fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat8 Tips Agar Anak Lebih Rajin Membaca

Sudah banyak ahli yang mengatakan bahwa membaca sangat baik untuk perkembangan otak anak. Sayangnya, kebanyakan anak tidak menyukai aktivitas ini karena dirasa membosankan. Berikut ini sejumlah tips agar anak rajin membaca yang bisa orang tua lakukan sejak dini. Yuk, simak sampai akhir!

tips-anak-rajin-membaca

Mengapa Membaca Buku Sangat Penting?

Manfaat kegiatan membaca bagi anak-anak tidak bisa dianggap sebelah mata lho, Jovians. Membaca, terutama pada anak sangat bermanfaat bagi pendidikan anak, perkembangan sosial dan kognitif, kesejahteraan hingga kesehatan mental anak.

Satu studi menjelaskan efek membaca pada kemampuan literasi anak di kemudian hari, memfasilitasi interaksi sosial antara orang dewasa dan anak-anak, hingga mendorong anak untuk terlibat dengan dunia di sekitar mereka. Dilansir dari Hub, berikut sejumlah manfaat membaca pada anak.

Membantu Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif mengacu pada kecerdasan, penalaran, perkembangan bahasa, dan cara memproses informasi. Dengan membaca, orang tua dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang dunia dan mengisi otak si Kecil dengan pengetahuan. Kemudian, anak akan menggunakan pengetahuan ini untuk memahami apa yang mereka lihat dan dengar, yang membantu perkembangan kognitif mereka.

Empati yang Baik

Saat membaca buku, anak akan menempatkan dirinya ke dalam cerita. Hal ini memungkinkan untuk mengembangkan empati, dengan cara mengidentifikasi perasaan karakter. Anak-anak kemudian dapat menggunakan pemahaman ini untuk berempati di dunia nyata dengan orang lain.

Di sisi lain, anak juga akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang emosi, sehingga mereka dapat memahami emosi mereka sendiri dan orang lain.

Menambah Pengetahuan

Buku dapat membawa kita ke mana saja; ke kota lain, negara lain, atau bahkan dunia fantasi. Dengan membaca, anak akan belajar tentang orang, tempat, dan peristiwa yang memberi mereka pemahaman akan hal-hal dan budaya yang berbeda di sekitar mereka.

Bonding Erat dengan Orang Tua

Orang tua yang membaca dengan anak secara teratur pasti memiliki kedekatan yang lebih kuat. Membaca memberi orang tua kesempatan untuk membuat ‘waktu spesial’ yang memberi anak rasa perhatian, cinta, dan kepercayaan yang merupakan kunci dari pengasuhan anak.

Tips Agar Anak Rajin Membaca

Lebih mudah bagi anak untuk membangun kebiasaan membaca jika mereka menikmati waktu membaca. Kamu bisa lakukan tips ini agar anak rajin membaca.

1. Mulai Sejak Dini

Bahkan jika si Kecil masih usia bayi, mereka dapat melihat gambar dan mendengar suara orang tuanya. Bacakan buku cerita dengan lantang dan tunjukkan gambar buku pada anak. Hal ini akan memberi anak pemahaman tentang dunia dan menambah kosakata bahasa.

2. Jadi Contoh Bagi Anak

Tahukah kamu bahwa anak cenderung meniru kebiasaan orang tuanya? Dengan cara ini, kamu bisa membangun rasa suka membaca pada anak. Ajak anak untuk membaca bersama-sama dan jadikan aktivitas ini rutin dilakukan agar anak merasa membaca adalah kegiatan yang penting

3. Jadikan Rutinitas

Lakukan aktivitas membaca bersama anak dengan konsisten, lebih baik jika dilakukan sebagai aktivitas pengantar tidur bisa jadi cara membuat anak hobi baca. Pastikan suasana kamar lebih rileks dan bacakan isi buku pada anak dengan jelas. Anak akan menghubungkan buku dengan suara orang tuanya yang familiar, yang mebantu menghubungkan hubungan postif antara anak dengan buku.

4. Baca Berbagai Varian Buku

Cobalah untuk memvariasikan buku yang dibacakan untuk anak sebanyak mungkin. Ini akan membuka mata mereka ke berbagai dunia, budaya, dan karakter yang berbeda, yang memungkinkan imajinasi mereka berkembang.

5. Hargai Selera Buku Anak

Sama halnya seperti makanan, anak punya preferensi buku yang ia sukai. Dorong anak untuk mengekspresikan apa yang mereka suka dari buku yang dibaca, lalu perbanyak jenis buku yang disukai oleh anak.

6. Ajak Berdiskusi

Setelah selesai membaca buku dengan anak, ajak anak berdiskusi mengenai cerita yang disampaikan. Pertanyaan yang diberikan dapat disesuaikan dengan usia anak. Misal siapa karakter favoritnya, kenapa karakter bahagia di akhir cerita, dsb.

7. Pilih Buku Berseri

Memilih seri buku populer mungkin lebih disukai anak-anak, karena membantu anak memahami karakter dan tema dalam buku berikutnya sehingga lebih mudah dipahami.

8. Sabar

Tips agar anak rajin membaca yang terakhir adalah sabar. Saat anak mengucapkan kata yang belum dikenalnya, berikan waktu padanya dan beri pujian sesudahnya. Ulangi kalimatnya bersama-sama hingga anak mengerti, dan usahakan untuk tidak memaksanya untuk bisa lebih cepat. Umumnya, orang tua yang tidak sabar membuat anak merasa tertekan dan jadi membenci aktivitas ini.

Itulah 8 tips agar anak rajin membaca. Selain membaca, kecerdasan anak juga bergantung pada asupan nutrisi yang diperolehnya. Berikan Blackmores Koala Kids (Rp184.000) untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Simak tips seputar anak lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin & suplemen personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022
infeksi-superbug

Infeksi Superbug: Bakteri Super yang Kebal Antibiotik

Gaya Hidup Sehat   16/11/2022
dampak-resistensi-antibiotik

Dampak Resistensi Antibiotik: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah

Gaya Hidup Sehat   15/11/2022
manfaat-deep-talk

Perkuat Hubungan, Ini 5 Manfaat Deep Talk

Gaya Hidup Sehat   08/11/2022
manfaat-meditasi-pernapasan

Kurangi Stres, Kenali Beragam Manfaat Meditasi Pernapasan

Gaya Hidup Sehat   07/11/2022