya mempercepat penyembuhan, temu ireng juga mungkin dapat mencegah munculnya inflamasi pada luka yang kamu alami.

3. Penambah nafsu makan

Si kecil kekurangan nafsu makan? Kamu mungkin bisa gunakan tanaman herbal ini pada anak-anak, terutama anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Berkat kandungan kurkumin di dalamnya, nafsu makan pada anak dapat meningkat. Selain baik untuk anak-anak, kamu yang ingin menaikkan berat badan juga cocok konsumsi jamu yang satu ini.

4. Sumber antioksidan yang baik

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, antioksidan sangat penting bagi tubuh untuk membantu kerja sistem imun sekaligus melindungi sel-sel tubuh. Temu ireng merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya akan antioksidan alami, yang dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit kardiovaskular menurun. Selain dari temu ireng, kamu juga bisa konsumsi suplemen daya tahan tubuh seperti Sido Muncul Sari Kunyit (Turmeric) (Rp68.000) yang bisa didapatkan dengan gratis ongkir di Jovee.

5. Bantu atasi kebotakan rambut

Selain sumber antioksidan, ada juga manfaat temu ireng untuk pria yang patut dicoba. Manfaat temu ireng lainnya adalah membantu mengatasi masalah kebotakan rambut. Berdasarkan penelitian dalam The Journal of Dermatological Treatment, delapan puluh tujuh pria yang mengalami masalah kebotakan rambut ditemukan mengalami peningkatan yang signifikan pada saat mengoleskan obat dengan ekstrak temu ireng 5 persen. Tak hanya memperlambat kerontokan, temu ireng juga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru.

6. Sebagai obat cacingan

Kamu sering merasa lapar namun berat badan tak kunjung naik? Hati-hati, bisa jadi kamu terkena cacingan. Temu ireng dapat digunakan sebagai obat cacingan, terutama pada anak-anak. Ini dikarenakan temu ireng memiliki senyawa anti cacing, yang dapat mencegah cacingan dengan baik.

7. Melancarkan haid

Siklus haid yang tidak lancar terkadang sering dialami bagi sebagian wanita. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini, misalnya stres dan kelelahan. Temu ireng memiliki sifat depuratif, yakni pembersih darah sehingga mampu mendetoksifikasi racun yang ada dalam tubuh. Sehingga, tubuh menjadi lebih sehat dan haid menjadi lebih lancar.

Efek samping temu ireng

Sebagai tanaman herbal, penggunaan temu ireng dalam dosis wajar tergolong aman. Namun, jika kamu hendak menggunakan temu ireng dalam jangka waktu panjang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang bisa saja muncul.

Nah, demikianlah manfaat temu ireng bagi kesehatan. Kamu bisa gunakan temu rimpang untuk membantu meningkatkan kesehatan, terlebih lagi tanaman ini cukup mudah ditemukan di Indonesia. Hanya saja, perlu diingat bahwa meski temu ireng mempunyai banyak manfaat, tanaman herbal ini digunakan hanya untuk mendukung proses penyembuhan.

Jika kamu alami gejala atau masalah medis lainnya, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk dapatkan penanganan yang lebih tepat dan efektif. Simak informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022
jadwal-mpasi-6-bulan

Mulai MPASI, Begini Jadwal Makan Bayi Usia 6 Bulan

Makanan Sehat   10/05/2022