fbpx

8 Khasiat Lidah Buaya untuk Kesehatan

by | Oct 7, 2020 | Gaya Hidup Sehat, Makanan Sehat | 0 comments

Mungkin semua orang tahu bahwa lidah buaya memiliki berbagai khasiat bagi kulit dan rambut. Itulah sebabnya, lidah buaya atau aloe vera umum dipakai sebagai bahan produk kecantikan dan kesehatan. Gel dan ekstrak lidah buaya sering ditambahkan ke dalam sabun, sampo, losion, ataupun krim wajah. Namun ternyata, tanaman yang satu ini juga memiliki banyak manfaat jika diminum secara langsung. Apa saja manfaat dari lidah buaya ini? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut!

 

Nutrisi yang terkandung pada aloe vera

Tanaman lidah buaya mempunyai bentuk daun segitiga yang tepinya bergerigi. Setiap daunnya terdiri dari 3 lapisan, yaitu:

  • Bagian paling dalamnya merupakan gel bening yang mengandung 99% air, dan sisanya terbuat dari senyawa glucomannan, asam amino, lemak, sterol dan vitamin. 
  • Lapisan tengah berupa lateks, yaitu getah berwarna kuning yang mengandung anthraquinone dan glycosides.
  • Permukaan luar daun ini tebal dan memiliki 15 – 20 sel yang bertugas sebagai pelindung dan berperan dalam sintesis karbohidrat dan protein. Di dalam kulit daun, terdapat suatu pembuluh yang berfungsi mengirimkan air dan pati ke seluruh bagian tanaman.

Berikut ini merupakan sejumlah nutrisi dan senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman lidah buaya, meliputi:

  • Vitamin: beta karoten sebagai provitamin A, vitamin C dan E yang merupakan antioksidan, vitamin B12, asam folat, serta kolin.
  • Mineral: kalsium, kromium, tembaga, selenium, magnesium, mangan, kalium, natrium, dan zinc. Mineral-mineral ini penting untuk mendukung kerja dan fungsi sederet enzim di dalam tubuh.
  • Enzim: alliinase, alkali fosfat, amilase, bradykinase, carboxypeptidase, catalase, cellulase, lipase, dan peroxidase. Bradykinase bertugas membantu mengurangi peradangan jika dioleskan ke kulit. Sedangkan enzim lainnya berfungsi untuk membantu memecah gula dan lemak.
  • Gula: terdiri dari glukosa, fruktosa, glucomannan atau polymannose.
  • Anthraquinone: terdiri dari 12 senyawa. Zat fenolik diketahui sebagai laksatif alami, sedangkan aloin dan emodin bertindak sebagai pereda nyeri, antibakteri, serta antivirus.
  • Asam lemak: kolesterol, campesterol, β-sisosterol dan lupeol. Keempatnya memiliki sifat antiinflamasi. Plus, lupeol juga merupakan zat antiseptik dan pereda nyeri alami.
  • Asam amino: terdapat 20 asam amino esensial yang dibutuhkan manusia. Asam salisilat di dalamnya merupakan antiinflamasi dan antibakteri. Saponin pada lidah buaya memiliki sifat antiseptik.

Beberapa senyawa aktif di atas juga merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan

pentingnya-makanan-sehat-bagi-tubuh

Terdapat setidaknya 300 spesies tanaman aloe, tetapi Aloe barbadensis adalah spesies yang paling terkenal khasiatnya di dunia kesehatan dan kecantikan. Tanaman berdaun runcing tersebut tumbuh di iklim kering dan tropis, khususnya Negara Afrika, Asia, Eropa, serta Amerika Serikat bagian selatan serta barat. 

Sejak berabad-abad lalu, gel dan jus Aloe barbadensis sudah digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kulit serta pencernaan. Tidak hanya itu, masih ada manfaat lain dari lidah buaya, apa saja?

 

1. Mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya

Anda bisa mendapatkan manfaat yang satu ini dengan meminum jus lidah buaya. Gejala masalah pencernaan, mulai dari sakit perut, mulas, sembelit, hingga penyakit asam lambung (GERD) bisa diredakan dengan aloe vera.

Jus lidah buaya mampu meningkatkan kadar air dalam usus. Nah, jika kadar air meningkat, gerakan mendorong pada usus (peristaltik) akan terangsang. Hasilnya, BAB jadi lebih lancar dan normal.

Lidah buaya mengandung enzim yang membantu proses pemecahan gula dan lemak agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Jika sistem pencernaan Anda lancar, semua nutrisi dari makanan bisa diserap dengan baik. Manfaat dari zat gizi tersebut pun dapat Anda peroleh.

Selain itu, jus lidah buaya juga membantu mengurangi iritasi pada lambung dan usus. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa jus lidah buaya dapat mengurangi nyeri pada penderita irritable bowel syndrome (IBS).

 

2. Mencegah dehidrasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, tanaman aloe vera terdiri dari 99% air. Tidak heran jika lidah buaya sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi. Selain itu, bagi Anda yang rajin melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi jus aloe vera juga dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang setelah berolahraga.

 

3. Menjaga kadar gula darah

Sebuah analisis yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics, menemukan bahwa jus lidah buaya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah pada orang dengan pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Para ahli mengungkapkan bahwa ekstrak tanaman ini mampu menyerap gula yang baru saja dicerna di dalam tubuh. Untuk itu, Anda bisa minum jus lidah buaya sebagai perawatan alami tambahan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

 

Khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut

4. Menjaga kelembaban kulit

Berkat kandungan polisakarida, sterol, antioksidan, vitamin, mineral, serta enzimnya, gel dari aloe vera bisa menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit secara alami. Anda bisa menjadikan gel lidah buaya sebagai masker wajah. 

Masker lidah buaya juga dapat membantu menghaluskan permukaan kulit. Hal tersebut dilakukan dengan mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit. Pada gilirannya, getah ini akan mengangkat sel kulit mati dan membuat permukaan kulit wajah Anda jadi lebih halus.

Baca juga: 9 Nutrisi penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

 

5. Mempercepat penyembuhan luka

Khasiat lain dari masker lidah buaya adalah mempercepat penyembuhan luka. Mineral kalsium serta senyawa antioksidannya akan mempercepat sel-sel keratinosit penghasil protein keratin dan memperkuat jaringan kulit.

Cara membuat dan menggunakan masker lidah buaya ini sebetulnya mudah, yaitu:

  • Cuci lidah buaya sampai benar-benar bersih, untuk menghilangkan getahnya.
  • Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya. Bila perlu, haluskan dulu daging buah tersebut.
  • Oleskan gel lidah buaya secara merata di seluruh permukaan kulit Anda.
  • Diamkan selama 10 – 15 menit agar gel lidah buaya meresap sempurna ke kulit sebelum membersihkannya dengan air bersih.

Anda bisa memakai masker aloe vera sebanyak dua kali dalam seminggu. Cara membuat masker lidah buaya ini juga dapat dilakukan dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan madu, kunyit, ataupun lemon. 

Asamnya lemon membantu mencerahkan kulit Anda, sementara madu akan menambahkan kelembabannya. Kunyit bisa membantu meredakan jerawat dan menyamarkan noda bekasnya.

Baca juga: Cara Alami dan Aman Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

 

6. Membantu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, bertindak sebagai antioksidan. Senyawa tersebut mampu melindungi sel-sel kulit dan menangkal efek radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. 

Molekul radikal bebas bisa memicu tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya garis dan kerutan halus, serta keriput. Penggunaan lidah buaya untuk wajah tersebut bisa membantu mencegah risiko munculnya tanda penuaan tersebut.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

 

7. Membantu menenangkan kulit

Di atas juga sudah dijelaskan bahwa senyawa yang terkandung pada aloe vera bersifat antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Karenanya, gel lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi: 

  • masalah peradangan alias jerawat, 
  • kemerahan akibat dermatitis (eksim), 
  • iritas akibat terbakar sinar matahari, dan 
  • psoriasis. 

Fungsi lain dari lidah buaya untuk wajah ialah mengobati luka bakar dengan mempercepat waktu penyembuhannya.

 

8. Menutrisi rambut

Bukan cuma vitamin A, C dan E, lidah buaya juga mengandung vitamin B12 serta folat yang berguna untuk mendorong pertumbuhan rambut sehat juga berkilau. Manfaat lain dari lidah buaya untuk rambut ialah mencegah rambut rontok dan memperbaiki kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari. 

Anda dapat menggunakan aloe vera sebagai masker untuk rambut. Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut sangat mudah. Tinggal potong 2 – 3 daun lidah buaya, kupas kulitnya, dan haluskan daging buahnya. 

Selanjutnya, oleskan gel aloe vera tersebut dari akar sampai ujung rambut. Pijat kepala dan diamkan selama, kurang lebih, 1 jam sebelum membilasnya sampai bersih.

Baca juga: 5 Vitamin untuk Rambut Sehat, Masih Perlukah Suplemen?

 

Bolehkah lidah buaya dikonsumsi setiap hari?

Penggunaan gel lidah buaya pada kulit terbilang aman. Meski demikian, pada sebagian orang, gel lidah buaya bisa memicu timbulnya reaksi alergi. Gejalanya dapat berupa kulit terbakar dan gatal-gatal.

Tidak seperti gel, mengonsumsi lateks lidah buaya dengan dosis tinggi berpotensi menyebabkan sakit perut dan kram. Konsumsi lateks lidah buaya dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan diare, penurunan berat badan, masalah ginjal, kelemahan otot, keluarnya darah dalam urin dan gangguan jantung.

Tidak semua orang bisa memakai aloe vera, baik dengan meminum jusnya ataupun menggunakan produk berbahan dasar lidah buaya. Ada beberapa kelompok yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lidah buaya, antara lain:

  • Anak-anak di bawah 12 tahun
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Mereka yang hendak menjalani operasi
  • Penderita wasir
  • Penderita penyakit ginjal
  • Orang yang memiliki masalah pada ususnya

Konsumsi lidah buaya yang dibuat makanan atau minuman tidak disarankan untuk ibu hamil karena tanaman ini diyakini dapat memicu kontraksi rahim. Lidah buaya juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena dipercaya akan menyebabkan masalah pencernaan pada bayinya.

Meskipun terdapat banyak manfaat dari lidah buaya, penelitian-penelitian yang ada masih terbatas. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui komponen dan dosis lidah buaya yang sesuai. Selalu konsultasikan ke dokter jika keluhan Anda tidak kunjung membaik.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Moira L. (EverydayHealth). 2018. Aloe Vera 101: What It’s Good for, and Its Proposed Benefits and Possible Side Effects.

WebMD. 2020. Aloe Vera.

Suksomboon, N. 2016. Effect of Aloe vera on glycaemic control in prediabetes and type 2 diabetes: a systematic review and meta‐analysis. Journal of clinical pharmacy and therapeutics. 41(2): 180-188.

Jesica R. (Healthline). 2020. 9 Healthy Benefits of Drinking Aloe Vera Juice.

Rachel N. (MedicalNewsToday). 2019. What are the health benefits of aloe vera juice?

Surjushe, A., dkk. 2008. Aloe vera: a short review. Indian journal of dermatology. 53(4): 163–166.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional