fbpx
BerandaMakanan Sehat9 Manfaat Minum Susu Ibu Hamil

Mengkonsumsi susu ibu hamil disaat mengandung memangmenjadi hal umum yang dilakukan oleh para calon ibu. Namun, apakah mengkonsumsi susu tersebut ternyata memang memberikan manfaat bagi janin maupun sang ibu itu sendiri? Ternyata susu ibu hamil memang memiliki kandungan gizi baik yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung tersebut.

susu ibu hamil

Beberapa kandungan yang terdapat pada susu ini adalah mineral, protein, vitamin D serta kalsium. Dimana kandungan tersebut memang bukan hanya baik bagi sang ibu, namun juga bagi janin yang tengah dikandung. Lantas, apa saja sih manfaat minum susu untuk ibu hamil yang akan didapatkan? Berikut ulasannya.

Mengandung Zat Gizi Penting

Seperti yang sudah dijelaskan, susu ibu hamil memiliki kandungan vitamin D, protein, kalsium, serta mineral. Tak hanya itu, susu ini juga dilengkapi dengan kandungan asam folat yang begitu penting untuk tumbuh kembang dari janin. Oleh sebab itu, mengkonsumsi susu ini secara rutin pada masa kehamilan adalah hal yang penting karena untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh sang ibu maupun janinnya.

Bayi akan Lahir Lebih Sehat

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, mengungkapkan jika ternyata ibu yang secara rutin mengkonsumsi susu pada saat kehamilan dapat membantu bayi memiliki berat tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan ibu yang mengkonsumsi susu tersebut secara tidak rutin.

Ini berarti, bayi dapat lahir menjadi lebih sehat dengan terpenuhinya berat minimal yang dibutuhkan. Para calon ibu sendiri, disarankan untuk mengkonsumsi susu ini sebanyak 250 ml setiap harinya.

Berpengaruh pada Kesehatan Bayi

Susu yang dibuat khusus untuk ibu yang hamil juga akan berpengaruh pada kesehatan bayi itu sendiri. Bayi yang nantinya terlahir dari ibu yang rutin mengkonsumsi susu ibu hamil, memiliki kecenderungan kekebalan tubuh yang lebih kuat, selain itu juga memiliki tubuh yang lebih tinggi.

Bukan hanya itu, rutin mengkonsumsinya juga akan membuat kasal insulin yang ada dalam darah menjadi terpenuhi. Dengan begitu, risiko penyakit diabetes tipe II dapat lebih rendah untuk dialami bayi ketika nantinya tumbuh dewasa.

Bermanfaat Jangka Panjang pada Janin

Manfaat susu yang satu ini juga bukan hanya akan dialami oleh janin yang masih berada dalam kandungan maupun sesaat setelah lahir. Namun, manfaatnya juga akan terasa pada jangka panjang. Bayi akan cenderung memiliki pertumbuhan tubuh yang baik. Bukan hanya ibu, anak juga jarang terkena virus penyebab berbagai penyakit.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang terdapat pada susu ibu hamil, dimana nutrisi tersebut juga akan berpengaruh ketika bayi terus bertumbuh.

Memperbaiki Plasenta

Selain dapat meningkatkan kualitas dari air ketuban, ternyata susu juga memiliki peran untuk memperbaiki plasenta. Plasenta sendiri merupakan jalannya makanan yang dapat menghubungkan nutrisi dari sang ibu kepada sang janin.

Plasenta yang baik juga membutuhkan kandungan protein yang cukup. Protein sendiri juga menjadi salah satu kandungan yang terdapat dalam susu ibu hamil, ini sebabnya mengkonsumsi susu tersebut sangatlah penting.

Memperlancar ASI

Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah ketika sehabis melahirkan. Pasalnya air susu ibu akan lebih lancar keluar berkat adanya kandungan kalsium yang terdapat dalam susu ibu hamil. Air susu ibu yang kurang lancar memang sering membuat resah dan membuat ibu menjadi lebih takut karena mengkhawatirkan gizi si kecil.

Namun, susu ternyata dapat membantu meningkatkan produksi ASI ibu sehingga gizi sang anak juga dapat terpenuhi dengan baik.

Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi

Gigi serta tulang pada bayi memang harus diperkuat. Salah satu caranya adalah dengan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan sehingga tulang dan gigi bisa terbentuk secara sempurna. Kandungan vitamin D serta kalsium yang terdapat dalam susu ibu hamil dapat membantu pembentukan tulang serta gigi pada bayi. Bukan hanya bayi, kesehatan tulang maupun kekuatan gigi ibu juga menjadi lebih baik berkat adanya kandungan tersebut.

Mengurangi Risiko Anemia

Salah satu masalah yang umum dialami oleh ibu hamil adalah anemia. Anemia sendiri disebabkan karena pasokan darah ke tubuh menjadi berkurang. Selain ibu, wanita yang tengah mengandung juga lebih rentan terkena sakit maupun merasa lelah serta pusing. Susu ibu hamil ternyata dapat mengatasi masalah tersebut karena adanya kandungan zat besi yang dapat mengurangi risiko anemia. Ini sebabnya mengkonsumsi susu ibu hamil ternyata menjadi hal yang sangat penting.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Kandungan kalsium dalam susu bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Kebutuhan kalsium ibu hamil adalah 1000 mg/hari, sedangkan dalam setiap gelas susu mengandung sekitar 400 mg kalsium. Sumber kalsium lainnya bisa dari makanan kaya kalsium seperti bayam, jeruk, ikan, dan kacang-kacangan, maupun suplemen.”

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat minum susu bagi ibu hamil. Anda dapat konsumsi PRENAGEN MOMMY VANILA 200 GR (Rp68.000) yang dapat penuhi nutrisi ibu saat masa hamil. Dapatkan vitamin terbaik untuk ibu hamil hanya dari Jovee.

Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022