fbpx
BerandaMakanan Sehat8 Khasiat Lemon untuk Kesehatan Anda

Lemon atau Citrus limon merupakan salah satu buah sitrus terpopuler di dunia. Biasanya, lemon tidak dikonsumsi sendirian, melainkan dicampur dengan makanan dan minuman lain karena rasa asamnya. Buah ini adalah salah satu sumber vitamin C terbaik, serat, mineral, minyak esensial, bahkan komponen tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan.

manfaat-air-lemon-untuk-kesehatan

Karena kandungan nutrisinya ini, lemon diyakini dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mengonsumsi lemon dipercaya akan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan batu ginjal. Benarkah begitu? Lalu, apa manfaat lemon untuk kesehatan lainnya?

Nutrisi yang terkandung di dalam lemon

Kadar lemak dan protein yang terkandung pada lemon sangat kecil. Lemon terdiri dari air (88 – 89%) dan karbohidrat (10%). Buah lemon berukuran sedang hanya menyediakan 20 kalori.

Menurut data United States Department for Agriculture, ½ cangkir potongan buah lemon, atau setara dengan 100 gram, mengandung:

  • 92,31 gram air
  • 29 kalori
  • 38,7 miligram (mg) vitamin C
  • 20 mikrogram (mcg) folat atau vitamin B9
  • 10 mg kalium
  • 9,3 gram karbohidrat
  • 2,52 gram gula total
  • 1,1 gram protein
  • 2,8 gram serat
  • 0,3 gram lemak

Jenis karbohidrat pada lemon terdiri dari karbohidrat sederhana, seperti glukosa (gula), fruktosa, serta sukrosa, dan serat. Sedangkan serat utama dalam lemon adalah serat yang larut air bernama pektin.

Jenis serat tersebut mampu menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati. Serat makanan menjadi bagian penting dalam diet sehat dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Antioksidan yang terdapat pada lemon berupa:

  • Asam sitrat: jumlahnya paling banyak dan berfungsi dalam membantu mencegah pembentukan batu ginjal.
  • Hesperidin: antioksidan ini dapat menguatkan pembuluh darah dan mencegah aterosklerosis, yaitu penumpukan plak dalam pembuluh darah arteri.
  • Diosmin: jenis ini akan meningkatkan tonus otot dan mengurangi peradangan di dalam pembuluh darah.
  • Eriocitrin: jenis ini ditemukan pada kulit dan air perasan lemon.
  • D-limonene: banyak ditemukan pada kulit dan merupakan komponen utama dari minyak esensial lemon. D-limonene inilah yang memberikan aroma khas lemon, serta mampu mengatasi asam lambung dan meredakan nyeri dada akibatnya.

Meski begitu, nilai gizi dalam segelas air lemon tergantung dari berapa banyak perasan air buah ini dan bahan tambahan lain, misalnya daun mint atau madu.

Manfaat lemon untuk kesehatan

manfaat-buah-vitamin-c

Untuk mendapatkan manfaat air lemon untuk kesehatan, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, mencampurkannya dengan minuman seperti teh, ataupun air putih dan bahan lain.

Air lemon yang dimaksud di artikel ini bukan air putih yang ditambahkan irisan buah lemon, melainkan setengah atau lebih air perasan lemon yang ditambahkan air putih. Di bawah ini adalah 7 manfaat yang bisa diperoleh dari air lemon, yaitu:

1. Membantu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Sampai saat ini, masih banyak orang yang mengalami dehidrasi akibat tidak minum cukup air. Seperti laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sebanyak 44% wanita hanya minum < 4 gelas per harinya. Kebutuhan cairan bisa didapatkan dari air mineral, jus, makanan yang berair, dan minuman rendah gula lainnya. Konsumsi air perasan lemon hangat tiap pagi pun dapat menjaga keseimbangan pH tubuh.

2. Membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan

Asam berperan dalam memecah makanan. Inilah alasannya sistem pencernaan manusia mengandung banyak senyawa asam. Nah, asam yang terdapat di buah lemon bisa menambah kadar asam di lambung yang akan terus menurun seiring bertambahnya usia.

Campurkan madu ke dalam air lemon dan minumlah setiap pagi. Manfaat lemon dan madu yang dapat Anda peroleh adalah pencernaan yang lebih lancar dan laju metabolisme yang meningkat.

Tidak hanya itu, minum air lemon hangat di pagi hari pun diyakini membantu menurunkan berat badan. Pada dasarnya, buah lemon mengandung serat pectin, yang mampu mengurangi nafsu makan sehingga menurunkan asupan kalori ke dalam tubuh.

Namun, kandungan pectin di dalam air perasan buah ini tentu tidak akan sebanyak buah aslinya. Pectin pada air lemon juga mungkin tidak cukup untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Jadi, Anda harus mengombinasikan diet sehat dan olahraga rutin, serta gaya hidup sehat lainnya.

3. Memenuhi kebutuhan vitamin C dan tinggi antioksidan

Kandungan phytonutrients di dalam buah ini bertindak sebagai antioksidan akan melindungi tubuh dari risiko berbagai penyakit kronis. Sesuai dengan namanya, zat antioksidan bertugas mencegah kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi dari radikal bebas. Dengan begitu, risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, serta kanker bisa dikurangi.

Lemon juga merupakan salah satu sumber terbaik vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari kerusakan, mempercepat penyembuhan luka, serta membantu penyerapan zat besi. Karena memiliki sifat antibakteri, vitamin C di dalam air perasan lemon juga dapat membantu tubuh melawan infeksi.

5. Memberikan asupan mineral kalium

Tanpa kalium, tubuh tidak akan berfungsi dengan optimal. Mineral kalium berperan penting dalam komunikasi antara saraf dan otot, mengontrol tekanan darah, serta membantu mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh.

6. Mencegah batu ginjal

Air perasan lemon membantu mencegah pembentukan kristal di ginjal akibat kekurangan senyawa citrate. Kekurangan cairan di dalam tubuh juga turun berkontribusi terhadap penyakit batu ginjal. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, misalnya meminum air lemon, akan mencegah dehidrasi sehingga menurunkan risiko batu ginjal.

7. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat lemon dan madu lainnya adalah kulit wajah yang lebih cerah dan lembab. Lemon kaya akan vitamin C yang membantu pertumbuhan sel kulit baru. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel kulit dari tanda-tanda penuaan dini akibat radikal bebas.

Campurkan air perasan lemon dan air putih, dengan perbandingan sekitar 1:2. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan kulit yang mungkin terjadi karena asam dari lemon. Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 10 – 15 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

Anda dapat menambahkan setengah sendok makan madu ke dalam air lemon. Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, yang mampu membantu meredakan jerawat dan menyamarkan bekasnya. Madu juga dapat melembabkan kulit karena kulit kering menjadi salah satu faktor yang turut membuat warna kulit wajah tidak merata.

Kalau Anda menggunakan masker wajah ini di malam hari, jangan lupa pakai tabir surya keesokan harinya. Kulit Anda akan menjadi sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Baca juga:

Vitamin C dan Khasiatnya bagi Kulit serta Rambut

9 Nutrisi penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

4 Jenis Vitamin untuk Kulit yang Sehat

8. Memelihara kesehatan kulit

Manfaat masker lemon untuk wajah selanjutnya ialah kulit yang halus dan tampak awet muda. Kandungan vitamin C dan antioksidannya melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) beserta efek negatifnya.

Menggunakan air lemon sebagai masker dipercaya dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput dan pigmentasi sehingga kulit wajah Anda terlihat lebih segar dan cerah. Vitamin C juga memainkan peran dalam produksi kolagen yang membuat kulit tetap kenyal.

Bolehkah minum air lemon setiap hari?

Air lemon sebetulnya aman untuk dikonsumsi. Tetapi, asam yang terkandung di lemon bisa merusak enamel gigi dalam jangka panjang, sehingga membuat gigi rentan berlubang. Oleh karena itu, disarankan untuk meminum air lemon, ataupun minuman asam lainnya, menggunakan sedotan. Kemudian, dilanjutkan kumur dengan air setelah minum air perasan buah tersebut.

Minum air lemon berlebihan juga bisa memicu kondisi heartburn, bahkan memperparahnya. Kondisi heartburn ini dikenal dengan naiknya asam lambung dan ditandai dengan rasa panas terbakar di dada.

Pada beberapa kasus, konsumsi air lemon bisa memberikan efek diuretik. Maksudnya adalah, produksi urin oleh ginjal akan meningkat sehingga Anda jadi sering buang air kecil. Hal ini bisa menyebabkan dehidrasi.

Air lemon adalah minuman sehat tinggi vitamin C serta antioksidan yang dikenal dengan beragam manfaatnya. Meski begitu, beberapa manfaat lemon untuk kesehatan tersebut belum didukung bukti ilmiah yang kuat. Selain itu, asam sitrat di dalam lemon juga dapat menimbulkan keluhan nyeri ulu hati (heartburn) dan memperparah maag pada sebagian orang.

Sebagai alternatif, kamu dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C seperti Blackmores Bio C Vitamin C 1000MG 90 Tabs- Vitamin Daya Tahan Tubuh (Rp304.583).

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022