fbpx

9 Nutrisi penting untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

by | Sep 12, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Kulit merupakan salah satu bagian panca indra pada tubuh. Fungsi utamanya adalah sebagai indra peraba dan pertahanan pertama tubuh dari benda-benda asing. Pastinya, kulit yang sehat memiliki efek positif bagi tubuh Anda, yang secara tidak langsung menunjang aktivitas sehari-hari. Demi menjaga kesehatannya, Anda perlu memenuhi asupan nutrisi, termasuk vitamin, untuk kulit.

Sayangnya, masih banyak orang yang kurang menyadari betapa pentingnya menjaga kulit sejak dini. Tidak sedikit pula orang yang mengalami tanda-tanda kulit tidak sehat. Memangnya, ciri-ciri kulit sehat itu seperti apa? Bagaimana caranya menjaga kesehatan kulit ini? 

 

Ciri-Ciri Kulit yang Sehat

Pada dasarnya, 4 tanda kulit yang sehat adalah:

  • Warna kulit merata. Terlepas dari apapun warna kulit yang Anda miliki, rona warnanya harus merata. Maksudnya apa? Kulit yang sehat cenderung tidak memiliki perbedaan warna alias hiperpigmentasi. Sebagai contoh, flek hitam akibat paparan sinar matahari atau noda hitam bekas jerawat. Rona kulit yang kusam dan lingkaran gelap di sekitar mata menandakan bahwa kulit Anda kelelahan dan mengalami dehidrasi.
  • Tekstur kulit kenyal, lembut, dan halus. Jerawat, bekas luka, komedo, kulit kering, dan keriput akan membuat tekstur kulit Anda menjadi kasar. Nah, tekstur yang kasar itu menandakan bahwa kulit Anda bermasalah.
  • Kulit terasa lembab, yang artinya kebutuhan airnya terpenuhi. Cairan ini membantu menjaga keseimbangan kadar sebum (alias minyak) di permukaan kulit. Hasilnya, wajah Anda jadi tidak mudah berminyak dan berjerawat. Bila kulit kekurangan air, produksi kolagen akan terganggu sehingga muncullah tanda-tanda penuaan dini.

 

Nutrisi Penting untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan beberapa cara, salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat bernutrisi. Anda juga bisa memakan suplemen dan vitamin tambahan. Berikut beberapa jenis vitamin yang dapat Anda konsumsi untuk membuat kulit lebih sehat dan tampak awet muda.

 

1. Vitamin E

Karena mengandung antioksidan, vitamin E mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Secara tidak langsung, vitamin ini juga mengurangi risiko penyakit kanker kulit. Tidak heran jika vitamin E disebut sebagai salah satu vitamin kulit yang bagus. 

Mikronutrien ini juga bisa membantu mengatasi kulit yang kasar dan kering, menjaga teksturnya, serta mencegah timbulnya flek hitam dan kerutan pada kulit. Tubuh dapat memproduksi vitamin E melalui sebum. Kalau jumlahnya seimbang, sebum tersebut bisa membantu menjaga kulit dari kekeringan.

Sejumlah makanan tinggi vitamin E yang bisa Anda konsumsi, yakni bayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun.

 

2. Vitamin A

Meski dikenal dengan perannya dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A pun berfungsi memelihara kulit yang sehat. Banyak pula penelitian yang menunjukkan efek positif vitamin A terhadap kulit, seperti:

  • Menghaluskan kulit
  • Memperbaiki jaringan kulit yang rusak sekaligus memelihara jaringan sehat
  • Mengurangi kerutan dan garis-garis halus
  • Membantu mencerahkan wajah
  • Membantu mengendalikan jerawat

Vitamin A bisa ditemukan pada berbagai makanan, termasuk wortel, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau tua. Tidak sedikit pula produk kecantikan yang memakai vitamin ini sebagai bahannya, terutama retinoid. 

Retinoid merupakan turunan vitamin A yang mempercepat regenerasi atau pergantian sel-sel kulit. Inilah sebabnya, kulit Anda terlihat lebih cerah dan bersih setelah menggunakan produk retinoid. Senyawa ini efektif pula untuk meredakan jerawat dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Perlu Anda ingat bahwa penggunaan produk retinol harus disertai dengan sunscreen, khususnya di pagi hari. Kenapa begitu? Karena retinoid sangat sensitif terhadap sinar matahari.

 

3. Vitamin B kompleks

Terutama biotin dan niacinamide. Biotin diperlukan tubuh untuk membentuk kuku, kulit, dan sel rambut. Sedangkan, vitamin B3 atau niacinamide banyak digunakan untuk membantu mengurangi dan mengatasi perubahan warna kulit. 

Niacinamide menjadi salah satu vitamin kulit terbaik yang sering dijumpai pada sejumlah produk skincare. Selain memakai skincare, penuhi juga asupannya dari makanan alami. Beragam jenis makanan seperti oatmeal, beras, telur, dan pisang biasanya mengandung semua jenis vitamin B. Tetapi, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks.

 

4. Vitamin C

Secara alami, vitamin ini banyak ditemukan pada lapisan kulit. Mengandung kolagen, vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekenyalan dan kelembaban kulit dari dalam.

Antioksidannya pun mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Berkat kemampuannya dalam mencegah penuaan dini, vitamin C kerap menjadi salah satu bahan utama dalam produk anti aging.

Manfaat lain vitamin C untuk kulit yaitu membantu proses penyembuhan luka dan menyamarkan noda hitam di wajah. Konsumsilah buah dan sayuran seperti, jeruk, paprika, stroberi, kembang kol, dan sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan hariannya.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen, pilihlah produk vitamin kulit yang bagus dan aman. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter kulit ataupun ahli gizi sebelum benar-benar mengonsumsinya.  Tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan vitamin sesuai dengan kondisi Anda.

 

5. Glukosamin

Mungkin Anda sering mendengar nama nutrisi ini pada suplemen kesehatan kulit. Kandungan glukosamin akan membantu kulit terhindar dari kulit kendur dan garis halus.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika asam amino yang berada di glukosamin mampu menurunkan 34% garis halus serta keriput di wajah. Anda dapat mengonsumsi glukosamin sebanyak 1.500 miligram setiap harinya. 

 

6. Coenzyme Q10

Bagi wanita, keriput merupakan salah satu masalah utama yang sering ditemukan ketika berada di usia 30 tahun. Coenzyme Q10 dapat membantu sel mengurangi kerusakan dengan cepat. CQ10 mempunyai peran yang hampir mirip dengan vitamin C. Dosis yang disarankan sebanyak 200 miligram per harinya. 

 

7. Asam Lemak Esensial

Umumnya letak jerawat pada kulit wajah mengindikasikan gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh seseorang. Asam lemak esensial merupakan salah satu nutrisi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti minyak sayur dan ikan.

Kalau asupan asam lemak pada tubuh dinyatakan kurang, regenerasi kulit akan terhambat dan kulit menjadi kasar dan kusam. Asam lemak ini pun dikatakan bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

 

8. Bakteri Asam Laktat

Bakteri Asam Laktat merupakan salah satu jenis bakteri yang memiliki fungsi utama pada kebaikan kulit. Biasanya, bakteri ini digunakan sebagai nutrisi penyembuhan penyakit saluran pencernaan. Apabila terdapat gangguan pencernaan, umumnya terdapat indikasi ketidakseimbangan nutrisi yang ada pada kulit.

Bakteri Asam Laktat dapat ditemukan pada beberapa nutrisi Vitamin, salah satunya adalah suplemen. Apabila menginginkan produk dengan kualitas yang baik Anda dapat memilih produk dengan kandungan Bakteri Asam Laktat yang tinggi.

Meskipun bakteri asam laktat merupakan vitamin yang baik bagi kulit, usahakan mencari produk yang benar-benar aman, selain itu tidak ada salahnya melakukan konsultasi pada dokter kulit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah vitamin asam laktat yang Anda konsumsi tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. 

 

9. Equol atau Isoflavon

Equol atau Isoflavon merupakan salah satu sumber nutrisi kulit yang dapat ditemukan pada kacang kedelai. Equol mampu mengatasi kulit bermasalah akibat dari menopause. 

Di sisi lain, Isoflavon merupakan salah satu sumber nutrisi kulit yang digunakan sebagai penyeimbang kadar mineral pada tubuh manusia. Namun, perlu digarisbawahi pula bahwa nutrisi Isoflavon hanya dapat dikonsumsi menggunakan resep dari dokter

Demikianlah 9 nutrisi yang bisa Anda konsumsi dari makanan dan suplemen untuk memelihara kesehatan kulit. Ingatlah untuk selalu memilih produk vitamin kulit terbaik sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kulit Anda. 

Selain mengonsumsi berbagai macam suplemen di atas, jangan lupa untuk memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Hindari makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat, gula serta garam. Tak hanya menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi, Anda juga dapat memperbanyak vitamin alami yang berasal dari buah dan sayur. 

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Brands