fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat8 Tips Aman Bermain Bersama Anak Saat Pandemi Covid-19

Memasuki era adaptasi kebiasaan baru, sejumlah tempat umum sudah mulai dibuka. Banyak keluarga yang ingin melakukan aktivitas di luar bersama anaknya. ​​Tapi bagaimana caranya supaya anak bisa beraktivitas di luar rumah dengan aman selama pandemi Covid-19 ini?

8 Tips Aman Bermain Bersama Anak Saat Pandemi Covid-19

Pentingnya aktivitas fisik untuk anak

Seperti yang dianjurkan oleh Centers for Disease Control and Prevention Amerika (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), aktivitas fisik dan olahraga selama pandemi Covid sangat dianjurkan supaya anak tetap sehat dan tidak stres. Hal yang perlu diingat bahwa, orang tua sebaiknya menghindari kerumunan dan tempat keramaian. Kegiatan bermain atau olahraga anak di tempat yang ramai, seperti taman atau di rumah teman-temannya juga tidak disarankan, karena tidak menerapkan aturan physical distancing. Aktivitas fisik ini bisa dilakukan di halaman rumah bersama anggota keluarga serumah lainnya.

Menurut CDC, aktivitas anak di tempat keramaian bersama teman-temannya akan meningkatkan risiko semua orang untuk tertular Covid-19. CDC juga mengimbau jika ingin bermain bersama di rumah temannya, anak-anak harus menjaga jarak 6 kaki atau sekitar 2 meter. Anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang memerlukan interaksi dengan dunia luar. Beberapa penelitian mengatakan bahwa dunia luar ini penting dalam membantu menurunkan gejala hiperaktif, mencegah risiko obesitas, hingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Aktivitas luar ruangan juga membantu meningkatkan kemampuan motorik anak. Agar bisa menulis dan menggambar, otot-otot halus pada tangan harus kuat. Kekuatan ini bisa dilatih dengan bermain menggali tanah atau pasir. Begitu pula dengan keseimbangan dan kekuatan otot kaki yang bisa dilatih dengan memanjat, misalnya. Bermain di luar ruangan juga bisa membantu melatih kreativitas anak, termasuk rasa keingintahuan, perencanaan, proses berpikir, dan manajemen waktu. Hal ini penting untuk otak mereka yang sedang berkembang.

Selain itu, anak-anak yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan dikatakan bisa mengontrol emosi dan rasa marahnya dengan lebih lebih baik. Dengan begitu, kemungkinan stres dan depresi bisa dicegah sehingga mentalnya menjadi lebih sehat. Aktivitas fisik juga bsa meningkatkan kemampuan fokus pada anak. Jaga terus anak Anda saat bermain di luar ruangan dengan Vegeblend 21 JR Sari Sayuran Alami – Vitamin Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh (Rp117.128)

Perhatikan kebutuhan sosial dan tanda stres pada anak

Kalau bicara soal kesehatan dan keamanan anak, pastinya orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk mereka. Selama pandemi Covid dan kebijakan physical distancing digalakkan, aktivitas bermain dan belajar anak jadi terhambat. Makanya, penting bagi orang tua untuk memahami ketakutan dan kecemasan mereka.

Orang tua pun perlu memberi penjelasan dan pengertian kepada anak bahwa keadaan ini hanya sementara dan sewaktu-waktu akan kembali normal. Mereka akan bertemu dengan teman-teman serta gurunya ketika wabah ini telah berakhir. Lalu, bagaimana kalau si kecil ingin bertemu dan bermain bersama temannya? Untuk memenuhi kebutuhan sosialnya, orang tua bisa membuat main jadwal rutin bersama teman-teman anak secara virtual lewat video call. Sudah banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk aktivitas virtual, termasuk game dan menonton film.

Bagaimana caranya supaya tetap aman?

Ketika Anda ingin mengajak anak untuk beraktivitas di luar, prinsipnya adalah:

  1. Hindari kerumunan dan pusat keramaian, seperti taman bermain. Kalau ingin sekali ke taman, datanglah di luar jam ramainya untuk menghindari kontak dengan orang lain.
  2. Jika ingin berolahraga, usahakan di lapangan yang luas dan sedikit pengunjungnya. Segera tinggalkan lokasi apabila terlalu ramai.
  3. Jaga jarak fisik dengan orang lain, setidaknya 2 meter.
  4. Selalu dampingi anak Anda ketika beraktivitas di luar rumah.
  5. Ajarkan anak pentingnya memakai masker sebagai langkah pencegahan penularan penyakit.
  6. Tekankan perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk cuci tangan dan etika bersin/batuk. Bawalah tisu dan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% untuk membersihkan tangan Anda jika tidak ada air dan sabun.
  7. Tempat teraman adalah halaman belakang rumah. Tentunya cara terbaik dan paling aman adalah bermain di rumah. Kalau Anda memiliki halaman belakang di rumah, gunakanlah untuk melakukan berbagai aktivitas fisik bersama anak.
  8. Segera bersihkan diri sesampainya di rumah.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan jika Anda berencana mengajak anak beraktivitas di luar rumah. Tapi, sebaiknya Anda tidak terlalu sering membawa si kecil ke luar rumah. Alternatifnya, Anda bisa melakukan kegiatan bermain dan belajar di dalam rumah. Anda pun dapat menjadwalkan aktivitas bersama teman-teman mereka melalui video call.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-mengatasi-sesak-napas-karena-batuk

7 Cara Mengatasi Sesak Napas karena Batuk

Gaya Hidup Sehat   14/01/2022
cara-mengatasi-kulit-kering

7 Cara Mengatasi Kulit Kering

Gaya Hidup Sehat   03/01/2022
cara-mengatasi-flu-pada-ibu-hamil

5 Cara Mengatasi Flu pada Ibu Hamil

Gaya Hidup Sehat   31/12/2021
pemeriksaan-fungsi-ginjal

Jenis-jenis Pemeriksaan Fungsi Ginjal

Uncategorized   31/12/2021
bahan-makanan-pemicu-kanker

7 Bahan Makanan Pemicu Kanker yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   30/12/2021