fbpx
BerandaVitamin & Suplemen7 Suplemen untuk Mengatasi Asam Urat

Penanganan asam urat, pada dasarnya, terdiri dari tata laksana obat dan non-obat. Saat ini sudah tersedia banyak obat yang mampu mengatasi asam urat. Selain obat yang diresepkan dokter, ada pula suplemen di pasaran yang mengklaim mampu mengatasi asam urat. Simak 7 suplemen yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan gejalanya di sini.

7 Suplemen untuk Mengatasi Asam Urat

Penyebab asam urat

Penyakit gout, atau yang dikenal dengan asam urat, termasuk ke dalam kategori peradangan sendi dan tergolong sebagai jenis penyakit kronis tidak menular. Gout terjadi ketika kadar asam urat di dalam darah sudah terlalu tinggi.

Asam urat sendiri merupakan hasil metabolisme akhir dari senyawa purin. Senyawa ini terdapat secara alami alami di dalam tubuh makhluk hidup. Dalam batas normal, asam urat biasanya tidak akan menimbulkan gejala.

Nah, saat kadarnya di dalam darah terlampau tinggi, barulah akan terbentuk kristal monosodium urat (MSU) di sendi dan jaringan lunak.Penumpukan kristal ini yang menyebabkan peradangan serta nyeri pada persendian.

Purin bisa ditemukan pada, hampir semua, sumber protein seperti hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi, ataupun daging merah. Apabila seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin, akan berdampak pada peningkatan kadar asam urat.

Gejala asam urat biasanya muncul tiba-tiba dan menyebabkan sendi menjadi merah, bengkak, dan nyeri. Biasanya, gejala-gejala ini terjadi selama beberapa jam dalam 1-2 hari.

Kondisi ini bisa bertambah parah dan melemahkan sendi seiring berjalannya waktu. Karenanya, banyak orang yang berusaha menemukan cara-cara untuk mencegah serangan serta mengatasi gejala asam urat.

7 suplemen yang bisa atasi asam urat

Pada dasarnya, penyakit asam urat tidak bisa disembuhkan secara total. Tetapi, Anda bisa mengendalikan serta meredakan gejalanya dengan penanganan yang tepat.

Cara utama untuk menangani asam urat sebenarnya dengan obat yang diresepkan dokter. Jenis obat-obatan ini diberikan untuk meredakan gejala dan mencegah kambuhnya serangan asam urat, atau mengurangi kadar asam urat darah yang tinggi.

Dikutip dari Mayo Clinic, biasanya, dokter meresepkan jenis obat colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) untuk mengurangi gejala asam urat.

Sedangkan, untuk menurunkan kadar asam urat, obat yang diberikan adalah allopurinol, rasburicase, dan probenecid. Selain obat, banyak sekali suplemen yang diiklankan mampu mengatasi asam urat, seperti:

1. Vitamin C

Menurut penelitian Stephen P., dkk., mengonsumsi suplemen vitamin C bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Vitamin C akan meningkatkan kerja ginjal untuk membuang asam urat melalui urin. Salah satu vitamin C yang baik adalah Blackmores Bio C (Rp 299.935). Blackmores Bio C adalah vitamin C 1000mg yang dilengkapi herbal dan bioflavonoid untuk membantu penyerapan vitamin C dan menjaga daya tahan tubuh. Blackmores Bio C dilapisi mineral askorbat sehingga aman untuk lambung.

Dosis suplemen yang dianjurkan adalah 500 miligram setiap hari. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C, sebaiknya diskusikan lebih dulu dengan dokter atau nutrisionis Anda karena konsumsi dosis tinggi dapat menimbulkan efek samping negatif.

Meskipun begitu, hasil penelitian yang dipublikasikan oleh American College of Rheumatology (ACR) di jurnal Arthritis & Rheumatism menunjukkan suplemen vitamin C tidak menurunkan kadar asam urat secara signifikan pada penderita gout.

Oleh karenanya, masih dibutuhkan studi lebih lanjut tentang efektivitas vitamin C dalam mengatasi asam urat atau gout ini.

2. Asam lemak esensial

Konsumsi asam lemak omega 3 sering direkomendasikan untuk penderita asam urat. Para ahli percaya bahwa omega 3, yang banyak terkandung di dalam minyak ikan, dapat membantu meredakan gejala asam urat.

Selain bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) dari omega 3 juga mampu mengurangi peradangan.

Konsumsi minyak ikan yang dianjurkan adalah sebanyak 1 sampai 2 kapsul atau satu sendok teh per hari, seperti Blackmores Odourless Fish Oil (Rp 65.835) yang mengandung Omega 3. Selain suplemen, kebutuhan omega 3 juga bisa dipenuhi dari ikan salmon dan tuna.

Tidak hanya omega 3, asam lemak omega 6 pun bisa meredakan pembengkakan pada penderita asam urat. Kandungan gamma-linolenic acid (GLA) ini bisa ditemukan dalam evening primrose oil. Konsumsi sebanyak 3.000 miligram suplemen bunga evening primrose tiap hari bisa membantu mengurangi gejala nyeri.

3. Turmeric alias kunyit

Sejak dulu, turmeric sudah dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti asam urat. Kandungan curcumin pada kunyit bersifat antiinflamasi dan diyakini dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Bahkan penelitian Mubin M. K. pada tahun 2019 menunjukkan bahwa pemberian nanopartikel turmeric bisa menurunkan kadar asam urat. Menurutnya juga, kunyit memiliki potensi sebagai pengobatan alternatif asam urat. Sayangnya, masih diperlukan studi lebih dalam tentang efektivitas kunyit dalam mengatasi penyakit ini.

4. Glucosamine dan chondroitin

Konsumsi suplemen glucosamine dan chondroitin disebut-sebut bisa membantu meredakan nyeri pada berbagai macam penyakit radang sendi.

Sejatinya, glucosamine dan chondroitin merupakan senyawa kimia yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Senyawa ini berperan dalam menjaga kesehatan dan elastisitas tulang rawan yang melindungi persendian.

Produksi kedua senyawa ini akan terus berkurang seiring bertambahnya usia sehingga tulang rawan pun menjadi rentan rusak. Jika tulang ini rusak, timbullah rasa nyeri pada persendian. Inilah sebabnya, konsumsi suplemen glucosamine dan chondroitin diperlukan untuk menjaga persendian.

5. Methylsulfonylmethane (MSM)

Salah satu gejala penyakit asam urat yang terkadang membuat frustasi adalah pembengkakan, terutama di jempol kaki. Menurut American Academy of Pain Management, senyawa sulfur organik bernama methylsulfonylmethane (MSM) bisa membantu meredakan peradangan dengan membentuk jaringan ikat.

Senyawa MSM ini memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung antioksidan. Konsumsi yang dianjurkan adalah sebanyak 3.000 miligram dengan membagi dosisnya menjadi dua.

Penanganan asam urat

Penanganan asam urat sebetulnya bertujuan untuk menjaga kadarnya dalam darah tetap normal sehingga tidak sampai menyebabkan nyeri sendi. Selain menggunakan bantuan obat dan suplemen, penyakit asam urat bisa dikendalikan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Menurut Kelvin Halim, nutrisionis Jovee, “Gout arthritis atau radang sendi asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan asam urat pada sendi-sendi pada kaki maupun tangan,”

Beliau juga menambahkan, “Asam urat sebenarnya terbentuk secara normal dalam tubuh dari metabolisme DNA (purin) dan glukosa. Namun, konsumsi makanan tinggi purin seperti kacang-kacangan, sayur berdaun hijau tua, dan jeroan dapat menyebabkan asam urat yang terbentuk dalam tubuh menjadi berlebihan dan menumpuk di sendi kita. Asam urat sendiri berbentuk seperti duri dan tajam sehingga terasa nyeri dan dapat bengkak atau inflamasi.”

Vitamin C sendiri merupakan vitamin yang dapat membantu pengeluaran asam urat ke luar tubuh, seperti Vitalife C 500MG (Rp 31.193). Selain itu, omega 3, curcuma, dan glucosamine dapat membantu mengurangi inflamasi akibat asam urat.

Penderita dianjurkan mengontrol konsumsi makanan yang mengandung purin untuk meminimalisir terjadinya penyakit gout. Selain itu, pengobatan asam urat secara alami juga bisa dilakukan dengan menghindari makanan manis dan alkohol, minum air yang cukup juga makan buah-buahan, menghindari stres, serta rutin melakukan aktivitas fisik.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Simak selengkapnya di Jovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-sakit

Anak Sering Sakit? Ini 9 Vitamin Anak untuk Perkuat Imunitas

Vitamin & Suplemen   06/09/2022