fbpx

7 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

by | Sep 23, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Gigi dan mulut yang sehat penting sekali bagi kesehatan tubuh Anak secara keseluruhan. Karena berfungsi membantunya makan dan bicara, menjaga kesehatan gigi dan mulut si kecil sejak dini perlu Anda lakukan. Jika kesehatannya tidak dipelihara, anak berisiko mengalami infeksi dan masalah gigi serta mulut lainnya. Simak tips dan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut anak Anda berikut ini.

 

Waktu yang tepat untuk memulai menyikat gigi

Membersihkan gigi anak harus dilakukan sejak gigi pertamanya tumbuh, yaitu usia 6 bulan. Cara membersihkannya cukup dengan mengelap gigi menggunakan sapu tangan atau handuk kecil yang lembut.

Sebenarnya, tidak ada jawaban pasti dari pertanyaan di atas. Beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda. Sebagian dari mereka merekomendasikan sikat gigi dimulai saat usia 2 – 3 tahun. Ada pula yang menganjurkan untuk memulai menyikat gigi sejak 4 gigi pertama anak tumbuh.

Anda harus memastikan sikat gigi yang digunakan memang khusus untuk anak-anak. Biasanya, anak-anak usia < 3 tahun masih belum bisa memegang benda yang kecil, terlebih lagi sikat gigi. Makanya, Anda perlu membantu mereka menggosok gigi. Saat mereka sudah menginjak usia 3 tahun, barulah Anda bisa pelan-pelan mengajarkan cara menyikat gigi sendiri. Meski begitu, Anda harus tetap mendampinginya.

 

Cara menanamkan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

Gigi dan mulut yang sehat akan menghindarkan seseorang dari risiko kerusakan gigi, infeksi, penyakit gusi, hingga gigi berlubang. Dampak lain kalau seseorang lalai menjaga kesehatan mulutnya sejak kecil ialah gigi susu yang copot sebelum waktunya. 

“Gigi susu berfungsi sebagai penahan ruang dan penuntun untuk gigi permanen. Jadi, kehilangan satu gigi sebelum waktunya dapat menyebabkan gigi tumbuh tidak beraturan, sehingga nantinya mungkin perlu diperbaiki dengan kawat gigi. itu sebabnya jangan melalaikan perawatan gigi anak, serta kurangi konsumsi gula terlalu banyak.” kata dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Selain itu, kesehatan mulut yang terjaga dapat membuat anak-anak makan dengan nyaman dan bicara dengan lancar. Mengingat peran dan fungsinya yang penting tersebut, berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak menjaga kesehatan mulutnya.

 

1. Menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan membaca buku

Cara ini bisa dilakukan untuk membangun kesadaran dan mendorong minat anak menjaga kesehatan mulut. Pilihlah buku yang memiliki nilai tentang kesehatan mulut, tentunya dengan cerita yang menarik.

Ada salah satu buku karangan Persatuan Dokter Gigi Amerika Serikat (ADA) yang bercerita tentang anak yang mampu mengalahkan monster “monster” yang mengancam kesehatan, seperti plak. Caranya dilakukan dengan menyikat gigi selama 2 menit, sebanyak 2 kali sehari.

 

2. Menggunakan kartun dan video

Cara kreatif lain dalam mengajarkan kesehatan mulut pada anak ialah menonton video edukatif. Kini, sudah banyak video kartun yang mengangkat topik kesehatan gigi dan mulut. Dengan menonton kartun, diharapkan anak mampu memahami dan mengikuti teknik menggosok gigi yang tepat.

 

3. Memutar lagu selama 2 menit 

Idealnya, sikat gigi dilakukan selama dua menit. Sayangnya, waktu 2 menit bagi anak tidaklah sebentar. Mereka bisa saja bosan. Ditambah lagi, mereka cenderung belum mampu memperkirakan durasi 2 menit itu selama apa. Anda dapat mengakalinya dengan memutar lagu kesukaannya saat menggosok gigi. Pilihlah lagu yang setidaknya mempunyai durasi 2 menit.

 

4. Mengajak anak memilih sikat dan pasta giginya

Saat ini, sikat gigi untuk anak-anak sudah didesain khusus dengan tokoh kartun, karakter superhero, dan warna-warna cerah yang menarik. Saat membeli sikat gigi, biarkan mereka memilih sendiri model sikat dan pasta gigi yang disukainya. 

Anda hanya perlu memastikan bulu dan ukuran sikat gigi yang mereka pilih sesuai dengan kondisi mulut serta usianya. Pastikan juga bahan pasta gigi yang dipilihnya tidak berbahaya.

 

5. Menggosok gigi bersama

Anak kecil memiliki kecenderungan meniru orang-orang sekitarnya, termasuk pengasuh dan orang tua. Nah, Anda bisa memanfaatkannya dengan memberikan contoh menggosok gigi dengan benar. Caranya, dengan menyikat gigi bersama si kecil setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

 

6. Memantau kesehatan mulutnya dengan membuat kalender

Kalender kesehatan gigi dapat Anda buat sebagai upaya memantau kebersihan mulut anak. Kalender tersebut bisa berupa kolom-kolom yang dapat dicentang oleh si kecil. Jadi, setelah selesai gosok gigi pagi dan malam, mintalah anak mencentang kalender tersebut. Anda bisa juga memintanya menempelkan stiker lucu di kolom kalender. Tujuannya adalah membantu menerapkan kebiasaan menjaga kebersihan mulut sejak dini.

 

7. Memberikan penghargaan untuknya

Bila si kecil sudah rutin menggosok gigi dengan metode yang benar tanpa disuruh, Anda bisa memberikan mereka apresiasi berupa pujian atau hadiah. Memberikan penghargaan akan membuat anak jadi lebih semangat dan termotivasi untuk menyikat giginya setiap hari.

Hadiah yang diberikan bisa berupa hal yang sederhana, misalnya menambah jam main, menonton acara TV favoritnya, atau memberikan makanan favoritnya. Cara ini diharapkan mampu membangun kebiasaan gosok gigi rutin dua kali sehari, selama dua menit.

Ketika anak berusia 6 tahun ke atas, Anda bisa mulai mengajarkan pentingnya obat kumur dan flossing sebagai cara menjaga kesehatan giginya. Ternyata, membilas mulut menggunakan obat kumur dapat membantu mengurangi plak dan risiko radang gusi, serta menjaga napas tetap segar. Sementara itu, membersihkan sela-sela gigi dengan benang atau flossing pun tidak kalah penting. 

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Family Doctor. 2020. Dental Hygiene: How to Care for Your Child’s Teeth.

Laura AJ. & Jennifer S. (Healthy Children). 2014. Let the Brushing Games Begin.

American Dental Association. 2019. Mouthwash (Mouthrinse).

Dental Health Services Victoria. (n.d.). Dental Advice for Babies and Toddlers (0-3 Years).

Joseph, E. P. (Kids Health). 2018. Keeping Your Child’s Teeth Healthy.

Gill, K. (Healthline). 2020. Brushing Baby Teeth: When to Start, How to Do It, and More.

Brennan, D. (WebMD). 2019. Caring for Your Baby’s Teeth.

Alli, R. (WebMD). 2018. Brushing and Flossing Children’s Teeth.

Brands