fbpx

8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu

by | Apr 22, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S.Gz.

Apakah Anda sadar atau tidak bahwa beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan berulang-ulang akan bisa menyebabkan dampak negatif yang bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu sebelum penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kebiasaan buruk, Anda harus bisa mencegahnya dari sekarang.

Kebiasaan Buruk yang Bisa Mengganggu Kesehatan

Sejatinya, ada banyak sekali kebiasaan buruk yang tanpa Anda sadari bisa memicu terjadinya gangguan pada kesehatan. Sebagai tambahan informasi, ini dia beberapa kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan. 

1. Melewatkan Sarapan dan Makan Siang

Jika Anda sesekali terlalu sibuk untuk sarapan atau makan siang memang tidak masalah. Tetapi sangat penting untuk tidak membiasakan diri melewatkan makan secara teratur. Ketika Anda melakukannya terlalu sering, hal tersebut tentu bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Jadi sarapan dan makan siang sangat penting untuk memicu metabolisme yang sehat, menjaga massa otot, dan mencegah rasa lapar di antara waktu makan. Selain itu makan secara teratur juga menjaga gula darah dan mengatur pelepasan kortisol dan bisa membantu Anda merasa kurang stres, dan secara keseluruhan lebih baik.

2. Kurang Minum

Tahukah Anda bahwa sedikit dehidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan? “Dalam banyak kasus, orang juga bisa mengalami sakit kepala, sembelit, dan nyeri otot ketika mereka menjadi sedikit dehidrasi.



Oleh karena itu untuk mencegah berbagai penyakit tersebut, pastikan Anda minum enam hingga delapan gelas cairan yang disarankan seperti air, jus, atau teh. Hal ini sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dan memudahkan ginjal Anda untuk menyaring darah Anda. Selain itu minum lebih banyak air juga dapat membantu Anda merasa lebih berenergi.


3. Stress

Ada banyak cara untuk melepaskan stres dari tubuh dan pikiran Anda, tetapi jika Anda membiarkan stres tidak diobati, kemungkinan Anda akan mengalami satu atau lebih dari hal-hal berikut:

  • Peningkatan produksi hormon stres kortisol akan membuat Anda ingin memakan perasaan Anda.
  • Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan adalah efek umum dari stres.
  • Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi.
  • Stres dapat menyebabkan insomnia atau sulit tidur, yang menyebabkan lebih banyak stres.
  • Stres dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, mengingat, dan menyelesaikan masalah.

Untuk menghindari stress, maka Anda harus menjaga diri dengan melakukan apa pun yang Anda bisa untuk mengelola atau menghilangkan stres. Tubuh Anda akan berterima kasih untuk itu.

4. Lupa Menggunakan Benang Gigi 

Kebersihan mulut yang baik tidak hanya bertujuan untuk sopan santun, tetapi memiliki manfaat kesehatan yang penting salah satunya mencegah penyakit gusi.

Seseorang yang menderita penyakit gusi stadium lanjut berisiko lebih tinggi terkena masalah kesehatan. Alasannya adalah bahwa penyakit gusi lanjut dapat memicu infeksi yang membuat respon kekebalan tubuh menjadi overdrive.

5. Tidak Cukup Tidur

Setiap orang harus melakukan setidaknya tujuh jam tidur Oleh karena itu Anda perlu downtime agar tubuh Anda dapat memperbaiki sendiri. Agar menjadi produktif, Anda juga membutuhkan dorongan energi dan relaksasi yang disertai dengan tidur nyenyak yang nyenyak.

Selama tidur, tubuh membangun kembali otot, mengatur produksi hormon dan memperbaiki sedikit masalah. Tidur juga merupakan bagian penting dari pencegahan penyakit seperti diabetes, hipertensi dan penyakit jantung.

6. Marah

Apakah kemarahan adalah sifat kedua Anda dan selama ini Anda selalu berasumsi bahwa itu hanya sebuah temperamen semata? Tahukah Anda jika sifat marah juga dapat memicu kondisi kesehatan semakin memburuk. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemarahan yang tidak terkendali mengarah ke kabut mental di mana Anda tidak berpikir jernih. Kemarahan adalah emosi yang normal, tetapi kemarahan botol adalah sifat buruk yang harus Anda usahakan untuk kendalikan dan singkirkan sepenuhnya. 

7. Merokok

Sejauh ilmu kesehatan berjalan, tidak ada kebiasaan populer yang berbahaya selain merokok. Merokok secara langsung menyebabkan 30 persen kematian akibat penyakit jantung, 30 persen kematian akibat kanker, dan 80 hingga 90 persen dari semua kanker paru-paru, belum lagi meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan, dan kanker kandung kemih. 

8. Terlalu Banyak Makan Makanan Cepat Saji

Lemak trans yang sering ditemukan dalam makanan cepat saji, meningkatkan kolesterol ‘jahat’ dan lemak darah yang berkontribusi pada pengerasan pembuluh darah, serta meningkatkan peradangan, yang berkontribusi pada penumpukan plak lemak di dinding arteri.

Kebiasaan buruk ini juga secara astronomis meningkatkan peluang Anda untuk serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi, di atas kemungkinan memicu atau memperparah masalah pernapasan seperti bronkitis dan serangan asma.

Ternyata berbagai penyakit yang muncul tidak semata-mata hadir dan dipicu oleh berbagai faktor salah satunya yaitu kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda harus mulai meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Untuk menunjang kesehatan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen dan multivitamin yang direkomendasikan oleh Jovee.

Brands