fbpx
BerandaVitamin & Suplemen8 Sumber Makanan yang Mengandung Zinc

Untuk mendukung kesehatan tubuh, Anda memerlukan berbagai asupan nutrisi, salah satunya zinc. Zinc merupakan mineral penting yang secara alami hadir dalam beberapa makanan, dan tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Zinc dibutuhkan agar sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Mineral ini berperan dalam pembelahan sel, pertumbuhan sel, penyembuhan luka, dan pemecahan karbohidrat.

8 Sumber Makanan Yang Mengandung Zinc

Zinc biasa digunakan dalam pengobatan dan pencegahan defisiensi zinc. Selain itu mineral ini juga digunakan dalam mengatasi diare akut, mempercepat penyembuhan luka, dan penyakit wilson.

Mineral yang satu ini tersedia dalam berbagai sumber makanan, sehingga Anda mudah menemukannya. Yuk simak ulasan sumber makanan yang mengandung zinc yang telah tim Lifepack buat untuk Anda.

Sumber Makanan yang Mengandung Zinc

1. Tiram

Zinc terdapat pada salah satu hewan laut, yaitu tiram. Tiram mengandung mineral zinc yang sangat tinggi. Menurut U.S Office of Dietary Supplements, dalam 3 ons tiram yang telah dimasak mengandung sebanyak 74 mg zinc.

2. Daging

Daging merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung zinc. Zinc banyak ditemukan terutama pada daging merah. Dalam 3 ons daging sapi yang telah dimasak, mengandung 7 mg zinc. Selain itu daging mengandung vitamin B3, B12, B6, zat besi, dan selenium yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

3. Lobster

Zinc juga terdapat dalam hewan laut lainnya, yaitu lobster. Dalam 3 ons lobster, mengandung 3,4 mg zinc. Selain zinc, lobster juga mengandung selenium dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit tiroid, depresi, dan anemia. Lobster dapat berfungsi sebagai sumber protein utama dalam makanan.

4. Kacang

Konsumsi kacang dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan mineral zinc. Dalam satu cangkir kacang, mengandung sebanyak 2,9 mg zinc. Kacang juga mengandung nutrisi sehat lainnya, termasuk lemak dan serat sehat, serta sejumlah vitamin dan mineral lainnya. Anda dapat menemukan zinc dalam kacang tanah, kacang mede, maupun kacang almond.

5. Biji-bijian

Selain kacang, biji-bijian lain seperti gandum, dan quinoa mengandung mineral zinc. Biji-bijian ini biasa dikonsumsi oleh banyak orang sebagai menu sarapan di pagi hari. Dalam satu porsi biji-bijian (bisa dalam bentuk sereal) mengandung 2,8 mg zinc.

6. Daging Ayam

Selain mengandung protein, daging ayam juga mengandung zinc yang baik bagi tubuh. Dalam 3 ons daging ayam, mengandung 2,4 mg zinc. Selain itu, konsumsi daging ayam baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi dada ayam dapat menekan dan mengontrol kadar asam amino homocysteine ​​tubuh yang jika terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

7. Yogurt

Zinc terdapat dalam berbagai macam produk susu fermentasi seperti yogurt. Dalam 8 ons yogurt, mengandung sebanyak 1,7 mg zinc. Yogurt juga baik untuk melancarkan pencernaan dan mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

– – – – – –Editorial Pick– – – – – –

Kenali Manfaat Vitamin B3 Bagi Kesehatan

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Selenium

Kalsium, Seperti Apa Kandungannya?

Vitamin B12: Manfaat dan Sumber Vitamin

5 Fakta Mengenai Vitamin E

Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat magnesium, Defisiensi, dan Dosis Penggunaan

Seluk Beluk Iodine dan Dampak Kekurangan Yodium

8. Coklat Hitam

Beberapa dari Anda mungkin sangat menyukai coklat. Coklat hitam atau dark chocolate merupakan salah satu makanan yang mengandung zinc. Dalam 3,5 ons coklat batang, mengandung 3,3 mg zinc. Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi coklat karena makanan yang satu ini mengandung cukup tinggi kalori.

Itulah 8 sumber makanan yang mengandung zinc. Selain dari makanan di atas, Anda juga bisa dapatkan asupan zinc melalui multivitamin seperti Blackmores Multivitamin & Mineral (Rp118.568). Unduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store untuk mendapat rekomendasi suplemen terbaik sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-sakit

Anak Sering Sakit? Ini 9 Vitamin Anak untuk Perkuat Imunitas

Vitamin & Suplemen   06/09/2022