fbpx
BerandaGaya Hidup SehatAir Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Amankah Dikonsumsi?

Anda mungkin pernah mendengar kata orang tentang air kelapa muda yang berkhasiat untuk meredakan gejala morning sickness, mempercepat persalinan, atau membuat rambut bayi menjadi lebat dan hitam. Manfaat kelapa muda untuk ibu hamil dan bayinya tersebut memang hanya mitos. Tetapi, bukan berarti kelapa muda tidak memiliki efek positif bagi tubuh ibu hamil. Kira-kira, apa saja manfaatnya?

manfaat-air-kelapa-muda-untuk-ibu-hamil

Kandungan nutrisi air kelapa muda

Air kelapa muda mengandung elektrolit tinggi dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Rasanya yang khas dan segar membuat air kelapa muda digemari banyak orang, apalagi saat cuaca sedang panas.

Selain kadar elektrolit yang tinggi, air kelapa muda juga memiliki kalium, klorida, dan magnesium. Kalori, protein, serta kadar natrium yang terdapat pada air buah ini pun terbilang rendah. Tidak heran jika air kelapa muda dinilai memiliki berbagai khasiat untuk ibu hamil.

Dilansir dari US Department of Agriculture, dalam 100 gram air kelapa muda mengandung:

  • 94,99 gram air
  • 19 kalori
  • 0,72 gram protein
  • 0,2 gram lemak total
  • 3,71 gram karbohidrat
  • 1,1 gram serat
  • 2,61 gram gula total
  • 24 miligram (mg) kalsium
  • 25 mg magnesium
  • 20 mg fosfor
  • 250 mg kalium
  • 105 mg natrium

Air kelapa muda juga diperkaya dengan zat besi, zinc, tembaga, mangan, selenium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9, serta kolin. Bonusnya lagi, air buah tersebut tidak mengandung kolesterol.

Baca juga:

Ketahui 5 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil

Folat dan Asam Folat, Bukan Hanya untuk Ibu Hamil

Khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil

khasiat-air-kelapa-muda-untuk-ibu-hamil-7-bulan

Kandungan elektrolit dan nutrisi yang kaya dalam air kelapa muda dapat membantu memenuhi zat gizi harian ibu hamil beserta janinnya. Karenanya, air kelapa muda juga dipercaya memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil, di antaranya:

1. Menghidrasi tubuh

Air kelapa muda dapat mencegah dehidrasi serta dapat mengurangi kelelahan dan rasa lemas. Nutrisi yang terkandung pada air kelapa muda mampu menggantikan kadar elektrolit yang hilang pada tubuh karena berkeringat.

Garam alami di dalam tubuh dapat digantikan dengan garam alami dalam air kelapa, seperti natrium, kalium, dan klorida. Mengonsumsi air kelapa pun bisa menggantikan elektrolit yang terbuang saat muntah karena morning sickness.

Keseimbangan elektrolit dalam air kelapa muda dinilai menyerupai keseimbangan elektrolit di dalam tubuh manusia. Meski begitu, air putih tetap yang minuman paling baik untuk menghidrasi tubuh.

“Air kelapa muda mengandung berbagai elektrolit seperti natrium, kalium, magnesium, dan klorida yang baik untuk keseimbangan cairan tubuh seperti minuman elektrolit yang dijual umum. Air kelapa muda juga mampu memberikan hidrasi bagi tubuh. Untuk mengonsumsinya, disarankan mengurangi gula atau pemanis buatan dan mengonsumsi air kelapa murni.” tambah Kelvin Halim, nutrisionis Jovee.

2. Menangkal radikal bebas

Berkat kandungan antioksidannya, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil lainnya adalah membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Antioksidannya dapat merusak rantai radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibatnya. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah air kelapa segar, bukan produk air kelapa kemasan.

3. Meredakan sembelit

Ibu hamil sering sekali mengalami masalah sembelit. Serat yang terdapat di dalam air kelapa muda dapat membantu meringankan konstipasi pada ibu hamil.

Bukan cuma itu, air kelapa muda bisa menjaga kadar pH dalam tubuh. Secara tidak langsung, air buah berwarna hijau ini dapat mengatur keasaman dalam lambung, mengurangi mual, dan meningkatkan metabolisme.

4. Membantu mencegah infeksi saluran kemih

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan ibu hamil adalah infeksi saluran kemih. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh perubahan kadar hormon dan adanya tekanan pada kandung kemih.

Namun, infeksi ini dipercaya bisa diatasi dengan mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa merupakan diuretik alami yang membuat ibu hamil untuk mengeluarkan urin lebih mudah. Minuman dari buah tersebut juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal.

5. Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan, serta vitamin dan mineralnya, membuat air kelapa muda dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan janin dalam melawan berbagai macam penyakit. Kadar asam laurat yang tinggi di dalam air kelapa muda juga menghasilkan monolaurin, yaitu senyawa yang dianggap bertindak sebagai antivirus dan antibakteri dalam tubuh.

6. Meringankan gejala asam lambung

Keluhan lain yang dapat dialami ibu hamil adalah naiknya asam lambung. Gejalanya bisa berupa nyeri dan munculnya rasa panas seperti terbakar di dada.Seiring perut ibu hamil bertambah besar, hormon progesteron yang dihasilkan tubuh akan merelaksasi katup lambung.

Akibatnya, cairan asam lambung bisa saja naik kembali ke kerongkongan dan menyebabkan rasa tidak nyaman, termasuk sendawa asam. Beberapa kasus asam lambung pada ibu hamil dilaporkan dapat diredakan dengan mengonsumsi air kelapa muda. Walaupun demikian, masih diperlukan studi yang fokus terhadap efektivitas air kelapa untuk meringankan gejala asam lambung ini.

7. Membantu memenuhi nutrisi janin

Tumbuh kembang janin yang optimal harus didukung oleh zat gizi yang baik, termasuk vitamin dan mineral. Meminum air kelapa muda bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut. Minuman tersebut mengandung magnesium yang diyakini mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi saat hamil (preeklamsia).

Sedangkan kalsium pada air kelapa dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang serta gigi yang kuat. Tapi, Anda sebaiknya tidak hanya mengandalkan air kelapa untuk mencukupi asupan gizi calon bayi Anda.

Makanlah juga berbagai kelompok makanan agar zat gizi makro dan mikro yang Anda dapatkan juga bervariasi. Beberapa dokter menyarankan suplementasi vitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil.

8. Mengendalikan gula darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil berikutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Vitamin C, protein, magnesium, dan kalium membuat kadar antioksidan tinggi dalam tubuh sehingga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol baik dalam tubuh dapat membantu mengontrol gula darah Anda.

9. Melancarkan aliran darah

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalihkan pegal dan nyeri di sejumlah bagian tubuhnya. Pegal dan nyeri tersebut diakibatkan aliran darah yang tidak lancar. Masalahnya, sirkulasi darah yang tidak optimal berisiko membuat janin tidak mendapatkan cukup oksigen.

Mineral kalium dan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Kalium juga menunjang kerja otot, sistem saraf, serta organ ginjal dalam menyaring darah.

10. Mengontrol tekanan darah

Dalam satu batok air kelapa muda mengandung, setidaknya, 4.700 mg kalium. Kalium adalah mineral yang diketahui mampu mengendalikan tekanan serta kadar gula darah. Bagi ibu hamil yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi, meminum air kelapa muda bisa membantu menurunkannya.

Sebuah studi terdahulu tahun 2005 menemukan bahwa mengonsumsi air kelapa muda selama 2 minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada 71% peserta penelitian. Namun, air kelapa tidak seharusnya dikonsumsi untuk menggantikan obat untuk tekanan darah tinggi atau preeklamsia. Konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda berniat mengonsumsi air kelapa guna mengatasi tekanan darah tinggi.

Berkat kandungan nutrisinya yang kaya dan manfaatnya yang melimpah, air kelapa muda dipersilahkan untuk diminum bagi ibu hamil di tiap trimester. Mulai dari dari trimester pertama, kedua, hingga ketiga.

Khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil 7 bulan di atas dapat Anda peroleh jika meminumnya dari sumber buah alaminya. Tetapi, bila memang Anda menginginkan air kelapa kemasan, pastikan kandungan gula tambahan di dalamnya cukup rendah.

Risiko mengonsumsi air kelapa muda untuk ibu hamil

Meski mempunyai berbagai manfaat bagi ibu hamil, air kelapa muda tetap tidak semestinya Anda minum secara berlebihan. Apalagi, menggantikan air putih. Untuk menghidrasi tubuh dab mencegah dehidrasi, air putih tetaplah minuman yang paling baik.

Usahakan juga memiliki air kelapa yang berasal dari buah kelapa yang muda dan segar. Minumlah air kelapa segera setelah dipotong agar nutrisi di dalamnya masih utuh. Ibu hamil tidak perlu memaksakan untuk mengonsumsi air kelapa jika tidak menyukai rasanya atau malah membuat perutnya tidak nyaman.

Demikianlah manfaat dan khasiat air kelapa muda untuk ibu hamil di tiap trimester, termasuk usia kehamilan 7 bulan. Air kelapa muda menjadi alternatif terbaik untuk menggantikan minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan minuman soda.

Namun, manfaat air kelapa untuk ibu hamil di atas tentunya perlu diteliti lebih lanjut. Tanyakan kepada dokter bila Anda tidak yakin dengan khasiat kandungan air kelapa muda bagi kesehatan kehamilan Anda. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen seperti Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold (Rp440.000) untuk penuhi nutrisi Ibu dan janin.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022
buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
infeksi-superbug

Infeksi Superbug: Bakteri Super yang Kebal Antibiotik

Gaya Hidup Sehat   16/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
dampak-resistensi-antibiotik

Dampak Resistensi Antibiotik: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah

Gaya Hidup Sehat   15/11/2022